Game & Teknologi

5 Fitur iOS 13 Paling Mutakhir yang Wajib Kamu Coba

Berapa banyak dari kalian yang merupakan pengguna terbaru iPhone nih? Satu, dua, sepuluh, ratusan, bahkan ada ribuan dong pastinya. Tahukah kamu jika sebentar lagi Apple bakalan menelurkan karya teknologi teranyarnya dengan iOS 14 yang diprediksikan bakal membawa banyak fitur baru yang super kece. Tapi sayangnya nih, karena pandemi Covid-19 yang terjadi saat ini, peluncuran tersebut harus mengalami penundaan. Sudah, jangan bersedih, ada baiknya kamu mencoba beberapa fitur iOS 13 yang juga tak kalah mutakhirnya nih sebelum sang penerus hadir secara resmi nanti. 

1. AirDrop Terkini dengan Dukungan Chip Ultra Wideband

Sumber: 9to5mac.com

Sering bertukar data seperti gambar, dokumen atau video dengan fitur AirDrop yang tersemat di iPhone? Kalau gitu kamu bakal menyukai pembaruan fitur iOS 13 yang sudah didukung dengan teknologi chip Ultra Wideband terkini. Teknologi chip Ultra Wideband ini hanya terdapat dalam ketiga iPhone seri terbaru yakni iPhone 11, iPhone 11 Pro, dan iPhone 11 Pro Max. Sedikit berbeda dengan iPhone terdahulunya, fitur ini akan memungkinkan kamu untuk terhubung dengan perangkat AirDrop lain yang kompatibel sehingga kamu akan mengetahui secara pasti ditunjukkan kepada siapa atau perangkat apa yang berada dalam satu lingkaran utama di bagian atas ponsel. 

2. Scroll Bar Baru yang Lebih Praktis 

Sumber: 9to5mac.com

Saat pengguna melakukan scrolling di halaman web di Safari, scroll bar baru muncul di sisi kanan layar di iOS 13. Dengan menggunakan scroll bar baru tersebut, pengguna dapat menggeser dengan lebih cepat saat sedang menjelajah internet. Untuk mencoba fitur iOS 13 ini, kamu bisa mulai mengakses scroll pada halaman yang sedang dibaca, lalu tekan lama pada scroll bar dan seret ke atas atau ke bawah. Semakin cepat kamu menyeret scroll bar baru tersebut, maka semakin cepat Safari akan menggeser mengikuti pergeseran tanganmu.

3. Pembaruan untuk Fitur Reminders

Sumber: 9to5mac.com

Perombakan teranyar juga dilakulan untuk aplikasi Reminders (pengingat). Pada iOS 13, aplikasi tersebut kini memiliki tab “Today”, “Scheduled”, “Flagged”, dan “All”, untuk menyaring tugas atau agenda yang dibuat pengguna. Apple juga telah mengintegrasikan kecerdasan buatan (artificial intelligence/AI) yang akan menyarankan, kapan pengguna ingin diingatkan. Pengguna juga bisa menandai kontak sehingga nantinya akan diingatkan kembali tentang agenda tertentu saat membuka pesan dari kontak yang ditandai tadi. Aktivitasmu akan semakin lancar dan tentunya terbantu dengan adanya fitur iOS 13 yang super kece ini dong. 

4. Akses Wi-Fi dan Bluetooth di Control Center

Sumber: 9to5mac.com

Kamu sering menghubungkan iPhone kesayanganmu dengan berbagai perangkat eksternal memakai bantuan Bluetooth seperti speaker maupun headset? Atau kamu masuk ke kategori pencari Wi-Fi sejati yang hobi bolak-balik ke laman pengaturan hanya untuk menemukan koneksi internet paling oke di sekitarmu? Tenang saja, OS 13 juga membawa solusi menarik yang pastinya ditunggu oleh banyak orang. Kini, pengguna bisa memilih jaringan Wi-Fi atau koneksi Bluetooth secara langsung dari Control Center. Dengan menekan beberapa saat tombol Wi-Fi atau Bluetooth, maka akan muncul pilihan jaringan atau koneksi yang tersedia. Praktis banget kan? 

5. Sharing Foto Tanpa Perlu Informasi Lokasi 

Sumber: 9to5mac.com

Fitur iOS 13 yang dikembangkan oleh Apple sangat memperhitungkan isu privasi. Pengguna sekarang dapat menghapus lokasi dari foto ketika membagikannya langsung dari aplikasi Foto. Fitur baru memungkinkan pengguna masih dapat melihat lokasi pengambilan foto (geotag) tetapi ketika pengguna membagikannya ke media sosial, email, atau jejaring pesan, pengguna dapat menghapus informasi tersebut. Untuk menggunakannya, pilih foto yang ingin pengguna bagikan lalu ketuk Options di bagian atas layar > nonaktifkan Location di bawah bagian yang berlabel Include.

About author

Related posts
Game & Teknologi

Cara Kreatif Pakai GIF di Instagram Story Biar Makin Menarik

Game & Teknologi

Anti Ribet-Ribet Club, Begini Cara Back Up Konten Instagram

Game & Teknologi

Rekomendasi Terbaik Situs Text to Speech Gratisan dalam Bahasa Indonesia

Game & Teknologi

Cara Schedule Story Instagram Cocok Buat Akun Bisnis