fbpx

Serunya Memotret dengan Disposable Camera

Dibaca Normal: 5 menit aja 😊
disposable camera

Buat kamu yang punya minat dan hobi fotografi, pasti ingin kan membuat foto yang unik dan estetis? Salah satu jenis kamera yang bisa kamu gunakan adalah Disposable Camera. Kamera ini akan membawamu untuk bernostalgia ke masa lampau, GenK!

Bagi sebagian orang, memotret adalah hal yang seru dan menyenangkan. Kalau kamu termasuk orang yang merasa seperti itu, tidak ada salahnya mencoba kamera sachet yang satu ini. Dia adalah Disposable Camera, atau juga biasa disebut dengan Dispo Cam.

Secara harfiah, “disposable” artinya sekali pakai dan “camera” adalah kamera. Jadi, Disposable Camera adalah jenis kamera retro yang cara hanya bisa dipakai sekali penggunaan.

Hasil gambar yang vintage dari kamera ini akan terlihat super keren saat dicetak. Siapa sangka, kamera kece ini tergolong relatif murah jika kamu beli di pasaran loh. Soal popularitas pun tidak usah diragukan. Bahkan di Indonesia sendiri ada komunitas khusus fotografer yang menggunakan kamera ini. Mungkin saja kamu tertarik ikut menjadi bagian mereka, GenK.  

disposable camera 1

Ilustrasi memotret dengan Disposable Camera (sumber: unsplash.com)

Dalam sekali pakai, kamera ini bisa memotret foto sebanyak 24 kali atau lebih, tergantung jenis kamera. Tetapi, preview foto tidak bisa langsung dilihat. Kamu harus menghabiskan roll film terlebih dahulu, barulah nanti kamu bisa melihat hasil jepretanmu. Jadinya, kamu hanya bisa mengira-ngira apakah hasil foto memuaskan atau tidak.

Jika roll film pada kamera analog biasa bisa diisi ulang dengan roll film baru, hal ini tidak berlaku pada Disposable Camera. Jika roll film sudah habis terpakai, maka tidak bisa diisi ulang lagi. Kalau sudah begitu, maka kamera harus dibuang.

Walaupun demikian, pesonanya tetap tidak akan berkurang kok. Bagi para pecintanya, sistem sekali pakailah yang menjadi keunikan kamera ini. Agar lebih mengenal kamera unik ini, kamu perlu mengetahui bagian-bagian apa saja yang ada di sana, serta fungsi setiap bagiannya. Daripada penasaran, langsung saja disimak, GenK!  

Bagian Disposable Camera

Setiap bagian di kamera tentu memiliki fungsinya masing-masing. Untuk menghasilkan gambar yang maksimal, kamu perlu memahami setiap bagian kamera beserta fungsinya. Kalau ada bagian yang tidak kamu pahami, pengalaman memotretmu pasti tidak akan lengkap. Sayang banget kan, GenK. Nah, sama halnya dengan bagian-bagian yang ada di kamera ini.  

disposable camera 2

Bagian Disposable Camera (sumber: ardiankusuma.com)

Tombol Shutter

Tombol shutter merupakan tombol kamera yang wajib banget kamu ketahui. Tombol berbentuk oval ini berfungsi untuk memotret objek yang ada di depan lensa kamera.  

Shutter Count

Bagian shutter count pada kamera ini berguna untuk mengetahui kertas film yang tersisa. Makanya kamu perlu terus memantau sisa kertas agar tidak pusing saat kertas film habis. Ingatlah kalau kamera ini hanya sekali pakai loh, GenK.  

