Fotografi

Jadi Masalah di Dunia Fotografi, Ini Cara Menghilangkan Noise pada Foto

menghilangkan noise pada foto

4. Turunkan ISO Jika Situasi Memungkinkan

mengurangi noise pada foto

sumber: futurecdn.net

Cara meminimalisir noise pada foto yang satu ini sangat sederhana. Dengan mengurangi sensitivitas sensor maka kemungkinan sensor menerima gangguan yang nggak diinginkan pun akan berkurang. Kamu bisa memotret lanskap dengan tripod kamera kamu di siang hari dan memasang ISO di angka paling rendah. Tapi nggak menutup kemungkinan kamu memotret dengan tangan di cahaya rendah. Pastikan kamu meningkatkan nilai ISO setelah mengatur aperture dan shutter yang diinginkan.

5. Pastikan Kamu Jaga Kamera Tetap dalam Kondisi Dingin

menyimpan kamera

sumber: bhphotovideo.com

Nah, poin ini yang paling sering diabaikan. Tapi percayalah, cuma dengan menjaga kameramu tetap dalam kondisi dingin bisa kamu jadikan sebagian dari tips menghilangkan noise pada foto kamu. Menjaganya jauh dari tempat penyimpanan yang panas sesegera mungkin sebelum kamu melakukan sesi foto bisa memberikan dampak yang cukup signifikan pada perbaikan noise dalam foto. Menjauhkan kamera dari kondisi panas dapat meminimalkan elektron yang otomatis terangsang karena panas di sensormu, sehingga bisa meminimalisir kontaminasi sinyal.

Sejatinya noise hanyalah salah satu tantangan dalam dunia fotografi yang harus kamu hadapi. Meski dari waktu ke waktu semakin nggak mudah mendapatkan bidikan sempurna. Tapi dengan ilmu dan latihan yang nggak pernah berhenti, kamu pasti bisa mengatasi tantangan ini.

Editor: Isyhari Maheswar

Baca Juga :   6 Kamera Digital yang Cocok Dibawa Travelling
About author

Related posts
Fotografi

Komposisi dan Pencahayaan Dibalik Foto Interior yang Menarik

Fotografi

Begini Caranya Fotografi Melatih Memori Kamu

Fotografi

Tips Membuat Video Pernikahan Sendiri Biar Lebih Hemat Bujet

Fotografi

Ayo Belajar Macro Photography!