Gak Cuma Golden Hour, Ternyata Ada Blue Hour Photography, GenK!

Dibaca Normal: 4 menit aja
blue hour photography

Di saat-saat tertentu, langit tampak berwarna biru yang indah dipandang mata. Momen seperti ini dinamakan dengan blue hour. Tidak cuma sampai di situ, keadaan langit berwarna biru ini dapat dijadikan sebagai salah satu jenis fotografi loh. Ingin tahu lebih lengkap soal blue hour photography? Simak penjelasannya berikut.

Mungkin kamu sudah tidak asing lagi dengan istilah golden hour photography, yaitu memotret di jam-jam saat cahaya matahari berwarna keemasan. Tapi selain golden hour ternyata ada yang namanya blue hour photography. Wah apaan tuh?

Jika kamu tertarik untuk mengenal lebih dalam soal jenis fotografi yang satu ini, yuk kita jelajahi bersama dimulai dari pengertiannya. Cekidot!

UPDATES

Slider

UPDATES

Slider

Apa Itu Blue Hour Photography?

blue hour 1

Blue hour (sumber: creative-photographer.com)

Keindahan hamparan langit di malam hari memang mampu memanjakan setiap mata yang melihatnya. Lebih-lebih lagi kalau kamu beruntung melihat bulan dan bintang secara jelas yang mempercantik pemandangan malam kala itu. Bawaannya jadi pengen diabadikan dengan kamera deh

Ketika memeriksa hasil jepretanmu, langit malam terlihat biru di foto. Bisa jadi karena kamu memotret di saat blue hour, GenK. 

Blue hour adalah keadaan saat langit terlihat biru, yaitu sebelum matahari terbit di pagi hari dan sesudah matahari terbenam di sore hari.

Saat itu langit tidak benar-benar gelap, melainkan cenderung berwarna kebiru-biruan. Kegiatan memotret di waktu seperti itu disebut dengan blue hour photography atau blue light photography

Baca Juga
Mengabadikan Keindahan Galaksi dengan Cara Foto Milky Way

Kapan Waktu Blue Hour?

Seandainya kamu tertarik untuk belajar blue hour photography, kamu mesti tahu dulu nih kapan waktu yang tepat untuk memotretnya. Seperti yang sudah kami sampaikan di atas, blue hour terjadi saat sebelum matahari terbit dan sesudah matahari terbenam. 

blue hour 2

Waktu terjadinya blue hour (sumber: creative-photographer.com)

Lebih tepatnya pada jam 7-7.30 pagi dan 6.40-7 malam. Kondisi langit berwarna biru hanya bertahan selama 20 sampai 40 menit lamanya. Sehingga kamu mesti buru-buru memotret sebelum kehilangan momen tersebut. 

Tapi aturan jam ini tidak menjadi patokan, tergantung lokasi dan cuaca saat kamu hunting foto. Warna biru yang dihasilkan pun tidak selalu sama setiap kali memotret, GenK. 

Oh iya, saat-saat blue hour seperti itu sangat cocok jika diterapkan pada city photography. Di perkotaan, lampu bangunan dan lampu jalanan masih menyala, menjadikannya sebagai waktu yang ideal untuk memotret suasana perkotaan dengan latar nuansa langit berwarna kebiruan. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Artikel Terkait
Fotografi

Membangun Cerita lewat Gambar dengan Photo Story - Part 1. Pengertian

Fotografi

5 Tripod Kamera Murah Terbaik Harga di Bawah 1 Juta

Fotografi

4 Aplikasi Edit Foto Polaroid di Android dan iPhone Gratis

Fotografi

Inspirasi Background Keren untuk Toy Photography

Fotografi

Memotret Keindahan Bayangan lewat Shadow Photography

Fotografi

Tutorial Cara Membuat Ink Photography Versi Low Budget

Quizzes

Slider
      TRENDING
#CoronaVirus
Next >>