Nggak Perlu Gimbal, Intip 4 Tips Merekam Video Super Smooth Ini!

Dibaca Normal: 3 menit aja
tips merekam video

Hari ini, di mana zaman sudah modern dan dikelilingi kemajuan teknologi canggih, semua orang bisa bikin video hanya berbekal handphone murah dengan resolusi yang gila-gilaan. Tapi ada satu problem yang kerap muncul saat pengambilan video, di mana hasilnya goyang atau yang dikenal dengan istilah shaky cam. Jadi hasil dari video tidak bisa fokus hanya pada satu objek, terjadi gerakan ketika membuat video. Duh, pastinya ini bikin video terlihat amatir dan nggak profesional, dong, ya. Emang sih, problem ini sering dihadapi para pemula di bidang fotografi. Lalu adakah tips merekam video like a pro yang bisa dicoba dengan mudah?

Sebenarnya nggak sulit kok, untuk mendapatkan hasil rekaman yang halus dan minim goyangan kamera saat merekam video. Salah satunya dengan pakai gimbal alias penopang kamera berporos yang memungkinkan rotasi suatu benda dengan sumbu tunggal, sehingga kamera bisa berfokus pada objek yang kita rekam. Tapi harganya relatif mahal yang bikin pemula tentu berpikir ulang untuk memilikinya. Eits, tapi nggak perlu khawatir, karena tanpa gimbal atau pun stabilizer lainnya, kamu pun bisa merekam video layaknya seorang pro. Yuk, intip tips merekam video secara smooth dan stabil di bawah ini.

1. Pakai Gantungan Leher untuk Kameramu

strap kamera

sumber: shotkit.com

Untuk menambah kestabilan saat merekam video, kamu bisa memakai camera strap. Item ini banyak dijual di toko perlengkapan kamera, kok. Dengan item ini kamu bisa menstabilkan kamera saat merekam video tanpa mengeluarkan terlalu banyak uang untuk beli stabilizer yang harganya menguras kantong. Strap camera ini berfungsi untuk menahan kamera atau video camera dari shaky cam ketika kamu bergerak.

UPDATES

Slider

UPDATES

Slider

2. Tahan dan Stabilkan Kamera dengan Kedua Tangan

teknik merekam video

sumber: modernsoapmaking.com

Kalau nggak mau keluar uang sama sekali untuk beli camera strap, kamu punya dua tangan untuk menjaga kestabilan saat merekam. Yups, tips merekam video ini cukup ekonomis, loh. Tips ini bisa sangat membantu mendapatkan hasil rekaman yang stabil. Tapi, kalau masih saja goyang, coba deh, pegang kamera dekat dengan tubuhmu. Dengan begitu, shaky cam bisa diminimalisir sehingga video yang dihasilkan akan lebih bagus nggak jauh beda dengan rekaman yang dibuat oleh pro.

Baca Juga
5 Rekomendasi Aplikasi Edit Video PC dan Laptop

3. Move Your Body, not Just Your Hands

tips merekam video

sumber: imgix.net

Dua tips merekam video di atas masih belum maksimal? Hasil video masih terlihat goyang dan nggak stabil? Coba gerakkan tubuhmu saat merekam. Jangan cuma menggerakkan tangan untuk mengikuti objek. Ketika kamu ingin mendekat atau menjauhi objek dengan kamera dalam posisi on, ikut bergeser. Karena jika kamu cuma menggerakkan tangan saja, penopang tidak terlalu kuat sehingga menghasilkan shaky cam. Bahkan meski kamu menggunakan kedua tangan. Jadi untuk meminimalisir shaky cam, seluruh tubuhmu harus ikut bergerak.

Artikel Terkait
Film, Animasi & Video

7 Motion Graphic Software untuk Pemula Sampai Profesional

Film, Animasi & Video

Meski Takut, Kenapa Kita Suka Nonton Film Horor?

Film, Animasi & Video

4 Jenis Microphone Eksternal untuk Membuat Video

Film, Animasi & Video

8 Film Musikal Terbaik yang Bikin Kamu Sing-along

Film, Animasi & Video

Cara Membuat Vlog di HP Lengkap dengan Alat-Alatnya!

Film, Animasi & Video

Tidak Hanya Jago Akting, 6 Aktor dan Aktris Hollywood Ini Juga Jago Nyanyi

Quizzes

Slider
      TRENDING
#Trending
Next >>