Creativepreneur and Career

8 Tips Memilih Foto LinkedIn yang Tepat dan Profesional

kreativv ID

Sebagai sebuah platform media digital, foto profil yang kamu gunakan di akun LinkedIn-mu punya fungsi yang sangat penting terlebih untuk personal branding. Layaknya media sosial, foto profil LinkedIn dapat menjadi cerminan karakter dari sang pemilik akun. Apalagi buat kamu yang memang ingin menampilkan persona terbaik sebagai seorang profesional di bidang pilihanmu. 

Berdasarkan riset resmi yang dilakukan oleh LinkedIn, hanya dengan menambahkan foto profil, kesempatan akunmu untuk dilirik pengguna lainnya akan meningkat hingga 14 kali lipat. Jadi bisa dibayangkan dong betapa pentingnya fungsi dari sebuah foto profil. Memilih foto LinkedIn juga gak boleh sembarangan loh. Nah, berikut ini kami punya beberapa tips yang disadur dari LinkedIn Business Solution untuk mendapatkan foto profil yang bisa menciptakan first impression yang baik. 

1. Gunakan Foto yang ‘Kamu’ Banget

Maksud dari foto yang ‘kamu’ banget adalah foto yang dapat dengan jelas memperlihatkan siapa dirimu sebenarnya saat bertemu dengan orang lain secara langsung. Beberapa kasus yang paling sering terjadi adalah orang kerap kali menggunakan foto dirinya yang diambil 10 tahun lalu. Mungkin saja ketika itu masih menggunakan kacamata, kawat gigi, atau punya potongan rambut yang sama sekali berbeda dengan sekarang. 

Foto LinkedIn 1

Selalu gunakan foto terbaru untuk profil LinkedIn (sumber: business.linkedin.com)

Foto seperti contoh di atas tentu saja merupakan sebuah big ‘NO’! Bayangkan saja betapa recruiter atau calon kandidat akan terkejut ketika bertemu pertama kali. Maka dari itu selalu pastikan untuk selalu menggunakan foto diri yang paling up-to-date, dengan rentang waktu pengambilan beberapa tahun terakhir. Pastikan foto yang kamu pilih mirip dengan tampilan kamu sehari-hari, tanpa terlalu banyak perbedaan yang drastis. 

2. Foto dengan Resolusi Tinggi 

Ukuran ideal untuk foto profil LinkedIn adalah 400 x 400 pixel, dengan maksimal file sebesar 8 MB. Hindarilah memakai foto dengan resolusi yang rendah, apalagi kalau sampai hasilnya buram. Opsi terbaik yang dapat kamu lakukan adalah dengan mengambil foto baru dengan kualitas yang mumpuni, bisa memakai kamera profesional atau kamera HP biasa. 

3. Rasio Wajah di Foto Profil 

Kalau foto kamu dari kejauhan di puncak Menara Eiffel mungkin bisa mengundang banyak likes di Instagram, foto tersebut akan kurang ideal jika digunakan di LinkedIn. Untuk menampilkan visual yang ideal dan profesional di akunmu, usahakan untuk menggunakan foto dengan minimal rasio wajah di frame sebesar 60% atau dalam close-up shot. Cukup crop foto sehingga yang terlihat hanyalah bagian bahu ke atas saja, jadi wajahmu bisa tampak dengan jelas. 

4. Gak Perlu Rame-Rame, Cukup Kamu Saja 

Foto LinkedIn 2

Gunakan foto kamu seorang agar tidak membingungkan (sumber: business.linkedin.com)

Tips berikutnya yang mungkin sudah cukup jelas bagi banyak pengguna LinkedIn adalah menggunakan foto dirimu seorang. Profil akun yang pribadi tentu saja membutuhkan para pengguna untuk dapat melihatmu dengan seksama. Maka dari itu keberadaan orang lain di dalam frame bisa cukup mengganggu untuk recruiter menentukan yang mana sosok dirimu sebenarnya. Gunakanlah foto kamu saat sendirian dan bukan dengan meng-crop sebuah foto grup untuk meminimalisir munculnya bagian dari orang lain yang tidak diinginkan. 

