Fotografi

Foto Candid Jadi Berkesan dengan Cara Ini, Hasil Mirip Pro!

foto-candid

Hobi selfie mungkin sudah biasa. Tapi, pernah nggak sih kamu mencoba foto candid? Teknik memotret ini memang kelihatannya simple banget. Pokoknya, kamu ambil saja foto-foto temanmu tanpa mereka sadari. Itu udah termasuk candid, kan? Eh, ternyata candid photography nggak sesederhana itu, lho. Emang, fotografi jenis ini kelihatannya mengandalkan spontanitas. Tapi, ternyata kamu tetap butuh teknik fotografi yang tepat supaya, hasil fotografi candidmu juga kelihatan lebih hidup dan berkesan. Nah, bongkar satu-satu yuk cara bikin candid yang tepat berikut ini!

1. Pilih Perangkat yang Tepat

perangkat-foto-candid

Ilustrasi foto candid (Sumber: static.photocdn.pt)

Sebenarnya, jenis kamera apapun bagus-bagus aja kok buat tipe foto candid. Tapi, aspek paling penting yang harus kamu perhatikan adalah jenis lensanya. Buat jenis fotografi candid, lebih baik pakai lensa kamera dengan panjang paling nggak sekitar 70 – 200 mm. Kenapa?

Dengan kamera lensa sepanjang itu, kamu jadi bisa memberikan jarak antara kameramu dengan objek fotomu. Misalnya, kamu mau dapat foto anak-anakmu yang lagi main bareng teman-temannya. Kalau mereka tahu kamu menenteng kamera di dekatnya, pasti tingkah laku anak-anakmu jadi nggak natural. Nggak jadi dapat momen candid, dong! Dengan lensa kamera sepanjang itu, kamu bisa menangkap momen-momen penting yang terjadi saat itu.

2. Manfaatkan Kemampuan Observasimu

kemampuan-observasi

Candid photography (Sumber: weddingkumagazine.files.wordpress.com/)

Modal utama dari seorang fotografer candid adalah kemampuan observasi. Kamu harus bisa menangkap momen-momen tertentu yang berkesan yang ada di sekitarmu. Misal, kamu lagi jalan-jalan di kawasan alun-alun yang penuh dengan orang. Kalau kamu perhatikan dengan teliti, banyak banget lho momen berkesan yang bisa banget dijadikan bahan foto candid.

Nggak cuma momen aja, kamu juga harus perhatikan paparan cahaya, angle terbaik, peristiwa menarik apa yang terjadi di latar belakang, dan elemen lainnya yang bisa kamu tangkap di dalam foto tersebut.

About author

Related posts
Fotografi

Mengenal Segitiga Exposure Biar Semakin Jago Fotografi

Fotografi

Cara Menerbangkan Drone untuk Videografi

Fotografi

Low Light Photography Hacks untuk Dapatkan Hasil Jepretan yang Mengesankan

Fotografi

Jarang Diketahui, Ternyata Ini Perbedaan Bokeh dan Blur, Jangan Sampai Salah Lagi Ya!