fbpx

Sejarah Film dari Masa ke Masa

Dibaca Normal: 4 menit aja 😊
sejarah film

Saat ini ada beragam judul film yang bisa kamu pilih. Ada film bergenre aksi, drama, horor, fantasi, dan lain-lain. Tapi apakah kamu tahu bagaimana sejarah film? Siapa sebenarnya yang menemukan film pertama kali?

Semua masyarakat dari berbagai kalangan pasti menyukai film, mulai dari anak-anak, remaja, hingga orang dewasa. Tidak hanya alur cerita, tetapi gambar yang disajikan dengan sinematografi yang menarik juga menjadi keistimewaan yang dicari-cari oleh masyarakat. Bahkan ada beberapa komunitas pecinta film yang terbagi berdasarkan genre dan asal negara si pembuat film.

[Sejarah_Film_dari_Masa_ke_Masa]_2

Pemutaran film (sumber: unsplash.com)

Lalu apakah kamu tahu bagaimana bentuk film yang pertama kali ditayangkan? Bagaimana perkembangan film dari hitam-putih menjadi berwarna? Lalu bagaimana perkembangan film dari film bisu menjadi bersuara? Maka dari itu, kamu perlu mengetahui sejarah film dan perkembangannya hingga menjadi seperti yang sekarang bisa kamu tonton.

Sejarah Film

Pada tahun 1878, seorang tokoh asal Amerika Serikat yang bernama Edward James Muybridge membuat sebanyak 16 gambar kuda dengan pose yang berbeda-beda di setiap lembarnya. Saat 16 gambar tersebut digabungkan, maka terciptalah ilusi gerak seekor kuda yang seakan-akan sedang berlari. Penemuan ini kemudian menjadi awal dan konsep dasar pembuatan film. Selain itu, 16 gambar kuda berlari ini menjadi gambar animasi pertama di dunia.

Lalu seorang ilmuan bernama Thomas Alfa Edison mulai mengembangkan fungsi kamera yang dapat digunakan untuk merekam gambar bergerak. Sehingga kamera tidak lagi hanya bisa digunakan untuk memotret gambar diam saja. Setelah itu mulai muncul era sinematografi dari film dokumenter pertama di dunia yang diciptakan oleh Lumiere bersaudara.

Baca Juga   Tutorial Cara Membuat Thumbnail YouTube 

Film yang dibuat pada tahun 1895 ini berjudul Sortie de l’usine Lumiere de Lyon yang artinya Pegawai Pulang dari Pabrik Lumiere di Lyon. Walaupun durasinya singkat, tetapi film ini mampu menarik perhatian dunia.

Film “Sortie de l’usine Lumiere de Lyon”. Sumber: YouTube Channel MediaFilmProfessor

Film karya Lumiere bersaudara ini menampilkan para pekerja pabrik Lumiere yang sedang berbondong-bondong keluar dari pabrik pada jam pulang kerja. Film ini dianggap memiliki memiliki alur cerita yang jelas. Karena di dalam film tersebut mengangkat aktivitas sehari-hari para pekerja pabrik Lumiere pada eranya.

Pada 28 Desember 1895, film hitam-putih karya Lumiere bersaudara ini untuk pertama kalinya dipertontonkan kepada khalayak di area boulevard Capucines, Paris, Prancis. Film ini menuai kesuksesan besar karena antusiasme besar masyarakat terhadap karya film yang dianggap sebagai penemuan spektakuler ini.

Oh iya, karena belum ada perangkat untuk menggabungkan film dengan suara, maka ketika film ini ditayangkan, ada musik orkestra yang mengiringi pemutarannya.

[Sejarah_Film_dari_Masa_ke_Masa]_3

Lumiere bersaudara (sumber: variety.com)

Tidak dapat dipungkiri, film ini menuai kesuksesan besar. Sehingga mereka mengadakan tur keliling ke berbagai kota. Di sana mereka menayangkan film buatan mereka.

Film karya Lumiere ini kemudian menjadi patokan awal sejarah film di dunia Walau masa depan film pernah diprediksi tidak akan bertahan lama, tetapi saat ini sudah terbukti kalau prediksi tersebut hanyalah angin lalu semata. Akhirnya pada tahun 1905, kedua bersaudara itu memutuskan untuk memulai bisnis film.

Sejak itu, industri perfilman dari waktu ke waktu semakin berkembang pesat. Karya Lumiere bersaudara terbukti mampu menginspirasi orang-orang di seluruh penjuru dunia.

Ada ribuan judul film yang diproduksi oleh berbagai studio film. Mereka berlomba-lomba untuk menciptakan karya film terbaik pada eranya.

Baca Juga   Apa Benar ASMR Bagus Buat Kesehatan?

Setelah wafat, rumah Lumiere bersaudara di Lyon sekarang dijadikan museum yang dikenal dengan nama Institut Lumiere. Jasa mereka akan selalu terkenang di sana. Walau mereka sudah wafat, tetapi karya film buatan mereka tetap bisa dinikmati oleh semua lapisan masyarakat di dunia hingga saat ini.

Film Bersuara

Seiring pesatnya perkembangan film, akhirnya mulai muncul film bersuara. Kalau pada zaman Lumiere bersaudara harus diiringi dengan pementasan grup musik orkestra, lambat laun muncul film pertama yang menggunakan suara didalamnya, berjudul The Jazz Singer.

