fbpx

4 Peralatan yang Wajib Dimiliki Para Travel Vlogger

Dibaca Normal: 5 menit aja 😊
travel vlogger

Kamu ingin mencoba membuat video tentang pengalamanmu saat sedang liburan alias jadi travel vlogger? Coba cek dulu kelengkapan peralatan yang mesti kamu miliki dari daftar di bawah ini. 

Jalan-jalan sambil dibayar, siapa sih yang gak mau? Mimpi ini bisa jadi kenyataan kalau kamu jadi seorang travel vlogger, GenK. Liburan bukan hanya jadi ajang rekreasi untuk diri sendiri, tapi juga bisa dibagi untuk orang banyak lewat video perjalananmu. 

Kehadiran platform video streaming seperti YouTube yang telah menjadi salah satu media hiburan pilihan masyarakat, membuka banyak kesempatan untukmu yang ingin mencoba peruntungan dengan membagikan video travelling ke ratusan juta pengguna dari seluruh dunia. 

Untuk memulai perjalananmu sebagai seorang travel vlogger, hal pertama yang kamu perlukan adalah dengan melengkapi alat-alat yang akan membantumu untuk menangkap setiap momen travelling dengan sempurna. Apa saja peralatan yang kamu butuhkan? Cus langsung disimak , GenK! 

1. Kamera Vlogging

Travel vlogger 1

Contoh kamera untuk travel vlogging (sumber: mirrorlesscamera.net)

Alat utama yang wajib dimiliki oleh setiap travel vlogger, apa lagi kalau bukan kamera. Untuk keperluan vlogging, kamera yang akan digunakan punya jenis dan spesifikasi khusus yang memang cocok untuk kondisi merekam selama di perjalanan. 

Kamu tentunya tidak akan mau membawa kamera DSLR kesayanganmu yang tidak praktis dan hanya menambah beban berat di tas selama perjalanan. Bayangkan saja dirimu memegang kamera tersebut dengan satu tangan saat sedang mengambil footage. Langsung pegal dong

Jenis kamera yang paling banyak dipilih para travel vlogger biasanya berupa compact camera atau mirrorless. Kedua jenis kamera ini pas untuk dijadikan teman setia selama perjalanan karena ukurannya yang relatif kecil dan tentunya jauh lebih ringan dibanding kamera DSRL, GenK. 

Eits, jangan salah, GenK, meski ukurannya kecil, kedua kamera ini punya kualitas yang tidak kalah dengan kamera DSLR. Kamu bisa tetap mendapatkan hasil rekaman yang super jernih dengan resolusi terbaik, tentunya tanpa perlu merasakan encok dari membawa kamera DSRL yang berat. 

Dua kualitas utama yang mesti diperhatikan saat akan membeli kamera untuk travel vlogging adalah berat dan fitur image stabilization. Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, kamera kecil yang ringan akan mempermudahmu saat akan berpindah-pindah selama perjalanan.

Sementara fitur image stabilization akan membantu menstabilkan hasil rekaman yang kamu ambil, khususnya ketika kamu sedang merekam dalam kondisi bergerak. Hasilnya, videomu akan jadi lebih enak dipandang mata, GenK. 

Travel vlogger 2

Action camera (sumber: tribunnews.com)

Jadi, buat kamu yang ingin mencari kamera travel vlogging, berikut ini beberapa jenis yang paling bisa menjadi pilihan: 

  • Mirrorless camera

Keunggulan utama yang ditawarkan oleh mirrorless camera adalah pada ukuran sensornya yang besar dengan kemampuan menangkap cahaya cahaya yang lebih baik. Jadi kamu bisa tetap mendapatkan hasil foto yang jernih bahkan dalam kondisi minim cahaya. 

Kelebihan lain yang bisa kamu dapatkan dari mirrorless camera adalah penggunaan lensanya yang bisa diganti dan disesuaikan dengan kebutuhanmu. Untuk rekomendasi kamera travelling mirrorless terbaik, kamu bisa mengecek daftarnya di artikel kami sebelumnya. 

