leadersingle

Selain Parasite, 11 Film Asing Ini Pernah Masuk Nominasi Best Picture

Dibaca Normal: 5 menit aja

Minggu ini film Korea arahan Bong Joon-ho mengejutkan publik dengan meraih enam nominasi oscar termasuk kategori paling bergengsi yakni Best Picture. Tapi, tahukah kamu bahwa selama ini, hanya ada 11 film asing yang berhasil menyabet nominasi Best Picture? Dan Parasite merupakan film asia kedua yang berhasil masuk ke dalam Best Picture setelah Crouching Tiger Hidden Dragon.

Sebelum demam oscar mulai ada baiknya kamu coba untuk menonton film-film asing yang berhasil mendapatkan nominasi Best Picture, biar kamu semua tahu kualitas film seperti apa sih yang dicari oleh para juri academy award?

1.Grand Illusion (1938)

UPDATES

Slider

UPDATES

Slider

Grand Illusion poster (Sumber movieposters.ha.com)

Grand Illusion merupakan film berbahasa asing pertama yang berhasil menyabet nominasi Best Picture pada tahun 1938.  Film dengan judul asli La Grande Illusion merupakan film Prancis yang diangkat dari novel dengan judul yang sama karya Norman Angell. Grand Illusion sendiri berkisah tentang plot melarikan diri sekelompok prajurit Perancis yang menjadi tawanan perang dunia pertama. Anehnya, film hitam putih ini hanya mendapat satu nominasi Best Picture saja dan itu pun tidak berhasil menang.  Namun, banyak sineas yang menempatkan Grand Illusion sebagai film Perancis terbaik sepanjang masa.

2. Z (1969)

Z movie poster (sumber boredanddangerousblog)

Lagi-lagi film Perancis berhasil masuk ke dalam nominasi Best Picture dan jadi satu-satunya film dengan judul yang hanya terdiri dari satu huruf saja yakni Z. Film tahun 1969 ini mirip sekali dengan V for Vendetta namun, lebih mengedepankan sisi politik ketimbang misteri dan aksi. Z pun menjadi film asing pertama yang menyabet lima nominasi oscar sekaligus. Diangkat dari novel dengan judul yang sama karya Vassilis Vassilikos dan disutradarai Costa-Garvas, film Z menjadi barometer bagi film-film sejenis di masa depan.  

3.The Emigrants (1972)

The Emigrants (sumber arethehillgoingtomarchoffblog)

The Emigrants merupakan film yang menceritakan mengenai imigran dari Swedia yang pertama kali datang ke benua Amerika pada abad ke 19. Sebenarnya The Emigrants, merupakan adaptasi dari dua novel sekaligus karya Vilhelm Moberg. Karya negara Swedia ini pun sukses berat dengan menyabet lima nominasi oscar termasuk untuk kategori Best Actress tapi, sayang The Emigrants harus kalah telak dari film fenomenal Francis Ford Coppola’s The Godfather.

Ditulis Oleh

Quizzes

Slider

Quizzes

Slider
Artikel Terkait
Film, Animasi & Video

Who Are You - School 2015, Drama SMA yang Penuh Romansa

Film, Animasi & Video

Jangan Sampai Kelewatan YouTuber Indonesia Inspiratif Ini!

Film, Animasi & Video

Bukan Cuma Menghibur, Ini Dia Manfaat Behind The Scene Film

Film, Animasi & Video

5 Rekomendasi Film Superhero Terbaik di Luar DC dan Marvel

Film, Animasi & Video

Penggemar One Piece, Bersiaplah Sambut Serial Live Action One Piece di Netflix

Film, Animasi & Video

Tak Hanya Hollywood, Ternyata Ada Banyak Industri Film di Dunia

      TRENDING
#CoronaVirus
Next >>