Film, Animasi & Video

Yuk Simak Jenis-Jenis Film Dokumenter dan Cara Pembuatannya

film dokumenter

4. Nostalgia

Sebenarnya jenis nostalgia tidak beda jauh dengan sejarah, hanya saja nostalgia lebih menekankan pada flashback dari kejadian yang dialami seseorang.

5. Rekonstruksi

Jenis yang satu ini memberikan gambaran gambaran ulang atau rekonstruksi peristiwa yang terjadi dengan seutuh-utuhnya yang kemudian ditampilkan kepada penonton. Namun rekonstruksi tidak perlu sama persis lokasi, kostum, dan make up-nya.

6. Investigasi

Berikutnya adalah jenis investigasi yang mengangkat sebuah isu secara mendalam. Misalnya investigasi tentang penggelapan uang, pembunuhan, tenggelamnya kapal, dan kejadian-kejadian lainnya yang membutuhkan penyelidikan secara mendalam. 

7. Ilmu Pengetahuan

Sesuai namanya, jenis film dokumenter ilmu pengetahuan menampilkan tentang hal-hal yang informatif guna memperluas pengetahuanmu. Jenis film ilmu pengetahuan dibagi menjadi dua, yaitu film dokumenter sains dan juga film instruksional. 

8. Dokudrama

Menurut Wikipedia, dokumenter drama atau dokudrama adalah genre bergaya dokumenter yang berasal dari acara radio dan televisi, film, dan teater yang menampilkan reka ulang dari peristiwa sejarah yang sesungguhnya. Tempat kejadian dan tokoh dibuat mirip dengan aslinya. 

Cara Membuat Film Dokumenter

Karena film dokumenter mendokumentasikan kenyataan, cara membuat film dokumenter juga spesial loh. Ada beberapa treatment khusus yang mesti kamu lakukan saat proses produksi sampai selesai. Di sini kami akan membagikan langkah-langkah pembuatannya yang bisa dipraktikkan dengan mudah. Yuk disimak! 

Step 1 – Menentukan topik

film dokumenter

Ilustrasi mencari ide untuk topik utama film (sumber: rifemagazine.co.uk)

Proses kreatif menjadi sangat penting dilakukan pada tahapan pra produksi film dokumenter. Untuk menentukan topik, kamu bisa mendapatkan ide dari hal-hal di sekitarmu. Misalnya permasalahan di kantor, masalah di komplek rumahmu, dan lain-lain. Kemudian pilih satu permasalahan yang menurutmu paling menarik.

Step 2 – Mencari informasi yang lengkap

Cara membuat film dokumenter yang berikutnya adalah dengan mencari informasi selengkap-lengkapnya sebelum mulai produksi. Apalagi kalau kamu mengangkat topik tentang isu yang sensitif, jangan sampai kamu malah salah data dan membuat penonton salah paham. Riset ini dapat kamu lakukan dengan membaca buku atau artikel, mewawancarai narasumber jika ada, atau datang ke lokasi peristiwa itu berlangsung. Pastikan pertanyaan seputar 5W+1H sudah terjawab semua.

About author

Related posts
Film, Animasi & Video

8 Karakter Shaman Terkuat Di Film Jujutsu Kaisen 0!

Film, Animasi & Video

Rekomendasi 5 Drama Korea Maret 2022, Bertabur Bintang Papan Atas!

Film, Animasi & Video

Bukan Sekedar Film Dan Series Animasi Biasa, 3 Anime Ini Memberikan Metafora Kehidupan Yang Akurat!

Film, Animasi & Video

Tidak Melulu Tentang Percintaan, 5 Drama Dan Film Korea Ini Justru Menyuguhkan Kritik Masyarakat Dan Pesan Moral Yang Menohok

Leave a Reply

Your email address will not be published.