Indikator Flash

Bagian ini berfungsi untuk mengetahui apakah flash kamera sudah siap atau belum yang ditandai dengan adanya kedipan lampu berwarna merah.  

disposable camera 3

Bagian Disposable Camera (sumber: ardiankusuma.com)

Tombol Flash

Selanjutnya adalah tombol flash yang digunakan untuk mengaktifkan flash. Apabila flash sudah aktif, maka akan muncul lampu berwarna merah pada indikator flash. Beberapa kamera memang ada yang sudah dilengkapi dengan fitur flash dan waterproof, tetapi kamu tidak bisa mengubah pengaturan kamera seperti ISO. Mengapa demikian? Karena kamera sudah diatur secara default atau otomatis.  

Lampu Flash

Lampu ini  merupakan tempat flash keluar. Cocok digunakan saat kondisi tempat foto yang kurang cahaya (low light). Flash akan lebih efektif  jika objek foto berjarak maksimal kurang lebih 3 meter dari kamera.  

Baca Juga   Begini Nih Perkembangan Kamera Polaroid!

Lensa 35mm Full-frame

Lensa merupakan tempat masuknya cahaya yang nantinya akan ditangkap oleh kamera, lalu tercetak di kertas film. Lensa akan bekerja apabila tombol shutter dinyalakan.  

disposable camera 4

Bagian Disposable Camera (sumber: ardiankusuma.com)

 

Viewfinder

Seperti namanya, viewfinder digunakan untuk melihat objek yang akan kamu foto. Sebenarnya melihat lewat viewfinder pun tidak bisa menampilkan keseluruhan objek yang sebenarnya tertangkap kamera. Sehingga kamu harus menggunakan insting untuk mengira-ngira bagaimana hasil jepretanmu nantinya.  

Roda roll

Cara menggunakan roda roll adalah dengan memutarnya sebelum kamu menekan tombol shutter. Tunggu sampai terdengar suara “klik” maka kamera baru bisa digunakan untuk memotret objek.  

Camera Grip

Di bawah roda roll, terdapat bagian yang dinamakan camera grip. Fungsinya untuk memudahkan kamu saat memegang kamera agar tidak mudah jatuh.  

Baterai

Agar kamera bisa menyala, kamu memerlukan batu baterai yang terpasang di bagian bawah kamera. Biasanya batu baterai sudah tersedia saat pertama kali kamu membeli kamera. Pastikan baterai tidak habis supaya kegiatan memotret tidak terganggu.  

Baca Juga   Rekomendasi Tips & Kamera Vlog Buat Kamu yang Mau jadi Vlogger

Cara Menggunakan Disposable Camera

Setelah mengetahui bagian beserta fungsi yang ada,  sekarang tinggal mempelajari cara menggunakannya. Kamera ini sangat praktis untuk digunakan, jadi kamu pasti bisa cepat menguasainya. Yuk simak, GenK!  

  1. Siapkan kamera
  2. Pastikan baterai masih berfungsi
  3. Putar roda roll sampai berbunyi “klik”
  4. Arahkan kamera ke objek yang ingin kamu potret
  5. Lihat di viewfinder sebagai bayangan hasil jadi foto jepretanmu nantinya
  6. Ukur intensitas cahaya yang ada di lokasi pemotretan untuk memastikan cahaya terang. Kalau dirasa gelap, kamu perlu menggunakan flash agar foto tidak under exposure.
  7. Kalau sudah pas, kamu tinggal memencet tombol shutter sampai berbunyi “klik”
  8. Selalu memeriksa shutter count untuk mengetahui sisa kertas foto
  9. Terus gunakan sampai roll film habis
  10. Bawa kamera milikmu ke toko cuci film. DI sana petugas akan mengambil roll film untuk kemudian dicetak dalam bentuk lembaran fisik maupun CD. Foto-foto yang ada di dalam CD bisa kamu simpan sebagai kenang-kenangan atau diedit lagi dengan aplikasi edit foto untuk diunggah ke media sosial.
  11. Jika semua tahap sudah dilakukan, maka kamera milikmu sudah tidak bisa digunakan lagi, GenK.

