Film, Animasi & Video

Film Tentang Guru, Pahlawan Tanpa Tanda Jasa yang Menjadikanmu Berilmu

film-tentang-guru

GenK, inget nggak, kalau tanggal 25 November diperingati sebagai Hari Guru? Di hari yang spesial ini, sudah sepatutnya loh, kamu mengingat akan jasa-jasa dari guru sekolahmu. Lewat merekalah, kamu bisa mendapatkan ilmu yang menjadikan dirimu sehebat sekarang. Bahkan, gurumu adalah sosok orang tua keduamu. Buat merayakan Hari Guru, boleh banget nih nonton film tentang guru berikut ini!

1. Stand & Deliver 

Stand-&-Deliver

Film Stand & Deliver (Sumber: Netflix)

Film Stand and Deliver memang termasuk film jadul yang dirilis tahun 1988-an. Tapi, film tentang guru ini tetap wajib kamu tonton. Apalagi, film ini juga pernah masuk ke dalam nominasi penghargaan Oscar, lho.

Stand and Deliver berkisah tentang seorang guru asal Bolivia bernama Jaime Escalante yang mengajar di Garfield High School di Amerika Serikat. Sekolah itu memang penuh dengan masalah. Murid-muridnya terkenal sangat malas dan sering banget dapat nilai merah. Karena reputasinya yang nggak bagus dan faktor kekurangan dana, sekolah itu terancam untuk ditutup. Kalau guru-guru pada umumnya pasti bakal langsung mundur pelan-pelan.

Tapi, Escalante justru merasa tertantang. Dia percaya kalau nggak ada murid yang bodoh. Jadilah, dia bikin sistem pengajaran yang fun dan bikin para murid gampang memahami pelajaran. Murid-muridnya pun jadi termotivasi buat belajar dengan sungguh-sungguh. Hingga, akhirnya semua murid lulus ujian dengan nilai yang gemilang. Ya, walaupun mereka dapat prasangka buruk dari orang-orang sekitarnya.

2. To Sir With Love

To-Sir-With-Love

Film To Sir with Love (Sumber: britannica.com)

Film tentang guru yang disiarkan tahun 1967 ini ternyata dibuat dengan budget yang terbatas, lho. Tapi, siapa yang menyangka! Dengan modal yang terbatas, sang produser bisa membawa film ini buat meraih keuntungan berlipat hingga mencapai 40 juta USD.

Film ini berkisah tentang seorang insinyur teknik yang bernama Mark Thackeray yang melamar kerja jadi seorang guru. Niatnya sih, dia memang jadi guru sambil menunggu pekerjaan yang lebih pas buat dia.

Perjuangan Mark sebagai seorang guru memang nggak gampang. Soalnya, dia harus mengajar kelas penuh dengan murid-murid yang bermasalah. Bisa dibayangkan kan, betapa kewalahannya guru ini. Tapi, semuanya berubah saat dia memutuskan buat membuka hatinya buat para muridnya. Dari situ, Mark berhasil menjadi dekat dengan murid-murid bimbingannya. Mereka juga jadi bisa belajar banyak pelajaran kehidupan dari sang guru.

Baca Juga :   Film Bertema Dystopia Paling Populer Sepanjang Masa, Udah Nonton?
About author

Related posts
Film, Animasi & Video

7 Rekomendasi Film Disney 2021 yang Cocok Temani Liburanmu

Film, Animasi & Video

Ini Dia Rekomendasi Serial Thailand Untuk Menemani Masa PPKM

Film, Animasi & Video

Catat! Ini 7 Rekomendasi Drakor Terbaru Tayang Juni 2021, Ada yang 19+

Film, Animasi & Video

7 Rekomendasi Webseries Indonesia Wajib Tonton Akhir Pekan Ini