Fotografi

Tutorial Cara Menghilangkan Objek di Photoshop

cara menghilangkan objek di photoshop

Mengambil foto yang cantik di tengah keramaian sering menjadi masalah. Background sudah apik, eh, banyak orang berseliweran mengganggu fokus fotomu. Nih, kami berikan solusinya, tutorial cara menghilangkan objek di Photoshop. 

Pernahkah kamu pergi liburan atau jalan-jalan ke suatu tempat wisata, lalu ingin mengambil gambar dengan latar objek wisata atau pemandangan nan cantik di belakangmu? Pasti pernah, dongTapi satu hal yang sering menjadi kendala saat mengambil foto di tempat umum adalah banyaknya objek-objek lain yang membuat hasil fotomu menjadi tidak fokus. Siapa sih yang gak kesal? 

Pakaian sudah OOTD (outfit of the day), pencahayaan juga sudah paripurna, kamera teranyar juga siap sedia, eh, hasilnya malah dipenuhi dengan banyak objek yang tidak diinginkan. Entah itu para turis yang berseliweran, gerobak penjual makanan yang tiba-tiba lewat, atau burung camar yang melayang seketika. 

Tidak perlu gundah, kami punya sihir ajaib untuk membuat fotomu dapat terlihat sempurna dengan berbekal aplikasi edit foto populer kegemaran sejuta umat, Photoshop. Langsung disimak aja cara menghilangkan objek di Photoshop berikut ini! 

Tools Photoshop untuk Menghilangkan Objek

Sesuai judulnya, tutorial kali ini akan berfokus pada pemanfaatan Photoshop untuk menghilangkan objek. Versi software yang digunakan adalah Adobe Photoshop CC 2017. Tenang saja, beberapa tools penghilang objek juga sudah tersedia sejak versi Photoshop CS3 atau CS4. Berikut beberapa tools yang dapat digunakan untuk menghilangkan objek: 

  • Content Aware Fill
  • Spot Healing Tool Brush 
  • Clone-Stamp Tool

Masing-masing tool punya kegunaan yang spesifik untuk kondisi foto tertentu dan ada juga tools yang hasilnya akan lebih maksimal jika digunakan bersamaan.  Pada tutorial ini, digunakan locked background layer untuk foto serta duplikasi layer pertama untuk memastikan semua perubahan dan adjustment tidak terkunci di background

Jadi saat nanti kamu membuat kesalahan dalam proses pengerjaan, tinggal hapus layer atau duplikasi ulang background-nya. Praktis kan! Supaya proses editing lancar jaya, kamu bisa menggunakan beberapa shortcuts di bawah:

  • Undo = Command + Z (Windows Undo = Control + Z)
  • Step Backward = Option + Command + Z (Windows Step Backward = Ctrl + Alt + Z)

Baca Juga :   Tutorial Cara Membuat Double Exposure Photoshop

About author

Related posts
Fotografi

Edit Foto ala Ulzzang Pakai 6 Aplikasi Ini Bikin Kamu Makin Hits!

Fotografi

Memahami Dasar Exposure Triangle dalam Fotografi 

Fotografi

Tutorial Cara Membuat Ink Photography Versi Low Budget

Fotografi

Tips Ink Photography dan Trik Eksperimen Lewat Tinta

Leave a Reply

Your email address will not be published.