Fotografi

Fine Art Photography: Ciptakan Karya Seni di Level Lebih Tinggi

fine-art-photography

Fine art photography menawarkan kebebasan dalam mengekspresikan diri dengan cara yang lebih segar dan kreatif.  Kalau kamu belum pernah mencobanya, nggak ada salahnya lho, terjun ke dunia fotografi yang satu ini. Beda dengan jenis fotografi yang lainnya, seni fotografi ini merupakan cara yang bagus untuk mengekspresikan dirimu dan menjadi lebih kreatif.

Dalam seni fotografi ini, kamu bisa membuat beberapa gambar menawan dan membangun pikiran yang akan menunjukkan bahwa kamu adalah seorang seniman sejati. Akan tetapi, kalau kamu sama sekali belum pernah mencobanya atau kurang yakin bisa menghasilkan jepretan yang oke, jangan lewatkan panduan sederhana gimana trik mengambil gambar dari yang biasa-biasa saja hingga ke hasil yang menakjubkan!

Kenalan dengan Fine Art Photography

Kenalan dengan Fine Art Photography

Sumber: iso.500px.com

Mungkin sedikit sulit untuk mendefinisikan arti fine art photography secara gamblang. Sebab sebenarnya ada garis yang sangat tipis antara fotografi komersial dan seni fotografi. Ada juga definisi yang saling bertentangan tentang bagaimana caranya melakukan fotografi fine art yang membuatnya jadi semakin sulit untuk dijelaskan.

Fine Art Photography Dimulai dari Visi

Fine Art Photography Dimulai dari Visi

Sumber: juliendewilde.net

Well, ketika berbicara soal definisi, fine art photography melibatkan visi yang ingin diwujudkan. Jenis fotografi ini melibatkan penciptaan terhadap sesuatu yang sebelumnya cuma ada di dalam pikiran. Fotografi fine art lebih dari sekedar menangkap apa yang kita lihat dengan cara artistik. Ini adalah cara untuk mengekspresikan emosi dan cara kita melihat dunia. Nah, itulah tugas yang kamu emban kalau ingin mendalami fotografi fine art. 

Kesimpulannya, saat kamu mempersiapkan fotografi fine art, kamu harus punya semacam visi di dalam pikiranmu. Entah apakah itu adalah rencana yang sangat detail, atau sekedar ide-ide yang nggak jelas. Menentukan visi adalah titik awal yang penting untuk mewujudkannya.

Fine Art Photography is About Beauty and Meaning

Fine Art Photography is About Beauty and Meaning

Sumber: iso.500px.com

Sangat berlawanan dengan bentuk fotografi lainnya, fine art didefinisikan sebagai bentuk fotografi yang dimaksudkan untuk dinilai semata-mata dari keindahan dan kebermaknaannya. Dua hal yang sifatnya sangatlah subjektif.

Artinya, fine art nggak terbatas oleh pertimbangan praktis dan bisa mendobrak aturan-aturan fotografi yang biasanya. Sebagai contoh, fine art mungkin benar-benar nggak fokus. Meski ini bisa terlihat sebagai kesalahan teknis di sebagian besar lingkaran fotografi, tapi fine art jauh berbeda. Fine art bisa melibatkan subjek surealis atau abstrak, pengeditan kreatif dan juga melanggar aturan-aturan komposisi. Tujuan utamanya bukanlah untuk mendemonstrasikan skill teknismu, tapi sebaliknya, untuk mengekspresikan ide, emosi atau pesan.

Fine Art Photography Dibuat dengan Penuh Kehati-Hatian

Fine Art Photography Dibuat dengan Penuh Kehati-Hatian

Sumber: agc.creativelive.com

Satu hal yang pasti, fine art photography bukanlah foto candid! Setiap foto fine art melibatkan banyak perencanaan dan penyesuaian. Mulai dari komposisi, detail, dan makna. Gambar-gambarnya dibuat secermat lukisan.

Jadi, seperti yang kamu lihat, fine art agak sedikit rumit. Tapi siapa saja nggak dilarang untuk mencoba fine art photography, kok. Berikut ini adalah beberapa kiat yang dijamin bisa membantumu memulai langkah kecilmu.

1. Cari Inspirasi

Cari Inspirasi

Sumber: newatlas.com

Begitu kamu tahu ada hal besar tersembunyi di balik fine art photography, nggak salah kalau kamu ingin segera memulai. Pertama-tama, apa visimu? Pesan atau emosi apa yang mau kamu sampaikan? Gimana kamu akan melakukannya? Itu semua bisa menjadi pertanyaan yang sulit dijawab.

Sebelum memulai, kamu bisa mencoba beberapa saran sederhana yang mungkin membantumu dalam menemukan inspirasi. Bersihkan kepalamu, melangkahlah keluar dari cangkang, lakukan sesuatu dengan teman, pergi liburan, nonton film. Lakukan apapun yang kamu sukai. Kamu juga bisa mengintip karya-karya fine art fotografer lain untuk menumbuhkan inspirasi, lho!

2. Mulailah!

Mulailah!

Sumber: phlearn.com

Ingatlah, fotografi fine art sangat berbeda dari jenis fotografi lainnya. Kamu nggak butuh banyak peralatan untuk memulai. Kamu bahkan bisa langsung beraksi dengan kamera apapun yang ada di tanganmu.

Itulah kerennya fine art photography. Itu semua  adalah semua tentang gimana kamu menggunakan peralatan. Satu-satunya alat perang yang nggak boleh dilewatkan adalah tripod. Benda ini bakal sangat membantumu mendapatkan lebih banyak kesempatan untuk jadi kreatif.

3. Rahasianya…

Rahasia fine art photography

Sumber: davidleeblack.com

Buanglah beberapa pedoman fotografi biasa, karena dalam fine art photography kamu nggak perlu membuat wajah subjek terlihat. Subjekmu bisa saja memalingkan kepala dari kamera, atau bahkan kamu bisa memotong kepala mereka dari dalam bingkai.

Itulah salah satu hal hebat dari seni fotografi ini. Kamu punya kebebasan penuh. Tapi itu juga bisa menjadi kesulitan bagi pemula, karena mereka jadi nggak tahu dari mana harus memulai. Kenali modelmu, buatlah sederhana, temukan lokasi dengan makna, cobalah beberapa potret diri, adalah beberapa rahasia yang bisa membantumu menentukan ke arah mana kamu melangkah.

4. And Shooting Now!

And Shooting Now!

Sumber: unsplash.com

Nah, sekarang kamu sudah tahu tentang fine art photography. Kamu sudah mempelajari beberapa rahasianya untuk meningkatkan skill. Jadi, tunggu apa lagi? Ambil kameramu, keluarlah dan mulai mengabadikan beberapa foto fine art yang menakjubkan!

About author

Related posts
Fotografi

Jarang Diketahui, Ternyata Ini Perbedaan Bokeh dan Blur, Jangan Sampai Salah Lagi Ya!

Fotografi

8 Tren Fotografi yang Populer Tahun 2022, Keren dan Estetik!

Fotografi

Tips Melakukan Teknik Fotografi Flat Lay untuk Konten yang Ciamik

Fotografi

Cara Ampuh Menghindari Review Negatif Dari Pelanggan, Dengan Foto Produk Yang Sesuai!