Game & Teknologi

Kenali Fitur Baru Zoom 5.0 untuk Keamanan yang Lebih Baik

fitur baru zoom

Di masa pandemi Covid-19 ini, kita diharuskan bekerja dari rumah. Maka dari itulah demi kelancaran pekerjaan, hadir Zoom sebagai aplikasi video call atau panggilan video. Melalui Zoom, kita bisa berkomunikasi dengan rekan-rekan kerja dan teman-teman. Kemudian, dalam website Zoom, ditulis bahwa pengguna Android, iOS, Windows maupun Mac, bisa mengunduh aplikasi terbarunya yakni Zoom 5.0 dengan dilengkapi fitur keamanan yang sudah diperbarui. Fitur baru Zoom ini membuat kemananannya meningkat. Selain itu, simak fitur Zoom selengkapnya untukmu, seperti berikut.

Ikon Enkripsi Baru

fitur terbaru dari zoom

sumber: consumerreports.org

Enkripsi GCM yang digunakan untuk pembaruan sistem enkripsi bakal membuat ikon perisai enkripsi yang baru muncui di bagian atas kiri jendela Zoom Meeting. Ikon ini akan menunjukkan meeting yang aman yang sudah dienkripsi. Setelah melewati tanggal 30 Mei, warna perisai tersebut berubah jadi hijau. Semua pengguna akan mendapatkan perubahan ini, yang menunjukkan bahwa enkripsi GCM telah ditingkatkan. Jika kamu mengklik ikonnya, maka kamu akan diarahkan masuk ke halaman statistik yang menunjukkan enkripsi tambahan secara detail.

Enkripsi GCM 256-bit AES

Enkripsi GCM 256-bit AES mendukung sistem keamanan terbaru Zoom 5.0. Pada 30 Mei lalu, akun sudah diaktifkan di semua sistem enkripsi GCM. Sedangkan, yang bisa masuk dan bergabung dalam meeting hanyalah klien Zoom 5.0 atau versi lebih baru. Klien bisa menggunakan aplikasi Zoom untuk rapat mulai akhir Mei. Standar enkripsi GCM 256-bit AES memungkinkan pengguna untuk meningkatkan proteksi terhadap data-data rapat, serta memblokir gangguan selama berlangsungnya rapat. Ini meningkatkan jaminan integritas meeting melalui Zoom dan Zoom Video Webinar serta Zoom Telepon.

Mengakhiri dan Meninggalkan Rapat

fitur baru zoom meninggalkan rapat

sumber: consumerreports.org

Tindakan untuk mengakhiri dan meninggalkan rapat telah disempurnakan di Zoom 5.0. Kamu bisa melakukannya dengan lebih mudah dan lebih aman. Adanya pembaruan UI memudahkan host untuk memutuskan apakah akan meninggalkan atau mengakhiri rapat dengan jelas. Apabila host pergi, maka semua anggota rapat bisa memilih host baru dengan mudah, juga mempunyai hak untuk menjadi host.

Informasi Pusat Data Lebih Optimal

Ketika membuat jadwal rapat dan juga webinar, host bisa memilih wilayah pusat data. Selain itu, klien-klien Zoom juga bisa menunjukkan manakah pusat data yang terhubung denganmu pada ikon info di atas kiri jendela Zoom. Kamu pun bisa memperoleh detail pelengkap di dalam meeting dengan memilih Pengaturan Video, kemudian di dalam kontrol rapat, ketuk Statistik.

Fitur Laporkan Pengguna

fitur baru zoom

sumber: cbsistatic.com

Host rapat bisa melaporkan pengguna di dalam rapat jika pengguna tersebut diketahui sudah menyalahgunakan Zoom. Kamu bisa menemui fitur ini di dalam ikon Keamanan. Kamu bisa melaporkan tindakan penyalahgunaan tersebut kepada tim Zoom Trust & Safety sehingga bisa dilakukan tinjauan lebih lanjut. Laporan yang bisa kamu sampaikan adalah pelanggaran spesifik, deskripsi, serta opsi tangkapan layar. Fungsi Laporkan Pengguna ini aktif secara default, tapi kamu bisa mematikannya di tingkat akun, grup dan pengguna melalui portal Zoom web.

Demikian berbagai fitur keamanan terbaru di Zoom. Fitur baru Zoom ini akan membuatmu lebih nyaman dalam menggunakan Zoom untuk rapat. Aktivitasmu jadi lebih aman dan bahkan ada fitur untuk melaporkan pengguna yang diketahui menyalahgunakan Zoom. Tidak ada yang lebih menyenangkan daripada mengikuti rapat dengan aman dan nyaman. Tak ada lagi kekhawatiran yang membuatmu dan rekan-rekan lainnya waswas ketika sedang rapat. Semuanya kini benar-benar aman.

About author

Related posts
Game & Teknologi

Cara Kreatif Pakai GIF di Instagram Story Biar Makin Menarik

Game & Teknologi

Anti Ribet-Ribet Club, Begini Cara Back Up Konten Instagram

Game & Teknologi

Rekomendasi Terbaik Situs Text to Speech Gratisan dalam Bahasa Indonesia

Game & Teknologi

Cara Schedule Story Instagram Cocok Buat Akun Bisnis