Tahapan Proses Editing Video yang Bagus, Intip Rahasianya di Sini!

Dibaca Normal: 3 menit aja
proses editing video

Untuk kamu yang baru mengenal dunia edit video, tentu akan kesulitan mencari teknik terbaik yang akan membuatmu jago. Gimana sih, caranya mengedit dan mengatur semua file berukuran besar itu? Lalu bagaimana kamu bisa mengeditnya dengan software video editing? Atau apakah ada trik khusus untuk mengedit video agar lebih efisien dan nggak bikin rempong, apalagi untuk kamu yang newbie. Ini mungkin bakal jadi rangkaian proses yang rumit kalau kamu mencoba semuanya sendiri. Bukannya nggak mungkin kamu akan melakukan kesalahan dari titik awal hingga akhir. Dengan langkah-langkah sederhana di bawah ini, kamu yang pemula sekali pun bisa melalui semua proses editing video tanpa kesulitan, kok. Intip rahasianya berikut.

Slider
Slider
Slider

1. Logging Your Footage

logging your footage

sumber: amazon.com

Hal pertama yang harus kamu lakukan sebelum mulai terjun ke proses video editing adalah, melogging semua rekamanmu. Di sinilah kamu menyortir semua materi video, memotong semua klip yang mau digunakan, mengelompokkannya dan memberi label. Dengan begitu kamu nggak akan dipersulit ketika mencari cuplikan tertentu dari suatu adegan. Kamu juga nggak perlu lagi menyisir rekaman satu per satu berjam-jam lamanya.

2. Menyusun Semua Rekaman ke Timeline

menyusun timeline rekaman

sumber: redd.it

Langkah selanjutnya yang harus kamu lakukan adalah menyusun semua rekaman yang telah dicatat secara cermat ke dalam timeline dengan storyboard. Untuk film dengan durasi panjang, ini adalah proses yang cukup berat. Tapi kalau mau membuatnya lebih mudah diatur, kamu bisa memecahnya dengan mengatur setiap adegan sendiri-sendiri sebelum kamu mulai mengurutkan semua adegan menjadi satu sebelum akhirnya masuk ke proses rough cut video.

UPDATES

Slider

UPDATES

Slider
Baca Juga
Tutorial Cara Mengedit Video untuk Membuat Efek Clone

3. Bikin Potongan Kasar Setiap Adegan

membuat potongan kasar video

sumber: frame.io

Nah, sekarang saatnya untuk mengikuti teknik dasar dan membuat video yang sempurna layaknya pro. Tapi tentu dibutuhkan proses yang juga sulit. Di langkah ini kamu harus memotong rekaman yang sangat panjang menjadi satu ke dalam draft yang lebih rapi. Itu artinya kamu harus melalui proses pemilihan mana yang terbaik untuk disimpan. Perhatikan seluruh hal yang penting dari editing video, mulai dari struktur hingga tempo film. Kamu harus menambahkan jeda, transisi, judul dan narasi.

Slider
Slider
Slider
Artikel Terkait
Film, Animasi & Video

Wong Kar Wai Legenda Sineas Hongkong dan 3 Filmnya yang Perlu Kamu Tonton

Film, Animasi & Video

Tutorial Cara Membuat Time Lapse Video untuk Pemula

Film, Animasi & Video

5 Software Video yang Mudah untuk Pemula, Recommended Buat Belajar

Film, Animasi & Video

Jenis-Jenis Camera Movement yang Harus Dikuasai Filmmaker

Film, Animasi & Video

Tonton 5 Film Untuk Pecinta Seni Berikut Ini, Penuh Inspirasi!

Film, Animasi & Video

Rekomendasi Film Dokumenter Terbaik di YouTube, Estetik Sekaligus Mendidik

Quizzes

Slider
ad1
close-link
ad1
close-link
ad1
close-link
ad1
close-link
ad1
close-link
ad1
close-link
ad1
close-link
ad1
close-link
ad1
close-link
ad1
close-link
ad1
close-link
ad1
close-link
ad1
close-link