Cara Mengedit Foto ala Polaroid

Dibaca Normal: 5 menit aja
cara membuat foto polaroid

Gak punya kamera polaroid tapi pengen punya fotonya? Yuk simak cara membuat foto polaroid sendiri! Bikin sekece mungkin, GenK!

Kamera polaroid adalah kamera yang bisa digunakanan untuk memotret foto secara instan di mana kamu dapat mencetak dan memegang hasil fisik jepretan foto tanpa memerlukan waktu yang lama. Sekali memotret maka hasilnya bisa langsung tercetak.

Karena ukurannya yang kecil dan tidak terlalu berat, kamera polaroid kerap dibawa sebagai teman untuk travelling. Bagus digunakan untuk memotret keindahan tempat yang kamu datangi.

Cara Membuat Foto Polaroid 1

Contoh hasil foto dari kamera polaroid (sumber: pexels.com)

Tapi kamera yang masih menjadi tren sampai sekarang ini memiliki harga yang cukup mahal. Apalagi buat kamu yang sedang menghemat budget. Namun meski mahal, foto yang dihasilkan oleh kamera ini memiliki ciri khas yang sangat kece. Ala-ala anak estetis gitu, GenK.

Eits, tapi kamu tidak usah pusing-pusing lagi, karena sekarang kami akan membagikan cara membuat foto polaroid tanpa kamera polaroid. Caranya mudah banget! Bahkan bisa kamu buat di ponselmu.

Yuk kita simak penjelasan selengkapnya!

Tips dan Trik Mengedit Foto ala Polaroid

Untuk menghasilkan foto yang mirip dengan yang dihasilkan oleh kamera Polaroid asli, kami punya beberapa tips dan trik yang bisa kamu gunakan saat mengedit. Apa saja sih? Ini dia poin-poinnya!

  1. Pilih filter yang mirip dengan polaroid asli. Misalnya warna yang dominan gelap dengan bayangan di sudut-sudut foto. Bayangan seperti ini disebut dengan vignette.
  2. Nyalakan pengaturan flash kamera jika kamu menggunakan ponsel. Umumnya, foto polaroid yang dihasilkan menggunakan flash kamera.
  3. Jika mengedit di ponsel, naikkan kontras gambar.
  4. Ketahui ukuran foto polaroid. Nah, kertas film ini ada ukurannya, GenK, seperti 2R (5,6 x 8,9 cm) dan 3R (8,9 x 12,7 cm).
  5. Install aplikasi edit foto polaroid instan di ponselmu.
Baca Juga
5 Tips Fashion Fotografi dengan HP untuk Tampil Lebih Memukau

Aplikasi Edit Foto Polaroid

Sekarang semuanya sudah serba instan. Termasuk untuk membuat foto ala polaroid nih, GenK. Berikut adalah beberapa rekomendasi aplikasi edit foto polaroid yang bisa kamu unduh secara gratis. Cekidot!

1. InstaLab

aplikasi instalab

Aplikasi InstaLab (sumber: apps.apple.com)

Aplikasi yang akan kami bahas pertama adalah InstaLab. Di sini kamu dapat membuat foto polaroid ala kamu sendiri. Bukan hanya memotret, tetapi kamu dapat membuat frame polaroid otomatis di sini.

Adapun fitur lain yang tersedia untukmu, seperti warna dan tekstur vintage, filter eksklusif yang usang, font tulisan tangan untuk menandai foto, dan masih banyak lagi. Semua bisa kamu lakukan hanya dengan memotret langsung atau mengimpor foto dari galeri.

Foto, cetak, dan bagikan ke media sosial kamu. Praktis banget!

Bernostalgialah dengan aplikasi ini dan dapatkan hasil edit foto polaroid yang mengagumkan. Langsung saja unduh di App Store atau Play Store secara gratis. Ini bisa menjadi salah satu cara membuat foto polaroid dengan cepat dan mudah.

2. InstaMini – Instant Cam, Retro Cam

aplikasi instamini

Aplikasi InstaMini (sumber: play.google.com)

Berikutnya adalah aplikasi InstaMini yang dirilis oleh JP Brothers, Inc. Merupakan aplikasi untuk membuat foto polaroid di ponsel kamu, GenK. Aplikasi ini memungkinkan kamu untuk membuat format polaroid secara instan. Tinggal foto dan sudah tersedia frame-nya.

Di sini kamu juga bisa memilih tipe kamera, seperti Candymini 2017, Instamini since 1977, Candica 2016, Candysquare 2018, Candy flash since 1957, Toy Candy 2019.

Setelah memilih tema, kamu bisa langsung memotret ala polaroid. Tersedia juga viewfinder untuk memastikan posisi objek yang ditangkap lensa kamera.

Mereka memberikan 10 film per hari yang bisa kamu gunakan. Akan tetapi kamu perlu berlangganan untuk menikmati semua fasilitasnya dengan sepuasnya. Meskipun berbayar, tetapi aplikasi ini worth it untuk diunduh.

Baca Juga
Istilah Kamera Analog yang Harus Kamu Ketahui

3. PolyCam – Vintage Filters Cam, Aesthetic Leak Effect

aplikasi polycam

Aplikasi PolyCam (sumber: appadvice.com)

Aplikasi edit foto yang berikutnya adalah PolyCam yang dirilis oleh Wonder App Team pada 23 April 2018 di Android. Terhitung hingga saat ini, aplikasi PolyCam sudah diunduh oleh lebih dari satu juta pengguna.

