Tutorial After Effect Praktis untuk Membuat Scribble Effect

Dibaca Normal: 4 menit aja
tutorial after effect

Kamu sedang mencari referensi visual ciamik untuk membuat video kamu tampil lebih menarik? Gimana kalau coba tambahkan scribble effect yang sedang nge-tren lewat tutorial After Effect praktis berikut ini.

Slider
Slider
Slider

Pernahkah kamu menonton video seperti di bawah ini? Efek visual nan cantik yang muncul di sekitar para penari dalam video tersebut merupakan contoh penerapan scribble effect. Gerakan dance yang energik pun jadi terlihat lebih  menawan dengan dukungan berbagai elemen grafis yang seakan menyatu dan mengikuti pergerakan para penari. 

UPDATES

Slider

UPDATES

Slider

Scribble effect merupakan salah satu efek video yang sedang banyak digemari dan digunakan saat ini, khususnya oleh kalangan generasi milenial nih. Tampilannya yang berwarna-warni dan penuh cahaya dalam berbagai bentuk akan membuat video apa pun jadi semakin kece

Efek ini memang paling cocok buat jenis-jenis video dengan banyak aktivitas atau pergerakan di dalamnya, seperti dance, skateboarding, roller blade, senam, dan jenis olahraga lainnya. Kekuatan utama scribble effect terletak pada motion yang dipadukan dengan elemen grafis 2D untuk menyajikan visual super keren. 

Untuk membuat scribble effect, kamu dapat menggunakan berbagai macam aplikasi yang tersedia secara gratis di internet. Khusus di artikel ini, kami akan membagikan tutorial After Effect dari Cinecom.net yang mudah dan praktis untuk menciptakan scribble effect nan cantik. Yuk disimak! 

Tutorial After Effect untuk Membuat Scribble Effect

Step 1. Siapkan Video yang akan Dipakai 

Tutorial After Effect 1

(sumber: cinecom.net)

Langkah pertama dalam tutorial After Effect kali ini adalah dengan mempersiapkan video yang akan diberikan scribble effect. Kamu dapat mengunggah video dalam berbagai format yang kamu mau, baik itu MP4 atau .mxf seperti yang kami tunjukan di atas. 

Baca Juga
The Divergent dan Cerita Dunia Masa Depan yang Berbahaya

Step 2. Tambahkan New Composition 

(sumber: cinecom.net)

Setelah selesai mengimpor file yang kamu inginkan, tahap berikutnya menambahkan efek scribble pada bagian bawah panel, klik Add a new composition. Lalu pilih video yang kamu telah import dan double click untuk memasukannya ke dalam composition tab

Tutorial After Effect 3

(sumber: cinecom.net)

Pada bagian panel atas, ubahlah composition tab ke layer tab yang terletak pada bagian paling kiri panel. Sekarang kamu bisa memulai menggambar desain scribble yang kamu secara langsung ke video.  

Step 3. Pengaturan Brush 

Tutorial After Effect 4

(sumber: cinecom.net)

Next, arahkan kursormu ke bagian kanan layar dan buka brush and paint panel. Jika kamu kesulitan untuk menemukan kedua panel ini, cobalah mengakses lewat tab Windows pada bagian menu atas atau cukup dengan menekan shortcut Ctrl+8 untuk panel paint dan Ctrl+9 untuk panel brush.

Baca Juga
Rekomendasi Film Horor Thailand Terbaru untuk Tontonan Malam Jumat

Step 4. Paint Setting

(sumber: cinecom.net)

Buka panel paint, lalu klik kolom Duration, kemudian pilih Single Frame. Sementara untuk setting lainnya bisa kamu biarkan tetap pada pengaturan awalnya. Gak ketinggalan, pilih bagian warna Set Foreground Color untuk menyesuaikan warna yang akan kamu pakai saat membuat scribble effect

(sumber: cinecom.net)

Pilihlah warna yang kamu mau dengan menyesuaikan garis spektrum yang tersedia atau dengan memasukan kode warna tertentu. Untuk mempermudah proses penggantian warna lain saat sedang membuat desain scribble effect, kamu dapat memilih warna sekunder yang berbeda dari warna utama untuk desain. Jadi kamu tidak perlu repot-repot membuka panel paint secara berulang-ulang. 

Step 5. Pilih Brush 

(sumber: cinecom.net)

Langkah selanjutnya dalam tutorial After Effect kali ini adalah memilih brush. Geser ke bagian brush panel yang berada tepat di bawah paint panel. Pilih ukuran brush yang sesuai dengan bentuk desain yang ingin kamu buat. 

(sumber: cinecom.net)

Buat kamu yang ingin menggambar bentuk desain dengan lebih presisi menggunakan pen tablet, jangan lupa untuk mengatur opsi Pen Pressure pada bagian Size yah

Baca Juga
Ini 5 Channel YouTube Belajar Vokal untuk Kamu Calon Penyanyi Pro

Step 6. Mulai Membuat Desain Scribble Effect

(sumber: cinecom.net)

Saatnya berkreasi! Kamu Bisa mulai menggambar dan membuat bentuk desain yang kamu pada video untuk dijadikan scribble effect. Gunakan mouse dan arahkan kursor mengikuti bentuk objek yang akan diberikan efek scribble. Untuk panduan lengkapnya, kamu bisa menyaksikan video tutorial Adobe After Effect dari Cinecom.net di bawah ini. 

https://www.youtube.com/watch?v=Wn0pKAWRn48Itu dia tadi tutorial After Effect buat kamu yang ingin membuat video dengan visual ciamik pakai scribble effect. Mau video yang lebih memukau dengan efek jurus seribu bayangan ala Naruto? Ikuti tutorial cara mengedit video dengan cloning effect di tulisan kami sebelumnya.

Polling

<

p style=”text-align: justify;”>

Slider
Slider
Slider

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Artikel Terkait
Film, Animasi & Video

Jurusan Kuliah tentang Film Ini Cocok Banget Buat Kamu yang Hobi Nonton

Film, Animasi & Video

Black Animated Movies, Film Underrated yang Asyik Ditonton

Film, Animasi & Video

Rekomendasi Vlog Orang Indonesia di Luar Negeri, Menginspirasi dan Bikin Iri!

Film, Animasi & Video

Jangan Lewatkan! Ini Dia Jadwal Film Bioskop 2020: Januari-Maret

Film, Animasi & Video

Deretan Film Tentang Kepribadian Ganda untuk Hiburan Edukatif Psikologi

Film, Animasi & Video

Cara Membuat Video Animasi Super Mudah dengan Hasil Profesional

Quizzes

Slider
      TRENDING
#Trending
Next >>
ad1
close-link
ad1
close-link
ad1
close-link
ad1
close-link
ad1
close-link
ad1
close-link
ad1
close-link
ad1
close-link
ad1
close-link
ad1
close-link
ad1
close-link
ad1
close-link
ad1
close-link