  • Compact camera

Dikenal juga dengan istilah point and shoot camera, dengan keunggulan utama pada portabilitas karena ukurannya yang kecil dan jauh lebih ringan dari kamera jenis lain. Beberapa jenis compact camera bahkan bisa dengan mudah dimasukan ke dalam kantong loh

  • Action camera

Kamu pecinta aktivitas outdoor seperti berbagai macam sport saat sedang travelling? Kamu senang mendaki gunung, memanjat tebing, atau bermain kayak? Kalau begitu, kamu wajib punya yang namanya action camera

Alat yang berukuran super kecil ini punya kekuatan rekaman dengan kualitas ultra high definition hingga resolusi 4K, tahan air, dan dilengkapi dengan berbagai macam aksesoris pendukung yang bisa cocok untuk berbagai petualanganmu. 

  • Kamera HP

Buat kamu yang ingin mencoba menjadi seorang travel vlogger dengan tapi dengan budget terbatas, tidak perlu khawatir, kamu bisa menggunakan kamera HP kesayanganmu untuk merekam momen-momen terbaik sepanjang perjalanan.  

Beberapa jenis HP dengan kamera terbaik punya kualitas yang sudah sangat mumpuni untuk menjadi teman setia saat mengabadikan pengalaman travel-mu. 

Baca Juga   Sejarah Film dari Masa ke Masa

2. Monopod, Tripod, Gorillapod

Travel vlogger 3

Gorillapod (sumber: vloggerpro.com)

Setelah mengetahui seluk-beluk kamera vlogging, berikutnya ada aksesoris yang juga tidak boleh ketinggalan untuk acara rekamanmu, GenK. Memegang kamera sepanjang perjalanan pasti melelahkan dong, tangan pun bisa jadi pegal, dan hasil video bisa kurang maksimal. 

Maka dari itu, untuk mempermudah proses rekaman, kamu juga butuh bantuan monopod atau juga dikenal dengan istilah tongsis (tongkat narsis). Hayo, siapa yang sering ber-selfie ria atau mengambil foto group dengan alat yang satu ini?

Nah, monopod yang digunakan untuk travel vlogging punya spesifikasi yang didesain khusus untuk keperluan rekaman profesional, GenK. Travel monopod biasanya memiliki terbuat dari bahan yang lebih kokoh dan tebal dibanding monopod untuk foto biasa. 

Selain monopod, tripod dan gorillapod juga menjadi aksesoris yang selalu menjadi andalan para travel vlogger. Khusus untuk gorillapod, kelebihan utama yang ditawarkan ada pada kemampuan pegangannya yang super fleksibel dan bisa kamu sesuaikan untuk beragam setting.

Tapi gak perlu khawatir, GenK, kamu tidak perlu kebingungan saat ingin memilih antara ketiga alat ini. Sekarang sudah banyak tersedia monopod travel yang merupakan perpaduan antara monopod standar dan tripod. Jadi dua fungsi dalam satu alat. Praktis banget kan!

3. Lensa Tambahan 

Travel vlogger 4

Lensa tambahan kamera (sumber: pcmag.com)

Mengambil gambar footage pemandangan nan jauh di sana bisa menjadi tantangan kalau kamu hanya berbekal kamera biasa tanpa menggunakan bantuan lensa tambahan. Aksesoris ini bisa jadi pilihan untuk membantumu mendapatkan berbagai macam view untuk videomu. 

Lensa tambahan sendiri punya fungsi yang berbagai macam sesuai dengan ukurannya masing-masing. Mulai dari kebutuhan foto landscape dan panorama dengan wide angle lens, sampai ke lensa telephoto yang cocok untuk mengambil gambar objek dari jarak jauh. 

Baca Juga   Tips dan Trik Dasar Membuat Showreel

4. Mikrofon Eksternal 

Travel vlogger 5

Mikrofon eksternal untuk kamera (sumber: wirecutter.com)

Kebutuhan travel vlogger lainnya yang tidak boleh terlupakan adalah mikrofon eksternal Tantangan utama yang sering dihadapi saat melakukan rekaman di luar ruangan adalah kondisi lingkungan yang tidak bisa diprediksi, salah satunya adalah suara angin. 