Aplikasi ini menawarkan fitur 25+ filter kamera vintage, efek kamera retro, 30+ efek overlay, bingkai foto unik seperti kertas instax, tekstur frame sangat bervariasi, mengedit dengan efek glitch VHS, skin retouch, dan masih banyak lagi. Semua bisa kamu dapatkan hanya dari satu aplikasi serbaguna.

Buatlah foto polaroid ala kamu sendiri dengan menggunakan aplikasi PolyCam. Foto ala fuji instax lama bisa kamu dapatkan di sini.

Cara Membuat Foto Bergaya Polaroid

Sekarang saatnya praktik nih, Genk!

Cara ini memang dibuat sebagai solusi alternatif buat kamu yang tidak memiliki kamera polaroid. Yuk langsung saja disimak langkah-langkahnya, GenK!

Step 1 – Install aplikasi edit foto polaroid

Pertama-tama kamu harus mengunduh aplikasinya terlebih dahulu. Kamu dapat mengunduh salah satu aplikasi yang sudah kami berikan daftarnya di poin sebelumnya. Aplikasi yang saat ini akan kami gunakan adalah PolyCam. Kalau sudah kita lanjut ke langkah berikutnya.

Step 2 – Mulai Foto

Buka aplikasi PolyCam yang baru kamu install.

Cara Membuat Foto Polaroid 2

Memotret objek

Kemudian arahkan lensa kamera ke objek yang ingin kamu potret. Di sini kami memilih pemandangan di luar ruangan sebagai objek foto. Setiap lokasi foto juga akan menentukan pemilihan filter dan pengaturan color correction.

Baca Juga
Membangun Cerita lewat Gambar dengan Photo Story - Part 1. Pengertian

Step 3 – Beri filter

Langkah selanjutnya adalah memberi filter warna pada foto.

Cara Membuat Foto Polaroid 3

Memberi filter pada foto

Karena sudah tersedia berbagai macam filter, pilihlah yang sesuai dengan warna dan pencahayaan yang kamu inginkan. Di sini kami menggunakan filter T2, karena ingin menghasilkan warna yang tidak terlalu kuning.

Step 4 – Beri efek cahaya

Cara Membuat Foto Polaroid 4

Memberi efek cahaya

Ada berbagai jenis efek cahaya di aplikasi ini. Sayangnya, tidak semua efek bisa kamu gunakan secara gratis. Kamu perlu berlangganan terlebih dahulu untuk menikmati semua fitur yang ada.

Baca Juga
Still Life Photography: Sihir Penghidup Benda Mati

Step 5 – Color correction

Selanjutnya adalah melakukan color correction pada foto. Step ini bisa kamu lewatkan jika sudah merasa cocok dengan warna bawaan dari filter yang sudah kamu pilih pada step nomor tiga.

Cara Membuat Foto Polaroid 5

Pengaturan color correction

Ada berbagai macam pengaturan di sini, seperti vignette, brightness, dan kontras. Jika sudah selesai, jangan lupa untuk save gambar ke dalam ponselmu.

Step 6 – Cetak foto polaroid

Ini dia step yang terakhir, yaitu mencetak foto yang sudah kamu edit. Jika kamu ingin mencetaknya, pilihlah jenis kertas yang sesuai. Misalnya seperti kertas foto yang berbahan glossy maupun doff.

Kalau sudah selesai dicetak, potong kecil-kecil foto tersebut sesuai ukurannya. Foto ini bisa kamu gunakan untuk hiasan dinding atau hiasan di belakang phone case.

Kece banget!


Itu dia cara membuat foto polaroid ala kamu sendiri. Semua bisa kamu lakukan dengan cepat dan mudah hanya dengan menggunakan ponselmu, GenK. Yuk bagikan hasil foto polaroid kamu di media sosial! Buat feed Instagram keren ala-ala anak estetis. Selamat mencoba!

Bukan cuma bisabikinfeed jadi lebihkece, kamu juga menghasilkan uang dengan fotopolaroid kalau ikut lomba #KulinerKreativvfood blogging and food competition.Menangkan hadiah jutaan rupiah, GenK!

Polling

Ditulis Oleh

Yurista Andina atau yang kerap disapa dengan Yuri ini merupakan lulusan Desain Komunikasi Visual. Dari hobi, kini menulis telah menjadi passion yang digeluti oleh perempuan penggemar musik K-Pop ini. Saat ini ia bekerja sebagai Content Writer di Kreativv ID. Saat tidak disibukkan dengan pekerjaan kantor, ia sering menghabiskan waktu untuk menulis cerita fiksi.

Tulis Komentar

Artikel Terkait
Fotografi

Mengenal 11 Jenis Aturan Komposisi dalam Fotografi

Fotografi

Gak Cuma Golden Hour, Ternyata Ada Blue Hour Photography, GenK!

Fotografi

Memahami Dasar Exposure Triangle dalam Fotografi

Fotografi

Mengenal Apa Itu Vignette dan Serba-Serbi di Dalamnya

            Thank u, next!