Creativepreneur and Career

Jangan Keburu Merasa Mapan di Usia Muda Kalau Belum Capai Financial Freedom

Sejak kamu masih muda banget, sudah selayaknya kamu belajar mengelola uangmu. Bahkan, sebenarnya sejak kamu masih sekolah dan diberi uang saku oleh Papa dan Mama. Sebab, mengelola uang yang kamu punya dengan tepat itu bisa membawa kamu pada kondisi financial freedom. Ini juga yang menjadi tujuan orang-orang dewasa yang sudah bekerja apalagi berkeluarga. Bisa jadi, kamu juga? Maka dari itu, yuk, simak pengertiannya dengan lebih jelas, serta cara untuk mewujudkannya.

Pengertian Financial Freedom

Mencapai kondisi financial freedom adalah tujuan dari setiap orang. Jika diartikan secara sederhana, financial freedom adalah kondisi di mana seseorang memiliki tabungan cukup, investasi keuangan serta simpanan uang tunai yang bisa digunakan untuk membeli apa pun kebutuhan dan keinginannya.

Sumber: pexels.com

Jadi, tabungan yang cukup berarti kamu bisa pensiun kapan pun sesuai keinginanmu, atau kamu dapat mengejar karier impianmu tanpa harus berat mengumpulkan uang setiap tahunnya. Jadi kondisi kebebasan finansial ini berarti uangmu yang bekerja untukmu dan bukan sebaliknya. Bukan kamu yang bekerja mencari uang.

Cara Mencapai Financial Freedom

Bagi kamu yang sedang dalam perjalanan menuju ke sana, jangan berhenti, ya. Biar makin semangat, coba simak kunci penting untuk mencapai financial freedom berikut ini:

Tentukan Tujuan Hidupmu

Sumber: pexels.com

Coba kamu tengok lagi, sebenarnya apa, sih, tujuanmu dalam hidup ini? Tentukan hal yang ingin kamu capai, mulai dari kondisi keuangan hingga gaya hidup yang kamu inginkan. Buat juga rencana untuk mewujudkannya. Jadi, ini akan membantu kamu melakukan setiap langkah dengan lebih tertata.

Bikin Anggaran untuk Keuanganmu

Sumber: pexels.com

Langkah cerdas berikutnya dalam mengatur keuangan adalah menyusun anggaran. Dari sini, kamu bisa tahu apa saja kebutuhan bulanan kamu yang pokok dan yang bukan, serta pengeluaran tak terduga. Ikuti rencana keuanganmu ini, jangan melanggarnya sendiri. 

Rajin Membayar Hutang

Sumber: pexels.com

Jangan lupa kalau kamu punya kartu kredit, selalu bayar cicilan kamu semuanya. Lalu, bayar juga hutang-hutang lainnya, kalau tidak bisa langsung semuanya maka kamu bisa mencicilnya. Yang penting, biasakan jumlah hutangmu itu sesedikit mungkin, biar kamu tidak terbebani hutang.

Mulai Investasi Sejak Dini

Sumber: pexels.com

Jika kamu mau belajar lebih banyak lagi, kamu bisa banget menggunakan jasa konsultasi keuangan untuk mengobrol tentang investasi yang tepat untukmu. Kalau tidak juga tak apa-apa. 

Kuncinya, cobalah untuk berinvestasi sedini mungkin, bisa mulai dari bulan pertama kamu menerima gaji pertamamu. Investasi penting untuk mengamankan hartamu, serta mengembangkan nilai rupiah uangmu agar tidak terkikis oleh inflasi juga.

Sediakan Dana Cadangan

Sumber: pexels.com

Kamu pun perlu mempersiapkan dana pensiun sejak dini. Di samping itu, selalu sisihkan uang untuk hal-hal tidak terduga, jadikan ini cadangan di luar biaya pokok bulananmu.

Hidup dengan Biaya Seminim Mungkin

 

Sumber: pexels.com

Maksudnya bukan pelit tapi hemat. Bahkan, kalau perlu kamu bisa menekan biaya di luar kebutuhan pokok seperti uang makan dan bensin, tagihan rekening listrik, air dan internet, serta pakaian dan sepatu, juga kebutuhan rumah tangga.

Membiasakan Hidup Sehat

Sumber: pexels.com

Jaga dirimu baik-baik, makanlah makanan bergizi, rajin olahraga dan istirahat yang cukup. Kalau kamu sehat, maka kamu akan terus semangat bekerja dan ini sekaligus menghindarkanmu dari biaya berobat yang kadang tidak sedikit.

Nah, apa kamu sudah melakukan langkah-langkah di atas? Kalau kamu sudah mencapai kondisi financial freedom, selamat! Kamu hebat sudah berhasil mewujudkannya dengan kerja keras dan jerih payahmu. Jika belum, semangat! Kamu pasti bisa, kok. Yang penting, selalu komitmen terhadap targetmu sendiri, ya. 

About author

Related posts
Creativepreneur and Career

Ideal untuk Pebisnis Pemula, Kenalan dengan Bisnis Model Canvas Yuk!

Creativepreneur and Career

Pengertian Temperatur Market dan Cara Mengoptimalkannya untuk Kesuksesan Bisnismu

Creativepreneur and Career

10 Skill Wajib di Tahun 2025 yang Perlu Kamu Milik

Creativepreneur and Career

Cara Cepat Meningkatkan Bisnis Online Dijamin Berhasil