Merekam menggunakan mikrofon bawaan kamera saja tidak akan cukup, GenK. Videomu masih dapat terganggu dengan masuknya suara angin yang membuat audio menjadi tidak terdengar jelas dan membuat para penonton jadi malas berlama-lama menyaksikan videomu.

Oleh karena itu, penggunaan mikrofon eksternal merupakan solusi yang bisa kamu ambil untuk mengatasi masalah tersebut. Mikrofon eksternal akan membantumu menangkap suara dengan lebih baik bahkan di tengah-tengah kondisi yang bising sekalipun. 

Nah, itu dia tadi beberapa peralatan yang wajib dimiliki oleh para travel vlogger, GenK. Kalau kamu tertarik untuk mengabadikan momen perjalananmu dalam bentuk video, jangan lupa untuk mempersiapkan alat-alat di atas yah.

Polling

Tentang Penulis

Wahyu Ramadhan adalah alumnus dari jurusan Bahasa Prancis, Universitas Gadjah Mada. Saat ini ia bekerja sebagai Content Writer di Kreativv ID. Hobi menulisnya berkembang sejak ia duduk di bangku SMA hingga sekarang. Dengan menulis, ia dapat belajar banyak hal baru dan berbagi ilmu yang dimilikinya dengan orang banyak. Pemuda yang menyukai warna merah ini senang membaca buku dan belajar hal baru dengan ditemani segelas susu atau jus jambu.

Tulis Komentar

Artikel Terkait
Film, Animasi, dan Video

Kenapa Motion Graphic Designer Banyak Dicari?

Film, Animasi, dan Video

Jenis-Jenis Camera Movement yang Harus Dikuasai Filmmaker

Film, Animasi, dan Video

7 Motion Graphic Software untuk Pemula Sampai Profesional

Film, Animasi, dan Video

Tips Membuat Travel Vlog, Supaya Liburan Lebih Berkesan

Film, Animasi, dan Video

10 Rekomendasi Efek Transisi Video Keren yang Memukau

Film, Animasi, dan Video

5 Fakta Unik Film Gundala, Kostumnya Sepabrik dengan Film Watchmen

Film, Animasi, dan Video

Tutorial Cara Membuat Time Lapse Video untuk Pemula

Film, Animasi, dan Video

5 Alasan Utama Kenapa Kamu Harus Nonton Film Gundala

Film, Animasi, dan Video

4 Jenis Microphone Eksternal untuk Membuat Video

Film, Animasi, dan Video

Cara Menghilangkan Green Screen di Premiere Praktis

Film, Animasi, dan Video

6 Rekomendasi Situs Streaming Film Gratis dan Resmi

Film, Animasi, dan Video

Cara Membuat Vlog di HP Lengkap dengan Alat-Alatnya!

Film, Animasi, dan Video

Mau Jadi Vlogger? Yuk Simak Cara Membuat Vlog di YouTube!

Film, Animasi, dan Video

Jelajahi Setiap Sudut dengan Cara Membuat Video 360 Derajat

Film, Animasi, dan Video

Praktisnya Membuat Opening Video Online lewat 5 Situs Web Berikut!

Film, Animasi, dan Video

Cara Membuat Opening Video di Adobe Premiere

Film, Animasi, dan Video

Sudah Bisa Bikin Thumbnail Youtube? Nah, Ini Cara Menghiasnya Biar Menarik!

Film, Animasi, dan Video

Tutorial Cara Membuat Thumbnail YouTube 

Film, Animasi, dan Video

Cara Membuat Skenario Film untuk Pemula

Film, Animasi, dan Video

Mengenal Apa Itu Shot List, Filmmaker Wajib Tahu!

            Artikel Selanjutnya     
kid logo
Mau inspirasi ngalir deras,
kreativitas anti mandek?
Dapetin newsletter gratis dan undangan eksklusif ke acara-acara kreativv ID!

 
close-link
kid logo
EARLY BIRD
Daftar dengan mengisi form di bawah ini

 
close-link