5. Minta Bantuan Orang Lain

Foto profil LinkedIn yang terlihat profesional tentu saja mesti memperlihatkan sisi terbaikmu dari sudut yang tepat. Meskipun kamu dapat menggunakan kamera HP, mengambil foto selfie untuk profil akunmu bukanlah yang tepat untuk dilakukan. Mintalah bantuan rekan kerja atau orang lain untuk mengambil foto dirimu agar hasil yang didapatkan bisa maksimal. Kamu pun gak perlu bolak-balik untuk mengambil foto berulang kali dan bisa lebih fokus untuk berpose serta mengatur gaya yang paling oke. 

6. Ekspresi Wajah yang Pas

Personal branding dapat dibentuk dari berbagai hal, termasuk lewat foto profil LinkedIn kamu. Jadi kalau kamu ingin membangun personal branding yang serius, foto ala KTP dengan mimik serius bisa jadi pilihan. Meskipun pada dasarnya tidak ada aturan pasti yang mengatur ekspresi wajah untuk foto LinkedIn, menampilkan senyum pada profil bisa membuatmu terlihat lebih ramah dan approachable

Foto LinkedIn 3

Senyuman terbaik adalah kunci kesan pertama yang baik

Menurut studi yang dilakukan LinkedIn dari 800 foto profil, orang-orang akan memberikan impresi dirimu sebagai sosok yang kompeten, supel, dan berpengaruh jika kamu tersenyum di foto. Apalagi kalau senyumnya sambil memperlihatkan gigi, dijamin kamu akan memberikan kesan yang lebih baik. Kuncinya adalah dengan berlatih di depan cermin untuk menemukan ekspresi yang paling cocok untuk dirimu.  

7. Perhatikan Latar Belakang 

Selain ekspresi dan rasio foto yang sesuai, pemilihan latar belakang juga tak boleh disepelekan. Perhatikanlah latar belakang tempat kamu mengambil foto. Jangan sampai latar belakang foto membuat orang kehilangan fokus darimu dengan tampilan yang terlalu mencolok. Misalnya dengan ketika kamu berpose dengan latar taman bunga warna-warni atau di depan tembok bergambar. 

Pastikan kalau semua pandangan tertuju padamu dan bukan ke objek lain. Cara yang paling simpel tentunya bisa dengan berfoto di depan latar polo, atau editing untuk mendapatkan background yang sesuai dengan keinginanmu. Kunci adalah untuk mendapatkan foto profil minimalis yang nyaman dilihat. 

8. Pakaian Apa yang Harus Kamu Kenakan?  

Ini dia pertanyaan yang sering membingungkan banyak pengguna LinkedIn. Jawabannya relatif, disesuaikan dengan industri yang sedang atau ingin kamu geluti. Kenakanlah pakaian yang sekiranya umum dipakai oleh para profesional dan orang-orang yang bekerja di bidang pekerjaan tujuanmu. 

Foto LinkedIn 4

Kenakanlah pakaian yang sesuai dengan industri dan bidang pekerjaan yang kamu geluti

Semisal untuk para pekerja eksekutif di industri perbankan, tampilan formal dengan kemeja panjang, dasi, dan jas merupakan standar yang umum digunakan. Sementara para pekerja di industri kreatif bisa tampil lebih casual, tergantung dari kebijakan dan budaya yang ada di kantor masing-masing. Cara paling mudah adalah dengan mengintip profil para pekerja di tempat tujuanmu dan tiru pakaian mereka kenakan. 

Nah, buat kamu yang masih kurang percaya diri cara berpose di depan kamera, simak juga artikel tips tampil photogenic di depan kamera. Dijamin foto LinkedIn kamu akan terlihat lebih kece dan pastinya tampak profesional. Selamat mencoba!

About author

Related posts
Creativepreneur and Career

Ideal untuk Pebisnis Pemula, Kenalan dengan Bisnis Model Canvas Yuk!

Creativepreneur and Career

Pengertian Temperatur Market dan Cara Mengoptimalkannya untuk Kesuksesan Bisnismu

Creativepreneur and Career

10 Skill Wajib di Tahun 2025 yang Perlu Kamu Milik

Creativepreneur and Career

Cara Cepat Meningkatkan Bisnis Online Dijamin Berhasil