[Sejarah_Film_dari_Masa_ke_Masa]_4

The Jazz Singer (sumber: en.wikipedia.org)

Film yang disutradarai oleh Alan Crosland ini merupakan film drama musikal asal Amerika yang dirilis pada tahun 1927. Film ini memiliki durasi yang lebih panjang dari film-film sebelumnya. Tidak hanya disinkronisasikan dengan rekaman musik, suara di film ini juga disinkronisasikan dengan nyanyian dan cara bicara tokoh.

Tidak dapat dipungkiri, munculnya film bersuara ini mampu memberi perubahan baru pada perfilman pada era tersebut. Karena yang biasanya penonton hanya bisa menerka-nerka adegan dari bahasa tubuh, kini penonton sudah bisa menikmati suara tokoh sehingga tidak harus takut salah menafsirkan cerita.

Baca Juga   Film Zombie Bakal Terus Ada

Industri perfilman pun kemudian semakin berkembang dan mulai muncul film yang menjadi pelopor film berwarna pertama di dunia.

Film Berwarna

Hollywood memproduksi berbagai judul film yang mampu menarik perhatian penonton, salah satunya adalah film The Wizard of Oz yang disutradarai oleh Victor Fleming pada tahun 1939.

[Sejarah_Film_dari_Masa_ke_Masa]_5

The Wizard of Oz (sumber: amazon.com)

Film ini merupakan film pertama yang menggunakan warna. Pada awal film masih menggunakan teknik warna hitam-putih, lalu saat masuk ke pertengahan saat Dorothy berpetualang ke tempat baru, film langsung berubah warna.

Pathé merupakan perusahaan film yang menjadi pelopor film berwarna. Teknik yang digunakan untuk menghasilkan warna sangatlah kreatif. Mereka mengembangkan penggunaan teknik stencil pada lembar proyeksi. Sejak saat itu, studio film banyak yang terinspirasi untuk membuat film berwarna.

Penggunaan warna tentu menjadi daya tarik tersendiri dalam sebuah film. Mata akan menerima berbagai macam warna yang merangsang ke otak. Terlebih di dalam film The Wizard of Oz, terjadi perubahan warna yang sangat kontras. Untuk membuat teknologi secanggih itu membutuhkan waktu dan kerja keras dari semua pihak yang terkait.


Nah itu dia penjelasan singkat seputar sejarah film dari masa ke masa. Ternyata film yang kamu tonton di layar kaca sudah mengalami berbagai macam perubahan seiring perjalanannya yang panjang, GenK. Kalau kamu sendiri suka film berwarna atau hitam-putih? Suka film bersuara atau film bisu?

Tulis Komentar

Artikel Terkait
Film, Animasi, dan Video

Kenapa Motion Graphic Designer Banyak Dicari?

Film, Animasi, dan Video

Jenis-Jenis Camera Movement yang Harus Dikuasai Filmmaker

Film, Animasi, dan Video

7 Motion Graphic Software untuk Pemula Sampai Profesional

Film, Animasi, dan Video

Tips Membuat Travel Vlog, Supaya Liburan Lebih Berkesan

Film, Animasi, dan Video

10 Rekomendasi Efek Transisi Video Keren yang Memukau

Film, Animasi, dan Video

4 Peralatan yang Wajib Dimiliki Para Travel Vlogger

Film, Animasi, dan Video

5 Fakta Unik Film Gundala, Kostumnya Sepabrik dengan Film Watchmen

Film, Animasi, dan Video

Tutorial Cara Membuat Time Lapse Video untuk Pemula

Film, Animasi, dan Video

5 Alasan Utama Kenapa Kamu Harus Nonton Film Gundala

Film, Animasi, dan Video

4 Jenis Microphone Eksternal untuk Membuat Video

Film, Animasi, dan Video

Cara Menghilangkan Green Screen di Premiere Praktis

Film, Animasi, dan Video

6 Rekomendasi Situs Streaming Film Gratis dan Resmi

Film, Animasi, dan Video

Cara Membuat Vlog di HP Lengkap dengan Alat-Alatnya!

Film, Animasi, dan Video

Mau Jadi Vlogger? Yuk Simak Cara Membuat Vlog di YouTube!

Film, Animasi, dan Video

Jelajahi Setiap Sudut dengan Cara Membuat Video 360 Derajat

Film, Animasi, dan Video

Praktisnya Membuat Opening Video Online lewat 5 Situs Web Berikut!

Film, Animasi, dan Video

Cara Membuat Opening Video di Adobe Premiere

Film, Animasi, dan Video

Sudah Bisa Bikin Thumbnail Youtube? Nah, Ini Cara Menghiasnya Biar Menarik!

Film, Animasi, dan Video

Tutorial Cara Membuat Thumbnail YouTube 

Film, Animasi, dan Video

Cara Membuat Skenario Film untuk Pemula

            Artikel Selanjutnya     
kid logo
Mau inspirasi ngalir deras,
kreativitas anti mandek?
Dapetin newsletter gratis dan undangan eksklusif ke acara-acara kreativv ID!

 
close-link
kid logo
EARLY BIRD
Daftar dengan mengisi form di bawah ini

 
close-link