Film, Animasi & Video

5 Film Pendek tentang Palang Merah Indonesia yang Mengubah Pola Pikir

film tentang palang merah indonesia

Palang Merah Indonesia (PMI), siapa sih, yang nggak kenal organisasi berlambang Palang Merah ini? Lebih dikenal sebagai penyelenggara pemberian layanan transfusi darah, sebenarnya PMI punya tugas besar lainnya, lho. Seperti pembinaan PMR dan tenaga relawan, pelayanan sosial dan kesehatan masyarakat, serta penanganan bencana. Nggak cuma bencana alam, PMI sangat berperan sebagai tameng melawan wabah global Covid-19 bersama para tenaga medis lainnya. Ngomongin soal PMI, kamu tahu nggak, nih, kalau kelahiran organisasi yang bergerak di bidang sosial kemanusiaan ini digagas oleh Presiden Indonesia pertama, Ir Soekarno, pada 3 September 1945 dan baru dibentuk secara resmi pada 17 September yang kemudian dikenal sebagai Hari PMI? Nah, mengingat hari lahirnya akan tiba sebentar lagi, nonton, yuk, 5 film pendek tentang Palang Merah Indonesia berikut! Bisa mengenal lebih dalam tentang organisasi satu ini, deh!

1. Cerita Alam dari Pesisir

Di urutan pertama ada Cerita Alam dari Pesisir. Dalam film yang berdurasi nggak lebih dari 10 menit ini berkisah tentang seorang bocah bernama Alam yang tinggal di kampung nelayan Alue Naga di ujung Pulau Sumatera. Sebagaimana kampung nelayan pada umumnya, tempat tinggal Alam yang mayoritas masyarakatnya bermata pencaharian sebagai nelayan ini memiliki hasil laut yang begitu berlimpah. Akan tetapi semua keindahan itu menjadi kelabu ketika bencana gempa berujung tsunami meluluhlantakkan seluruh pesisir. Segalanya harus berubah. Termasuk catatan persahabatan Alam dengan teman-temannya. Coba saksikan sendiri gimana keteguhan Alam mencoba bertahan di lingkungan yang rawan gempa dan tsunami bersama yang lain.

2. Hadiah Istimewa

Judul selanjutnya dari film pendek tentang PMI yang layak kamu tonton adalah Hadiah Istimewa karya Ramadhan Chandra. Durasinya kurang dari 1 menit, tapi maknanya begitu dalam merasuk ke hati. Terlihat gimana hanya dengan waktu nggak lebih dari 1 jam kita semua bisa mempersembahkan kado indah bagi orang lain. Caranya nggak jauh-jauh amat dari tugas utama PMI sebagai penyelenggara pemberian layanan transfusi darah.

Baca Juga :   5 Film tentang Laut yang Menguras Emosi, Pas Ditonton di Hari Maritim!

3. Kisah Aku dan PMI-ku

Selanjutnya ada Kisah Aku dan PMI-ku. Khairudin, yang akrab disapa Udin, adalah seorang relawan PMI yang bermata pencaharian sebagai pengangkut sampah. Dalam film pendek berdurasi 60 detik, Udin mengungkapkan betapa banyak hal positif yang bisa ia dapatkan dengan bergabung menjadi relawan di organisasi tersebut. Semua ilmunya bisa ia terapkan dalam kehidupan pribadi dan juga diturunkan kepada adik-adik relawan yang lainnya.

About author

Related posts
Film, Animasi & Video

Bukan Cuma Pria, Ini Dia Karakter Anime Wanita Terkuat!

Film, Animasi & Video

Ini Dia Film-Film Dengan Biaya Produksi Termahal di Dunia!

Film, Animasi & Video

7 Rekomendasi Film Inspirasi Marketer Wajib Tonton Sekali Seumur Hidupmu

Film, Animasi & Video

5 Animasi Ghibli Studio Ini Bakal Bikin Kamu Mellow!