4 Peralatan yang Wajib Dimiliki Para Travel Vlogger

Dibaca Normal: 5 menit aja
travel vlogger

Kamu ingin mencoba membuat video tentang pengalamanmu saat sedang liburan alias jadi travel vlogger? Coba cek dulu kelengkapan peralatan yang mesti kamu miliki dari daftar di bawah ini.

Jalan-jalan sambil dibayar, siapa sih yang gak mau? Mimpi ini bisa jadi kenyataan kalau kamu jadi seorang travel vlogger, GenK. Liburan bukan hanya jadi ajang rekreasi untuk diri sendiri, tapi juga bisa dibagi untuk orang banyak lewat video perjalananmu.

Kehadiran platform video streaming seperti YouTube yang telah menjadi salah satu media hiburan pilihan masyarakat, membuka banyak kesempatan untukmu yang ingin mencoba peruntungan dengan membagikan video travelling ke ratusan juta pengguna dari seluruh dunia.

Untuk memulai perjalananmu sebagai seorang travel vlogger, hal pertama yang kamu perlukan adalah dengan melengkapi alat-alat yang akan membantumu untuk menangkap setiap momen travelling dengan sempurna. Apa saja peralatan yang kamu butuhkan? Cus langsung disimak, GenK!

1. Kamera Vlogging

Travel vlogger 1

Contoh kamera untuk travel vlogging (sumber: mirrorlesscamera.net)

Alat utama yang wajib dimiliki oleh setiap travel vlogger apa lagi kalau bukan kamera. Untuk keperluan vlogging, kamera yang akan digunakan punya jenis dan spesifikasi khusus yang memang cocok untuk kondisi merekam selama di perjalanan.

Kamu tentunya tidak akan mau membawa kamera DSLR kesayanganmu yang tidak praktis dan hanya menambah beban berat di tas selama perjalanan. Bayangkan saja dirimu memegang kamera tersebut dengan satu tangan saat sedang mengambil footage. Langsung pegal dong.

Jenis kamera yang paling banyak dipilih para travel vlogger biasanya berupa compact camera atau mirrorless. Kedua jenis kamera ini pas untuk dijadikan teman setia selama perjalanan karena ukurannya yang relatif kecil dan tentunya jauh lebih ringan dibanding kamera DSRL, GenK.

Eits, jangan salah, GenK, meski ukurannya kecil, kedua kamera ini punya kualitas yang tidak kalah dengan kamera DSLR. Kamu bisa tetap mendapatkan hasil rekaman yang super jernih dengan resolusi terbaik, tentunya tanpa perlu merasakan encok dari membawa kamera DSRL yang berat.

Dua kualitas utama yang mesti diperhatikan saat akan membeli kamera untuk travel vlogging adalah berat dan fitur image stabilization. Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, kamera kecil yang ringan akan mempermudahmu saat akan berpindah-pindah selama perjalanan.

Sementara fitur image stabilization akan membantu menstabilkan hasil rekaman yang kamu ambil, khususnya ketika kamu sedang merekam dalam kondisi bergerak. Hasilnya, videomu akan jadi lebih enak dipandang mata, GenK.

Travel vlogger 2

Action camera (sumber: tribunnews.com)

Jadi, buat kamu yang ingin mencari kamera travel vlogging, berikut ini beberapa jenis yang paling bisa menjadi pilihan:

  • Mirrorless camera

Keunggulan utama yang ditawarkan oleh mirrorless camera adalah pada ukuran sensornya yang besar dengan kemampuan menangkap cahaya cahaya yang lebih baik. Jadi kamu bisa tetap mendapatkan hasil foto yang jernih bahkan dalam kondisi minim cahaya.

Kelebihan lain yang bisa kamu dapatkan dari mirrorless camera adalah penggunaan lensanya yang bisa diganti dan disesuaikan dengan kebutuhanmu. Untuk rekomendasi kamera travelling mirrorless terbaik, kamu bisa mengecek daftarnya di artikel kami sebelumnya.

Baca Juga
Rekomendasi Tips & Kamera Vlog Buat Kamu yang Mau jadi Vlogger

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Artikel Terkait
Film, Animasi & Video

7 Rekomendasi Anime Winter 2020 yang Wajib Kamu Tonton

Film, Animasi & Video

Selain Parasite, 11 Film Asing Ini Pernah Masuk Nominasi Best Picture

Film, Animasi & Video

Sejauh Ini, Hanya Tiga Orang Asia yang Berhasil Menang Best Actor/Actress Oscar

Film, Animasi & Video

Jangan Lewatkan! Ini Dia Jadwal Film Bioskop 2020: Januari-Maret

            Thank u, next!     
Mau inspirasi mengalir deras dan kreativitas anti mandek? Dapetin kurasi konten berkualitas dan undangan eksklusif ke acara-acara seru kreativv ID!
close-link