Wiro Sableng: Kisahnya Diangkat dari Novel Hingga ke Film

Dibaca Normal: 3 menit aja

Tak hanya Hollywood yang memiliki berbagai kisah super hero, di Indonesia sendiri ternyata juga memiliki kisah super hero yang juga sangat terkenal, loh! Sebagai contohnya adalah kisah tentang pendekar kapak, Wiro Sableng dengan memiliki angka keramat 212. Kisah Wiro Sableng ini bahkan sangat terkenal di tahun ’90-an sebagai salah satu serial kolosal yang seru dan lucu penuh hiburan.

Berkat kepopuleran yang ada, Wiro Sableng sendiri bahkan telah muncul dalam sebuah bentuk film hasil kolaborasi antara produser Indonesia dengan produser Hollywood, Fox International Production (FIP) atau 20th Century Fox. Film berjudul Wiro Sableng 212 (212 Warrior) ini merupakan proyek perdana FIP di Asia Tenggara.

Wiro Sableng yang diperankan Vino Bastian. (Sumber: Lifelike)

Sosok Wiro Sableng ini awal kali muncul dalam serial novel yang terbit sejak 1967 dengan penjualan tiap judul bukunya mencapai 800.000 eksemplar. Tak hanya sukses dalam penjualan novel, kisah Wiro Sableng ini juga pernah diadaptasi menjadi sinetron yang populer pada masanya. Terlepas dari kesuksesan yang ada, ada lebih baiknya kita untuk mengenal lebih dengan sosok populer Wiro Sableng ini.

UPDATES

Slider

UPDATES

Slider

Siapa itu Wiro Sableng?

Kisah dari Wiro Sableng ini ditulis pertama kali sekitar tahun 1967-an oleh seorang penulis novel bernama Bastian Tito. Kisahnya merupakan kisah yang dikembangkan dari cerita rakyat Jawa yang disebut sebagai kisah nyata seorang anak bernama Wiro Saksono.

Wiro Saksono diceritakan sebagai seorang anak yatim piatu yang harus kehilangan orang tua yang dibunuh oleh penjahat. Ia akhirnya diangkat oleh seorang nenek pendekar bernama Sinto Gendeng yang mengajarkan silat hingga Wiro bisa bertarung melawan orang jahat.

Wiro Sableng. (Sumber: Lifelike)

Nama Wiro Sableng muncul saat ia sudah besar dan dikenal suka berkelakar atau bercanda. Walau terkenal suka bercanda, ia dikenal sigap melawan orang jahat yang suka mengganggu rakyat sekitar. Ia terkenal sangat luar biasa dalam melakukan silat Ia menguasai 19 jurus silat, 15 ilmu sakti dan 17 pukulan sakti.

Baca Juga
8 Film Musikal Terbaik yang Bikin Kamu Sing-along

Artikel Terkait
Film, Animasi & Video

5 Fakta Unik Film Gundala, Kostumnya Sepabrik dengan Film Watchmen

Film, Animasi & Video

Ini yang Harus Kamu Perhatikan untuk Membuat Video One Take!

Film, Animasi & Video

Film India Terbaik 2020 untuk Tontonan Seru Bersama Keluarga

Film, Animasi & Video

Praktis dan Simpel Banget Nih, 4 Teknik Dasar Editing Video

Film, Animasi & Video

Jelajahi Setiap Sudut dengan Cara Membuat Video 360 Derajat

Film, Animasi & Video

Cara Membuat Film Pendek - Part 3. Offline dan Online Editing

Quizzes

Slider
      TRENDING
#CoronaVirus
Next >>