Game & Teknologi

Sering Mengalami Force Close di HP? Coba Cek Beberapa Hal Ini!

Kalian pernah nggak pas lagi asyik-asyik chat, tiba – tiba aplikasi kalian keluar-keluar sendiri? Nah itu biasanya disebut dengan istilah force close di HP. Pasti kesel banget kan? Apalagi kalau sedang up konten, ngegame ataupun sedang sibuk mengerjakan tugas. Apa sih, yang jadi penyebab dari masalah tersebut? Nah coba cek beberapa hal ini supaya kamu tahu apa penyebab dan solusi yang pas buat mengatasinya. Yuk simak terus!

  1. File Sampah atau Cache yang penuh

Sumber Gambar : hipwee

Setiap Hanphone pasti memiliki file cache yang jelas memutuhkan ruang penyimpanana. Makanya itu file cache dapat dihapus dari ruang penyimapanan HP kamu supaya ruang penyimpanan kamu bisa lebih longgar deh. Jadi jauh lebih lancar pastinya. Kalian juga bisa loh menghapus secara manual atau memakai aplikasi pembersih yang ada di Google Play Store.

  1. Aplikasi yang Corrupt atau memerlukan install

Force close di HP

Sumber Gambar : riaume.com

Apabila sudah dibersikan cache – nya namun masih tetap tetap lemot. Mungkin saja aplikasi yang kamu gunakan itu corrupt atau perlu install ulang agar bisa terunduh sempurna. Dengan menginstall ulang diharapkan bisa kembali normal aplikasinya. Ikuti cara mudah berikut ini:

  1. Masuk ke dalam pengaturan,
  2. Klik pengelola aplikasi
  3. Kemudian, cari aplikasi yang ingin di uninstall
  4. Pilih menu “Unisntall”

Nah cara di atas bisa kamu ikuti supaya lebih nyaman dana man tentunya. Semangat mencoba!

  1. Operating system tidak kompatibel

Force close di HP

Sumber Gambar : jalantikus.com

Mungkin ini juga penyebab lain dari sumber masalah yang ada di HP kamu. Apalagi saat ini banyak sekali aplikasi yang diperbarui menyesuaikan sistem operasi terbaru. Jika sistem operasi masih lama tentu membuat aplikasi punya kamu tidak kompatibel, akhirnya lemot dan kalau dibuka keluar-keluar sendiri. Untuk mengecek kenapa dengan HP kamu, bisa ikuti langkah-langkah ini:

  1. Masuk menu pengaturan,
  2. Pilih “About”,
  3. Klik “Check System Update”,
  4. Pilih “Donwload”,
  5. Tunggu sampai selesai,
  6. Setelah selesai, akan muncul konfirmasi untu proses rebort kemudian pilih “Restart”
Baca Juga :   8 Situs Rekomendasi Belajar Coding untuk Pemula Sampai Pro

Itulah yang bisa kalian lakukan apabila aplikasi sering lemot ataupun keluar – keluar sendiri.

  1. RAM Penuh

Force close di HP

Sumber Gambar : kompas.com

Random Access Memory atau yang lebih dikenal dengan istilah RAM, bisa membantu kinerja prosesor HP dengan lebih baik loh. Jika kapasistas RAM yang ada di HP kamu maka itu akan lebih cepat membantu memproses data atupun aplikasi yang sedang akan kamu buka.

Kamu juga langsung bisa membuka aplikasi yang banyak dalam satu waktu. Maka dari itu kamu harus cek berapa kapasitas RAM HP kamu dan hapus aplikasi mana yang jarang kamu pakai atau bahkan tidak pernah terpakai. Atau kamu lebih membutuhkan banyak aplikasi RAM yang membantu memuat banyak aplikasi?

Nah banyak sekarang merk HP yang akan mendukungnya. Seperti Vivo V21. Vivo resmi dikenalkan pada bulan Juni lalu. Vivo juga menghadirkan produk terbaik bagi para penggunanya dalam masa pandemik seperti ini. Menghadirkan fitur seperti 8GB + 3GB Extended RAM, vivo V21 juga mendukung smartpone dan yang relevan dan multitasking.  Bisa download berbagai aplikasi dan juga drakor ataupun game sebanyak – banyaknya nih, hehehe!

Itu tadi, beberapa alasan mengapa kamu sering mengalami force close di HP atau pun tiba-tiba lemot dan macet. Nah kamu juga bisa menggunakan cara-cara di atas untuk mengatasi permasalahan tersebut. Cara mana yang ingin kamu coba? Semangat dan terus mencoba, ya.

About author

Related posts
Game & Teknologi

Pengen Merubah Foto Jadi Anime? Coba Aplikasi Ini!

Game & Teknologi

Punya Masalah Susah Tidur? Ini Dia Aplikasi Untuk Atasi Insomnia!

Game & Teknologi

Pakai Chipset Snapdragon, Ini dia 5 Smartphone Nokia Terbaik

Game & Teknologi

Rekomendasi Software Rekam Layar PC Terbaik Untuk Bantu Live streaming Kamu!

Leave a Reply

Your email address will not be published.