Film, Animasi & Video

Yuk, Intip Profesi di Balik Pembuatan Film yang Perannya Sangat Penting!

profesi-di-balik-pembuatan-film

Ada banyak penghargaan bergengsi untuk film yang diberikan kepada sineas baik dalam kategori nasional sampai internasional. Tapi tahukah kamu bahwa di balik kesuksesan sebuah film ada orang-orang yang bekerja keras? Mereka adalah tim produksi yang mengurus film dari mulai tahap pra produksi sampai pasca produksi dan bisa dinikmati oleh penonton di layar kaca. Yuk, intip apa saja profesi di balik pembuatan film yang masing-masing punya peran penting!

Sutradara

profesi-di-balik-pembuatan-film-sutradara

Sutradara mengarahkan adegan (Sumber: videoandfilmmaker.com)

Nggak akan ada film kalau nggak ada sutradara. Dalam sebuah tim produksi, sutradara memiliki kedudukan teratas yang memiliki wewenang untuk menentukan bagaimana alur cerita dari segi dialog, audio, dan visualnya.

Seorang sutradara memiliki peran vital karena harus bertanggung jawab penuh atas segala pengarahan yang diberikan, entah itu masalah alur cerita, pemain, teknis, setting, dan properti sebuah film.

Apakah kamu sudah siap menjadi sutradara film?

Produser

produser-film

Produser bekerjasama dengan sutradara (Sumber: videoandfilmmaker.com)

Profesi di balik pembuatan film yang berikutnya adalah produser. Seorang produser akan terlibat aktif dalam semua tahap pembuatan film, yaitu pra produksi, produksi, dan pasca produksi. Mulai dari mencari ide, pengembangan, hingga melakukan promosi film ada campur tangan dari produser.

Adapun tugas produser film untuk mengawasi sebuah proyek film kepada seluruh pihak yang terlibat agar tetap on track pada visi dan misi tim. Produser film juga harus mau mengeluarkan uang untuk mendanai selama proses pembuatan dan promosi film sebelum mendapat dana sepenuhnya dari sponsor. 

Script Writer

script-writer

Menulis naskah (Sumber: pexels.com)

Script writer adalah orang yang membuat karya tulis berupa naskah atau skenario yang berguna untuk pembuatan film, animasi, video game, dan program televisi. Bisa dibilang seorang script writer adalah tangan kanan sutradara karena memiliki tugas yang saling berhubungan satu sama lain.

Selain itu, seorang script writer harus mengetahui cara membuat skenario film yang baik untuk kemudian dihafal garis besarnya. Tujuannya supaya mengetahui apakah adegan yang tengah dimainkan aktor sudah sesuai naskah atau belum. 

Baca Juga :   Camera Movement, Skill Wajib untuk Dikuasai Filmmaker
About author

Related posts
Film, Animasi & Video

Rekomendasi Film tentang Bisnis Paling Menginspirasi, Entrepreneur Muda Wajib Nonton

Film, Animasi & Video

5 Drama Korea Terbaru Wajib Tonton di 2021

Film, Animasi & Video

7 Rekomendasi Terbaik Film Tentang Wabah Virus

Film, Animasi & Video

Cara Membuat Video Iklan Produk untuk Pemula