Film, Animasi & Video

Kece Abis! 6 Film One Shot Ini Wajib Kamu Tonton

film one shot

Di dalam pembuatan sebuah film ada yang namanya shot, scene, dan sequence. Ketiganya memiliki arti masing-masing untuk pengambilan gambar. Shot adalah istilah yang digunakan untuk satu kali pengambilan gambar dengan durasi yang tidak terbatas. Menariknya, ada beberapa judul film yang menggunakan teknik one shot di mana tidak ada cut untuk berganti ke scene berikutnya. 

Hanya saja teknik one shot juga punya rahasia di baliknya loh, karena tidak semua film one shot benar-benar diambil dalam satu kali take. Buat kamu yang tertarik mengisi waktu luang dengan menonton film, berikut kami bagikan rekomendasi film one shot dari dalam dan luar negeri. Yuk kita simak sama-sama!

1. 1917 (2019)

Euforia kemenangan film “1917” di ajang Academy Awards atau Oscars sebagai film dengan sinematografi terbaik belum hilang juga. Roger Deakins sebagai seorang sinematografer yang menggarap film “1917” menggunakan teknik pengambilan gambar single continuous take. Film yang berlatar Perang Dunia I ini menceritakan tentang kisah perjuangan prajurit asal Inggris dalam misi peperangan. Kedua tentara tersebut adalah George MacKay sebagai Kopral Schofield dan Dean Charles Chapman sebagai Kopral Blake yang diberikan misi untuk menyampaikan pesan peringatan. Namun mereka harus menghadapi berbagai rintangan yang berat selama menjalankan misi tersebut.

2. Birdman (2014)

Film one take yang berikutnya berjudul “Birdman” yang dirilis pada tahun 2014 lalu. Selama film berlangsung, kamu akan dibuat terpukau dengan adegan one shot yang seakan-akan tidak akan ada ujungnya. Film ini menceritakan tentang Riggan Thomson yang merupakan seorang aktor terkenal berkat perannya di film “Birdman” di tahun 1992. Namun, namanya kian tenggelam setelah muncul nama-nama pemain yang lebih terkenal. Riggan memutuskan untuk mengadaptasi cerita pendek lewat drama theatrical yang diperankan oleh orang-orang di sekitar Riggan.

3. Lost in London (2017)

Berikutnya ada film berjudul “Lost in London” yang menceritakan tentang Woody Harrelson yang terlibat kesalahpahaman sehingga ia dipanggil polisi. Woody berusaha melarikan diri dari polisi sampai akhirnya ia tertangkap dan dikirim ke penjara sampai ia bisa dibebaskan dengan uang jaminan. Di penjara tersebut, Woody disambut dengan kehadiran malaikat yang menawarkan bimbingan secara spiritual kepadanya. Film “Lost in London” menggunakan teknik one shot secara penuh dan langsung.

4. Russian Ark (2002)

Film berjudul “Russian Ark” adalah film drama sejarah yang rilis pada tahun 2002 yang sinematografinya mantap banget dengan menampilkan adegan one shot yang sangat panjang. “Russian Ark” menceritakan tentang seorang bangsawan Perancis yang mengenang kehidupan Rusia dalam sebuah museum. Film ini menggunakan latar tempat Winter Palace dan museum Hermitage yang keduanya merupakan tempat bersejarah. Dalam cerita, orang-orang di dalam lukisan tiba-tiba hidup bahkan sampai berlarian. Di film ini kamu bisa mendapat kisah tentang sejarah Rusia selama tiga abad loh.

5. One Cut of the Dead (2017)

“One Cut of the Dead” adalah film one take yang dirilis pada tahun 2017. Yap, film zombie asal Jepang ini dikemas dengan alur yang unik, karena kamu dapat menyaksikan film horor yang bercampur komedi. Film ini menceritakan tentang sekelompok movie maker yang sedang memproduksi film zombie di sebuah gedung tua. Ini bukanlah gedung biasa, karena menurut cerita yang beredar, gedung tersebut dulunya digunakan militer Jepang untuk melakukan percobaan membangkitkan mayat hidup.

6. Dua Garis Biru (2019)

Kalau dari tadi yang dibahas hanya film luar, sekarang saatnya film Indonesia yang unjuk gigi nih. Film berjudul “Dua Garis Biru” ini sempat menarik perhatian banyak penggemar film lantaran alur cerita yang tidak biasa. Bima dan Dara adalah sepasang remaja yang menjalin hubungan saat masih duduk di bangsu SMA. Hingga suatu hari mereka nekat berhubungan sex sampai Dara pun dinyatakan positif hamil. Adegan one shot yang digunakan dalam film ini adalah saat Dara dan Bima berada di ruang UKS bersama kedua orangtua mereka yang baru mengetahui kehamilan Dara.

Itu dia beberapa film one shot yang kami rekomendasikan untuk mengisi waktu luangmu. Dari beberapa judul film yang kami sebutkan di atas, manakah yang menjadi favoritmu? Selain film one shot, ada pula film tentang wabah virus yang wajib kamu tonton.

About author

Related posts
Film, Animasi & Video

Setelah Pulang Kerja, Nonton 5 Serial Korea Ini Bisa Menghilangkan Stress Dan Lelah Kamu!

Film, Animasi & Video

Tips Membuat Video Unboxing Super Mudah

Film, Animasi & Video

Tips Membuat Konten dengan Green Screen Biar Hasilnya Makin Menarik

Film, Animasi & Video

7 Film Indonesia Terbaru tentang Keluarga yang Bikin Emosi Terkuras