Film, Animasi & Video

5 Film Asia Bertema Bullying Ini Ajarkanmu Tumbuhkan Empati

film asia tentang bullying

Bully atau bullying merupakan satu tema universal yang nggak pernah berhenti dibahas, baik melalui forum, obrolan santai sampai dengan artikel, novel, lagu hingga film. Memang tema semacam ini cukup menarik untuk terus dibicarakan atau sampai dibuatkan filmnya. Hal tersebut memiliki arti dan maksud agar kita semua aware terhadap aksi tidak terpuji semacam ini yang selalu terjadi dari hari ke hari. Nah, ngomongin soal bully, yuk, kuras emosimu dengan nonton 5 pilihan terbaik film Asia yang mengangkat tema tentang bullying yang haram dilewatkan berikut ini.

1. Han Gong-ju (2013) | Kisah Dramatis yang Tiada Akhir

Han Gong Ju film

sumber: pikiran-rakyat.com

Kamu akan dibawa menyaksikan penderitaan 5 orang siswi yang menjadi korban perkosaan oleh 41 siswa sekolah menengah selama 11 bulan. Namun bukan secara keseluruhan, film ini cuma mengambil fokus pada seorang gadis bernama Gong-ju saja. Dari detik pertama hingga akhir film bullying ini diputar, emosimu bakal terkuras habis dengan kisah yang begitu menyayat hati. Kebrutalan para pelaku tergambar dengan sangat jelas di film ini. Dari Han Gong-ju (2013), kita mengetahui kenyataan pahit bahwa, siklus kekerasan nggak pernah berakhir.

2. River’s Edge (2018) | Kisah Sekelompok Remaja Depresi

river's edge film

sumber: cultura.id

Mengambil setting pada tahun 90-an, film garapan Isao Yukisada ini berkisah tentang kehidupan sekelompok remaja Jepang yang jauh dari hal-hal berbau romansa dan nostalgia. Kekacauan dan kehampaan memenuhi seluruh film yang diadaptasi dari manga dengan judul yang sama. Dari film ini penonton menyadari bahwa kehidupan masa SMA nggak melulu soal cinta-cintaan, melainkan kejahatan bullying. Kesulitan remaja-remaja depresi untuk menjalani hidupnya tergambar secara gamblang di sini, termasuk masalah bullying yang tak henti-hentinya terjadi.

3. The King of Pigs (2011) | Cerita tentang Korban Bullying yang Frustasi

the king of pigs poster

sumber: blogspot.com

Berbeda dengan film-film bertema bullying lainnya, The King of Pigs berbentuk film animasi ini. Penonton diajak menyaksikan perjalanan dua teman lama dari bangku SMA, Kyung-min dan Jong-suk. Kyung-min adalah pengusaha bangkrut yang pembunuh istrinya sendiri dengan bantuan Jong-suk yang diceritakan sebagai penulis gagal yang juga jauh dari hidup bahagia. Menjalani kehidupan yang sama-sama berantakan, keduanya terikat pengalaman masa lalu sebagai korban bullying. Film animasi ini menawarkan plot twist mengejutkan di bagian akhir.

4. Mon Mon Mon Monsters | Saat Fantasi Berpadu Sempurna dengan Surealis

mon mon mon moster poster

sumber: morbidlybeautiful.com

Penonton akan diajak untuk menikmati garapan mengesankan sang sutradara Giddens Ko yang dengan beraninya memadukan fantasi horor dengan surealis. Pendekatannya memang jauh dari kata mainstream, tapi dijamin kamu akan sangat terbawa suasana berbeda ketika menonton film bertema bullying yang satu ini. Selain karena sajian serangkaian komentar sosial yang terbilang ekstrem, film ini juga menyajikan gambaran-gambaran yang sangat realistis.

5. A Silent Voice (2016) | Suara Hati Gadis Tuna Rungu

film bullying asia a silent voice

sumber: nflxso.net

Satu lagi animasi Jepang yang wajib kamu tonton, yaitu Koe no Katachi atau yang A Silent Voice. Dikisahkan Shoko Nishimiya, seorang murid pindahan yang dirundung karena keterbatasan fisiknya untuk mendengar. Banyak penontonnya yang menyebutkan bahwa animasi ini emang kece abis karena 5 hal yang membuatnya spesial. Hal tersebut adalah animasinya lembut, musik latar yang bisa membangkitkan emosi, kisah menyentuh, alur yang berjalan sempurna ditambah perkembangan karakter utama yang menarik. Film yang tentang bullying yang satu ini bakal bikin kamu nggak bisa move on, deh!

Sebenarnya film yang bertema bullying nggak cuma sedikit, dan nggak cuma dari Asia saja. Film-film garapan Hollywood pun banyak yang mengangkat tema satu ini. Nah, kalau kamu bingung mau nonton apa untuk menghabiskan waktu di akhir pekan, daftar film-film di atas bisa kamu masukkan dalam list. Selamat menguras air mata, ya!

Editor: Isyhari Maheswar

About author

Related posts
Film, Animasi & Video

Setelah Pulang Kerja, Nonton 5 Serial Korea Ini Bisa Menghilangkan Stress Dan Lelah Kamu!

Film, Animasi & Video

Tips Membuat Video Unboxing Super Mudah

Film, Animasi & Video

Tips Membuat Konten dengan Green Screen Biar Hasilnya Makin Menarik

Film, Animasi & Video

7 Film Indonesia Terbaru tentang Keluarga yang Bikin Emosi Terkuras