  Berikut contoh hasil foto dengan menggunakan Disposable Camera.  

disposable camera 5

Hasil foto Disposable Camera (sumber: lomography.com)

 

disposable camera 6

Hasil foto Disposable Camera (sumber: konbini.com)

 

disposable camera 7

Hasil foto Disposable Camera (sumber: tokyogirlsupdate.com)

Cara penggunaan kamera ini sangat mudah dan fleksibel bukan? Kamera ini cocok banget untuk dipakai seru-seruan bareng bersama teman loh. Kamu bisa mengabadikan momen-momen unik bersama teman, karena kamera ini mengutamakan momen spontan yang alami dan natural.

Lalu, tidak seperti kamera digital yang memiliki bentuk besar dan agak berat, kamera ini memiliki bentuk yang kecil sehingga tidak ribet untuk dibawa kemana saja. Apabila kamu sedang datang ke pesta ulang tahun, pernikahan, atau pergi travelling, kamera ini cocok banget untuk menemanimu menghabiskan waktu di sana.


Nah, apakah sekarang kamu jadi tertarik untuk memiliki Disposable Camera? Dengan harga yang relatif murah, kamu bisa mengabadikan setiap momen unik bersama teman-temanmu. Hasil foto yang super kece bisa menjadi kenang-kenangan atau kamu unggah di media sosial. Selamat bernostalgia dengan kamera jadul, GenK!

Polling

Tentang Penulis

Yurista Andina atau yang kerap disapa dengan Yuri ini merupakan lulusan Desain Komunikasi Visual. Dari hobi, kini menulis telah menjadi passion yang digeluti oleh perempuan penggemar musik K-Pop ini. Saat ini ia bekerja sebagai Content Writer di Kreativv ID. Saat tidak disibukkan dengan pekerjaan kantor, ia sering menghabiskan waktu untuk menulis cerita fiksi.

Tulis Komentar

Artikel Terkait
Fotografi

5 Tripod Kamera Murah Terbaik Harga di Bawah 1 Juta

Fotografi

Membangun Cerita lewat Gambar dengan Photostory - Part 2. Tips & Trik

Fotografi

Belajar Dasar-Dasar Three Point Lighting untuk Fotografi

Fotografi

7 Tips Mudah Cara Membuat Foto Siluet untuk Pemula

Fotografi

5 Tips untuk Menguasai Panning Photography dengan Mudah

Fotografi

Inspirasi Background Keren untuk Toy Photography

Fotografi

Membangun Cerita lewat Gambar dengan Photo Story - Part 1. Pengertian

Fotografi

4 Rekomendasi Action Cam Murah Terbaik yang Gak Bikin Kantong Jebol

Fotografi

Mengenal Macam-Macam Lensa Kamera, Anak Fotografi Wajib Baca

Fotografi

5 Tips Travel Photography untuk Pemula

Fotografi

Mengenal Macam-Macam Teknik Pencahayaan dalam Fotografi

Fotografi

Mengenal Type of Shot Kamera, yang Ingin Belajar Film Wajib Baca

Fotografi

Ingin Bisnis Laris Manis? Yuk Intip Cara Foto Produk Pakaian Berikut!

Fotografi

Mengenal Fashion Photography dan Jenis-Jenisnya

Fotografi

5 Tips Fashion Fotografi dengan HP untuk Tampil Lebih Memukau

Fotografi

Memanfaatkan Cahaya Minim dengan Low Light Photography

Fotografi

Tutorial VSCO untuk Food Photography yang Ciamik

Fotografi

Pentingnya Food Photography untuk Promosi Restoran 

Fotografi

Memotret Keindahan Bayangan lewat Shadow Photography

Fotografi

Yuk, Pelajari Teknik Fotografi Mainan

            Artikel Selanjutnya     
kid logo
Mau inspirasi ngalir deras,
kreativitas anti mandek?
Dapetin newsletter gratis dan undangan eksklusif ke acara-acara kreativv ID!

 
close-link
kid logo
EARLY BIRD
Daftar dengan mengisi form di bawah ini

 
close-link