Fotografi

Tips Fotografi Malam Hari Like A Pro dengan Smartphone!

fotografi malam hari dengan smartphone

Memotret saat malam hari menjadi suatu tantangan tersendiri terlebih jika gear yang kamu gunakan hanyalah sebuah smartphone. Dikatakan memiliki tantangan tersendiri karena dengan tidak cukupnya cahaya yang dapat menerangi objek, kecanggihan lensa pada smartphone juga tidak sehebat kamera-kamera full-frame pada umumnya. Namun saat ini, sudah banyak smartphone terbaru yang dilengkapi dengan fitur manual untuk mempersilakan penggunanya dalam mengatur segala hal agar mampu memotret dengan hasil lebih bagus, terutama di malam hari. Nah, berikut ini ada tujuh tips fotografi untuk memotret saat malam hari menggunakan smartphone.

1. Beralih ke Mode Manual

mode manual kamera

sumber: androidpit.com

Rata-rata smartphone terbaru sudah dilengkapi dengan mode manual, hanya saja kebanyakan penggunanya justru belum menyadari keberadaan fitur ini. Untuk mengakses fitur manual, maka kamu dapat langsung menuju ke menu pengaturan kamera. Ketuk ikon pengaturan lalu cari mode manual atau pro. Meskipun memotret saat malam hari, hasil foto bisa jadi lebih baik dengan mode manual. Hal ini karena pada mode manual terdapat pengaturan fitur secara individu yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan.

2. Mainkan Segitiga Exposure

teknik fotografi segitiga exposure

sumber: fstoppers.com

Teknik fotografi yang satu ini memang familiar, tapi sangat jarang diaplikasikan terutama oleh pengguna kamera smartphone. Teknik ini adalah dengan menggunakan fitur penting yang ada di mode manual adalah segitiga exposure yang terdiri dari ISO, shutter speed, dan aperture. Atur ketiga komponen ini untuk menghasilkan foto yang apik. Khususnya untuk memotret di malam hari, maka kamu bisa memainkan ISO yang rata-rata tersedia mulai dari 100 sampai 3200. Setelah itu, atur shutter speed serta aperturenya. Semakin lama durasi shutternya maka akan semakin terang foto yang akan didapatkan.

Baca Juga :   Intip Rahasia Foto Close Up Untuk Pemula yang Bikin Hasilnya Lebih Pro!

3. Gunakan Tripod

tripod

sumber: unsplash.com

Tips fotografi di malam hari selanjutnya adalah, jangan lupa untuk menggunakan tripod. Tips ini bermanfaat banget untuk pemotretan malam hari. Karena pada malam hari, kita akan menggunakan shutter speed. Ini adalah teknik dasar dalam pencahayaan. Penggunaan tripod penting banget apalagi jika kamu ingin memotret dengan shutter speed yang tinggi. Hal itu dikarenakan dengan semakin lambatnya lensa menutup, maka kemungkinan shaking juga besar. Untuk mengatur shutter speed selama 16 detik pun akan terasa aman-aman saja karena tangan tidak pegal memegang smartphone di posisi yang sama. Sebaliknya jika kamu tidak menggunakan tripod maka sedikit gerakan saja sudah bisa menghancurkan hasil foto. Ketika menggunakan mode manual pun, waktu pengambilan akan terasa sedikit lebih lama dibandingkan mode kamera biasa.

About author

Related posts
Fotografi

Cara Ampuh Menghindari Review Negatif Dari Pelanggan, Dengan Foto Produk Yang Sesuai!

Fotografi

Komposisi dan Pencahayaan Dibalik Foto Interior yang Menarik

Fotografi

Begini Caranya Fotografi Melatih Memori Kamu

Fotografi

Tips Membuat Video Pernikahan Sendiri Biar Lebih Hemat Bujet