Fotografi

Foto Biasa Jadi Lebih Menarik dengan Teknik Focus Stacking

focus stacking

Kamu pastinya pernah tahu kan, foto yang memiliki fokus terhadap suatu objek dengan latar belakang buram? Buat kamu yang ingin belajar tentang fotografi, tentunya ingin menguasai teknik untuk menghasilkan foto semacam itu. Adapun teknik yang bisa buat kamu pelajari adalah dengan menggunakan teknik potret focus stacking.

Teknik ini banyak digunakan oleh para fotografer guna memberikan titik fokus yang lebih maksimal terhadap objek yang ingin ia potret. Pengen tau gimana tata cara menggunakan teknik focus stacking? Atau justru kamu belum tau apa itu teknik memotret focus stacking? Berikut akan dibahas tentang apa itu focus stacking dan bagaimana cara memaksimalkan hasilnya, Simak baik-baik ya Genks!

Pengertian Focus Stacking

Sumber Gambar : pexels.com

Buat kamu yang belum memiliki pengertian secara mendalam tentang apa itu focus stacking, teknik potret yang satu ini merupakan suatu teknik dalam fotografi yang memungkinkan kamu untuk mendapatkan hasil jepretan gambar yang memiliki fokus secara merata pada suatu benda dengan disertai sebuah latar belakang gambar yang buram atau blur.

Prinsip dari teknik ini sebenarnya cukup sederhana, di mana kamu hanya perlu beberapa kali menangkap gambar dengan titik fokus yang berpindah-pindah. Salah satu contohnya adalah jika kamu memotret dan memfokuskan kamera pada lampu mobil, maka area di sekitar lampu mobil tersebut akan lebih buram dengan lampu mobil yang kamu sorot dan menggunakannya sebagai titik fokus,

Penggunaan Software

Sumber Gambar : pexels.com

Agar hasil jepretan kamu semakin enak dipandang, tentunya kamu perlu melalui proses atau tahapan editing dengan menggunakan software. Terdapat beberapa Software yang bisa kamu gunakan untuk menumpuk atau menyatukan foto yang fokus, seperti Helicon Focus. Namun pada penjelasan kali ini, kamu akan mempelajari teknik editing tersebut dengan menggunakan Adobe Photoshop seperti berikut.

  1. Buka fitur Image Stack dengan memilih menu File, lalu Scripts, klik Load dan pilih Files into stack. 
  2. Masukkan gambar yang ingin kamu edit disini, tunggu proses load ke dalam layer Photoshop.
  3. Klik semua layer gambar yang ditampilkan dan buat tumpukan gambar tersebut sesuai urutannya dari yang paling bawah sampai atas.
  4. Pilih menu Edit, kemudian ke Auto-Align Layers.
  5. Klik Auto serta pilih OK.
  6. Jika tidak menggunakan tripod, maka akan terlihat sisi foto yang nggak beraturan, sehingga perlu dipotong dengan menggunakan Crop Tool.
  7. Lebur semua foto dengan memilih menu Edit, lalu Auto Blend-Layers.
  8. Klik Stack Images serta klik OK.
  9. Jadikan satu semua layer dengan pilih seluruh layer dan klik tombol kanan pada Mouse serta klik Merge Layer.

Tips Penting dalam Teknik Focus Stacking

Sumber Gambar : pexels.com

Untuk mendapatkan hasil potret yang bagus, terdapat beberapa tips yang bisa kamu lakukan agar hasil dari teknik memotret menggunakan focus stacking bisa maksimal. Di antaranya adalah dengan menggunakan tripod, kalaupun nggak ada media yang dapat kamu pakai, coba untuk menyisakan bidang kosong pada sekitar titik fokus potret agar bisa dilakukan cropping dengan baik.

Selanjutnya adalah kamu bisa menggunakan mode potret yang sama untuk setiap hasil jepretan foto. Untuk lebih baiknya, disarankan agar kamu menggunakan mode M atau yang biasa disebut dengan manual mode. Hal ini guna menjaga konsistensi dari hasil jepretan kamu dengan menggunakan teknik focus stacking.

Gimana nih? Pastinya kamu udah nggak sabar pengen nyoba kan? Sebagai informasi tambahan, ada baiknya jika kamu didampingi dengan seseorang yang sudah professional ya Genks! Hal itu pastinya guna mempercepat pemahaman kamu tentang segala macam teknik memotret agar nantinya juga bisa menjadi seorang fotografer profesional pula. Iya apa iya nih? Iya dong!

About author

Related posts
Fotografi

Bagus Banget! Berikut Cara Pewarnaan Foto Dengan Teknik Sepia Tone

Fotografi

3 Tips Unik dalam Wedding Videography, Dijamin Hasilnya Ciamik!

Fotografi

Bisnis Newborn Photography, Menarik dan Menjanjikan

Fotografi

Tips Meningkatkan Komposisi Foto Agar Lebih Menarik dengan Natural Framing