GenK LIFE

Meski Terdengar Aneh, 4 Fobia Aneh Ini Beneran Ada Loh

Tahukah kamu jika di dunia ini ada banyak sekali jenis fobia aneh yang bisa membuat orang yang mendengar geleng-geleng kepala? Ketakutan akan suatu hal atau kondisi tertentu bisa sampai ke titik yang sangat parah dan mengganggu seseorang dalam kehidupannya. Maka dari itu, kami sudah menyiapkan ulasannya di artikel berikut ini! 

1. Bibliofobia

Sumber: pexels.com

Bibliofobia adalah respon dari ketakutan berlebihan dan irasional terhadap buku, atau terhadap pembacaan teks tertentu terhadap buku, atau terhadap pembacaan teks tertentu. Beberapa dari kalian mungkin punya teman yang memiliki fobia aneh ini. Jenis fobia ini disebabkan oleh pengalaman negatif dengan buku, atau membaca, yang dapat dihasilkan oleh kurangnya pemahaman teks, gangguan neurologis yang dikembangkan pada anak usia dini, ejekan atau beberapa jenis pelecehan fisik dan psikologis karena tidak membaca dengan benar.

Fobia ini menghasilkan beragam gejala seperti keringat berlebih, kegelisahan dan tremor yang menyebabkan ketidaknyamanan dan kesulitan yang signifikan di lingkungan di mana individu berkembang. Menurut Jackson (1932), fobia ini disebabkan oleh takhayul, karena ada orang yang dikorbankan untuk pengetahuan mereka, seperti Galileo selama Inkuisisi. Demikian pula, itu juga dipupuk oleh kesedihan dari penulis terkenal tertentu, yang lebih memilih untuk menemukan sarana yang diperlukan untuk mencegah munculnya pengetahuan baru yang akan menyangkal satu yang mereka usulkan.

2. Androfobia

Sumber: pexels.com

Pernahkah kamu membayang ada orang yang memiliki ketakutan berlebih alias fobia aneh terhadap kehadiran pria? Yap, ini dia yang dinamakan androfobia. Androfobia berasal dari dua kata, yaitu andro yang berarti pria dan phobos yang berarti ketakutan. Secara umum, androfobia adalah fobia yang membuat seseorang merasa takut saat melihat pria di sekitarnya. 

Orang dengan androfobia dapat mengalami ketakutan yang berlebihan dan cenderung tidak masuk akal, dalam hal ini adalah pria. Padahal, pria yang ada di sekitarnya adalah pria normal yang tidak berbuat jahat atau menimbulkan bahaya. Akan tetapi, rasa cemas yang berlebihan bisa menyebabkan penderita androfobia menghindar. Penyebab androphobia masih belum diketahui dengan pasti. Para ahli menduga bahwa ada kaitannya dengan pengalaman negatif dengan pria di masa lalu, seperti pemerkosaan, kekerasan fisik, atau pelecehan seksual. 

3. Triskaidekafobia

Sumber: pexels.com

Apakah kamu menderita triskaidekafobia? Triskaidekafobia adalah perasaan takut berlebihan terhadap angka 13. Bagi seseorang yang menderita fobia aneh ini, angka 13 dianggap sebagai angka keramat yang memiliki daya magis, yang berujung pada kesialan. Seperti contoh berikut, sadarkah kamu bahwa banyak hotel atau gedung di Indonesia menanggalkan lantai 13, sehingga pengunjung hanya mendapati lantai 12 langsung ke 14. Saat melihat angka 13 di dalam lift, para penderita triskaidekafobia akan merasa tidak nyaman, mual, muntah, kesulitan bernafas, denyut jantung sangat cepat, berkeringat, dan perasaan panik berlebihan. Sehingga pihak hotel ataupun gedung akan menghilangkan angka 13 di lift, untuk menghindari kesan ‘sial’.

4. Heliofobia

Sumber: pexels.com

Berlanjut ke fobia aneh terhadap lingkungan yang mungkin membuatmu berpikir bahwa vampir itu beneran nyata. Orang yang menderita heliofobia akan melakukan apa saja untuk menghindari sinar matahari. Ketakutan mereka mungkin timbul dari kekhawatiran tentang kanker kulit atau bahkan kecemasan tentang ledakan matahari raksasa. Apapun penyebabnya, orang dengan rasa takut yang tidak masuk akal dari sinar matahari sering menunjukkan beberapa perilaku aneh, seperti menutup jendela mereka, mengenakan pakaian pelindung jika mereka harus pergi ke luar, dan bahkan menolak untuk pergi keluar sama sekali.

About author

Related posts
GenK LIFE

Fatherless : Bagaimana Peran Ayah Mempengaruhi Pertumbuhan Anak?

GenK LIFE

4 Hal Penyebab Jerawat Punggung dan Cara Mengatasinya

GenK LIFE

Pentingnya 3V dalam Public Speaking Biar Sukses Bicara di Depan Umum

GenK LIFE

Waspada Mental Block Bikin Produktivitas Menurun, Kenali Ciri dan Cara Mengatasinya