Film, Animasi & Video

Black Animated Movies, Film Underrated yang Asyik Ditonton

black animated movie

Black animated movie cocok kamu tonton mengingat situasi yang sedang terjadi ini, GenK. Belakangan kita dikejutkan oleh insiden tindakan rasisme di Amerika Serikat, yang dilakukan oleh sekelompok polisi kulit putih terhadap seorang warga laki-laki berkulit hitam, hingga menghilangkan nyawa pria tersebut. Tindakan ini seketika mendapat kecaman dari seluruh dunia karena menunjukkan bahwa ternyata sampai sekarang masih ada saja perlakuan rasisme bahkan semena-mena. Kemudian muncul hashtag #BlackLivesMatter atau jika diartikan secara harfiah berarti “Nyawa Orang Kulit Hitam itu Berarti.”

Sebenarnya gerakan ini sudah ada sejak tahun 2013 dan masih terus aktif hingga sekarang. Terkait hal tersebut, sebenarnya tak hanya tindakan rasisme saja, tapi ada banyak juga bentuk apresiasi terhadap kulit hitam termasuk di bidang industri hiburan film dan kartun. Selain film Marvel, Black Panther, berikut black animated movies berupa serial kartun yang mengangkat tema kehidupan kulit hitam.

Kirikou And The Sorceress

kirikou and the sorceress

sumber: flixwatch.co

Animated black movie yang bercerita tentang penyihir ini dibuat oleh animator asal Perancis, Michel Ocelot, pada tahun 1998 dan dirilis di Amerika Serikat pada tahun 2000. Salah satu hal yang paling menarik dari kartun ini adalah ketika seorang bayi yang baru saja lahir bisa langsung berbicara. Adegan ini paling memorable di ingatan penonton sampai sekarang.

The Boondocks

the boondock black animated movie

sumber: thenerdsofcolor.org

The Boondocks tidak bisa dibilang sepenuhnya merupakan film kartun anak-anak. Namun, kartun ini tetap populer dan ditonton banyak orang karena ceritanya yang dimainkan oleh karakter kulit hitam dan terkesan apa adanya. Banyak juga adegan yang mengandung sindiran tapi justru itu yang membuatnya menarik. Kartun ini menjadi favorit di era awal tahun 2000-an.

The PJs

the PJs black movie

sumber: justwatch.com

Ini adalah claymation atau animasi yang menggunakan clay. Kartun ini juga dibintangi atau lebih tepatnya didubbing oleh Eddie Murphy yang merupakan aktor kulit hitam. Black animated movie yang satu ini bisa dibilang sangat pada masa tayangnya. Padahal ceritanya menarik dan unik.

The Proud Family

the proud family poster

sumber: amazon.com

The Proud Family adalah serial kartun yang diproduksi pada awal tahun 2000-an. Kartun ini merupakan tontonan ringan yang bisa dinikmati oleh seluruh anggota keluarga. Ceritanya tentang kehidupan sehari-hari keluarga kulit hitam yang tinggal di daerah pinggiran kota. Serial yang satu ini sangat seru dan menarik untuk ditonton sebagai hiburan.

Static Shock

static shock movie

sumber: change.org

Kartun Static Shock sangat terkenal dan populer pada masanya. Selain cerita serunya yang bertema tentang superhero remaja, lagu soundtrack-nya juga catchy banget. Tidak heran jika kartun ini banyak digemari oleh penonton serial televisi.

Little Bill

little bill animated movie

sumber: amazon.com

Little Bill merupakan kartun dengan karakter seorang anak dalam keluarga kulit hitam. Ceritanya menarik serta menyenangkan untuk ditonton siapa saja. Kartun ini mengangkat tema yang terinspirasi dari kehidupan nyata sehari-hari. Kisahnya terasa seperti cerita sungguhan yang menggambarkan kehidupan warga kulit hitam di awal tahun 2000-an.

Mike Tyson Mysteries

myke tyson mysteries

sumber: wallpapercave.com

Benar banget! Mike Tyson adalah seorang petinju kulit hitam yang sangat terkenal. Beliau merupakan salah satu petinju profesional yang memiliki segudang prestasi. Makanya, namanya pun dikenal oleh masyarakat di seluruh dunia. Film kartun pendek ini menceritakan tentang tokohnya yang terinspirasi dari sosok Mike Tyson.

Itu tadi sejumlah black animated movies yang merupakan serial kartun dengan cerita seru dan menarik. Kamu bisa menjadikan film itu untuk menumbuhkan empati selain menjadi tontonan hiburan bersama seluruh keluarga di rumah. Adapun pesan yang bisa kamu ambil dari BlackLivesMatter adalah berhenti melakukan tindakan rasisme, apapun bentuknya. Sebab, kita semua adalah sesama manusia yang sama-sama punya hak untuk menikmati kehidupan di muka bumi, terlepas dari warna kulit, ras, suku, serta agama kita.

Editor: Isyhari Maheswar

About author

Related posts
Film, Animasi & Video

Setelah Pulang Kerja, Nonton 5 Serial Korea Ini Bisa Menghilangkan Stress Dan Lelah Kamu!

Film, Animasi & Video

Tips Membuat Video Unboxing Super Mudah

Film, Animasi & Video

Tips Membuat Konten dengan Green Screen Biar Hasilnya Makin Menarik

Film, Animasi & Video

7 Film Indonesia Terbaru tentang Keluarga yang Bikin Emosi Terkuras