Fotografi

Tips Fotografi Malam Hari Like A Pro dengan Smartphone!

fotografi malam hari dengan smartphone

4. Hindari Memperbesar Objek

teknik zoom kamera

sumber: indiaaheadnews.com

Memperbesar objek atau zoom bukanlah pilihan yang tepat baik untuk memotret saat malam hari. Memotret saat malam hari dengan cahaya yang redup seringkali sudah menimbulkan noise pada hasil foto. Jika kamu melakukan zoom maka noise yang muncul akan nampak semakin parah. Pilih untuk mendekati objek daripada harus memperbesar dari kejauhan.

5. Maksimalkan Penggunaan Aplikasi Edit Foto pada Smartphone

aplikasi edit foto

sumber: unsplash.com

Edit foto sempat dipandang miring oleh sebagian orang apalagi dianggap sebagai bagian dari teknik fotografi. Meski demikian, tidak ada salahnya untuk kamu melakukan edit foto demi hasil foto yang lebih baik. Lagi pula, aplikasi edit foto juga tersedia banyak dan mudah di unduh ke smartphone kamu. Untuk memotret pada malam hari, kamu perlu menitikkan fokus pada objek tertentu. Bisa juga kamu menajamkan atau meredupkan cahaya tertentu agar hasil foto menjadi lebih menarik. Kamu bisa memberikan efek dramatisasi atau menonjolkan cerita yang ingin disampaikan pada sebuah foto.

6. Manfaatkan Backlight Malam Hari

teknik fotografi malam hari

sumber: deviantart.com

Backlight seringkali dihindari karena hanya menghasilkan foto berwarna hitam. Di sisi lain, backlight memberikan nuansa foto yang lebih estetik, contohnya menghasilkan efek siluet. Kamu bisa memanfaat backlight ini sebagai kelebihan untuk memotret di malam hari. Di tengah perayaan penuh sorot cahaya, kamu bisa mengambil foto dengan satu point of interest dengan latar belakang cahaya warna-warni. Siluet akan membuat objek semakin nyata dan kuat. Untuk bisa mendapatkan hasil foto ini, biasanya kamu hanya perlu menyentuh di titik tertentu pada layar smartphone kamu sebelum memotret objek.

7. Optimalkan Objek Lampu Outdoor

optimalisasi outdoor lamp pada malam hari

sumber: alibaba.com

Lampu outdoor kebanyakan cukup estetik untuk dijadikan objek foto. Kamu bisa menghasilkan objek foto sederhana dengan hanya memusatkan foto pada lampu malam hari. Beberapa lampu outdoor yang bisa dimanfaatkan untuk objek latar belakang yaitu lampu tulisan neon, penerangan jalan, dan lampu taman sekalipun.

Tujuh tips fotografi saat malam hari ini bisa kamu coba untuk mendapatkan hasil foto yang lebih baik. Semakin terampil kamu memanfaatkan fitur-fitur yang ada di kamera smartphone maka hasil foto akan jadi jauh lebih baik.

Editor: Isyhari Mahesawar

About author

Related posts
Fotografi

Jarang Diketahui, Ternyata Ini Perbedaan Bokeh dan Blur, Jangan Sampai Salah Lagi Ya!

Fotografi

8 Tren Fotografi yang Populer Tahun 2022, Keren dan Estetik!

Fotografi

Tips Melakukan Teknik Fotografi Flat Lay untuk Konten yang Ciamik

Fotografi

Cara Ampuh Menghindari Review Negatif Dari Pelanggan, Dengan Foto Produk Yang Sesuai!