leadersingle

Ayo Belajar Macro Photography!

Dibaca Normal: 5 menit aja
macro photography

Kamu pernah mendengar tentang macro photography? Teknik fotografi yang satu ini memang memiliki keunikan tersendiri, yaitu mampu menunjukkan gambar yang detail akan suatu objek. Tanpa kamu sadari, sebenarnya teknik ini kerap digunakan untuk pemotretan iklan di majalah dan lain-lain. Namun, namanya yang masih asing di telinga sebagian orang ini membuat teknik ini kurang dikenal.

Apa Itu Macro Photography?

[Melihat_Detail_dengan_Macro_Photography]_1

Foto lebah menggunakan macro photography (sumber: pexels.com)

Macro photography adalah sebuah teknik fotografi yang dilakukan dengan cara memotret objek dengan jarak yang sangat dekat, supaya mendapatkan detail yang tinggi tanpa harus menggunakan alat pembesar optik seperti mikroskop, melainkan menggunakan jenis lensa macro. Teknik fotografi ini umumnya memiliki rasio 1:1, di mana besar gambar yang dihasilkan saat memotret akan sama dengan ukuran objek yang asli. Saat ini kamera DSLR sudah memiliki mode makro yang membantu para penggunanya untuk memotret objek yang jauh menjadi lebih dekat. Kamera jenis ini mampu memotret makro tanpa memerlukan lensa makro khusus atau aksesori kamera lainnya.

Objek yang digunakan di dalam macro photography sebetulnya bisa berupa apa saja, baik makhluk hidup maupun benda mati. Contoh makhluk hidup yang dijadikan objek fotografi ini adalah bunga, dedaunan, kumbang, belalang, kupu-kupu, dan lain-lain. Sedangkan contoh benda mati yang dijadikan objek fotografi ini adalah perhiasan, pensil, tetesan air, dan lain-lain.

UPDATES

Slider

UPDATES

Slider

Baca Juga
Serunya Memotret dengan Disposable Camera

Alat untuk Memotret Macro Photography

[Melihat_Detail_dengan_Macro_Photography]_3

Lensa makro (sumber: dancarrphotography.com)

Kalau kamera kamu belum memiliki fitur makro, kamu memerlukan lensa makro khusus. Lensa tipe ini umumnya memiliki perbesaran 1:1 atau ada juga yang lebih dari itu. Akan tetapi, untuk memiliki lensa makro, kamu perlu merogoh kocek dalam-dalam, karena harganya yang cukup mahal. Walaupun begitu, memotret makro cukup digandrungi di kalangan fotografer loh. Dengan menggunakan lensa makro, fotografer bisa melakukan eksperimen untuk memotret makhluk hidup atau benda mati secara detail. Sehingga objek tersebut terlihat besar di dalam frame.

Eits, tapi kamu tidak perlu khawatir, karena ada beberapa alternatif lain yang bisa kamu aplikasikan saat memotret makro. Kamu bisa menggunakan extension tube, reverse ring, atau menggunakan filter close up. Supaya kamu lebih paham, yuk bahas satu per satu!

Baca Juga
Mengenal 11 Jenis Aturan Komposisi dalam Fotografi

Quizzes

Slider

Quizzes

Slider

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Artikel Terkait
Fotografi

Memanfaatkan Cahaya Minim dengan Low Light Photography

Fotografi

Rahasia Mobile Photography pt. 2: Komposisi Fotografi

Fotografi

6 Kamera Digital yang Cocok Dibawa Travelling

Fotografi

Food Photography Tips - Part 2. Komposisi dan Komponen Foto

Fotografi

Biar Foto Lebih Ciamik, Dapatkan Point of Interest dengan Cara Ini

Fotografi

Gak Cuma Golden Hour, Ternyata Ada Blue Hour Photography, GenK!

      TRENDING
#CoronaVirus
Next >>