Serunya Memotret dengan Disposable Camera

Dibaca Normal: 5 menit aja
disposable camera

Buat kamu yang punya minat dan hobi fotografi, pasti ingin kan membuat foto yang unik dan estetis? Salah satu jenis kamera yang bisa kamu gunakan adalah disposable camera. Kamera ini akan membawamu untuk bernostalgia ke masa lampau. Bagi sebagian orang, memotret adalah hal yang seru dan menyenangkan. Kalau kamu termasuk orang yang merasa seperti itu, tidak ada salahnya mencoba kamera sachet yang satu ini. Dia adalah disposable camera, atau juga biasa disebut dengan dispo cam

Secara harfiah, “disposable” artinya sekali pakai dan “camera” adalah kamera. Jadi, Disposable Camera adalah jenis kamera retro yang cara hanya bisa dipakai sekali penggunaan. Hasil gambar yang vintage dari kamera ini akan terlihat super keren saat dicetak. Siapa sangka, kamera kece ini tergolong relatif murah jika kamu beli di pasaran loh. Soal popularitas pun tidak usah diragukan. Bahkan di Indonesia sendiri ada komunitas khusus fotografer yang menggunakan kamera ini. Mungkin saja kamu tertarik ikut menjadi bagian mereka.  

UPDATES

Slider

UPDATES

Slider
disposable camera 1

Ilustrasi memotret dengan disposable camera (sumber: unsplash.com)

Dalam sekali pakai, kamera ini bisa memotret foto sebanyak 24 kali atau lebih, tergantung jenis kamera. Tetapi, preview foto tidak bisa langsung dilihat. Kamu harus menghabiskan roll film terlebih dahulu, barulah nanti kamu bisa melihat hasil jepretanmu. Jadinya, kamu hanya bisa mengira-ngira apakah hasil foto memuaskan atau tidak.

Jika roll film pada kamera analog biasa bisa diisi ulang dengan roll film baru, hal ini tidak berlaku pada Disposable Camera. Setelah roll film sudah habis terpakai, maka tidak bisa diisi ulang lagi. Kalau sudah begitu, maka kamera harus dibuang. Walaupun demikian, pesonanya tetap tidak akan berkurang kok. Bagi para pecintanya, sistem sekali pakailah yang menjadi keunikan kamera ini. Agar lebih mengenal kamera unik ini, kamu perlu mengetahui bagian-bagian apa saja yang ada di sana, serta fungsi setiap bagiannya. Daripada penasaran, langsung saja disimak!  

Baca Juga
5 Rekomendasi Merek Kamera Polaroid yang Bagus

Bagian Disposable Camera

Setiap bagian di kamera tentu memiliki fungsinya masing-masing. Untuk menghasilkan gambar yang maksimal, kamu perlu memahami setiap bagian kamera beserta fungsinya. Kalau ada bagian yang tidak kamu pahami, pengalaman memotretmu pasti tidak akan lengkap. Sayang banget kan. Nah, sama halnya dengan bagian-bagian yang ada di kamera ini.  

disposable camera 2

Bagian Disposable Camera (sumber: ardiankusuma.com)

1. Tombol Shutter

Tombol shutter merupakan tombol kamera yang wajib banget kamu ketahui. Tombol berbentuk oval ini berfungsi untuk memotret objek yang ada di depan lensa kamera.  

2. Shutter Count

Bagian shutter count pada kamera ini berguna untuk mengetahui kertas film yang tersisa. Makanya kamu perlu terus memantau sisa kertas agar tidak pusing saat kertas film habis. Ingatlah kalau kamera ini hanya sekali pakai loh.  

3. Indikator Flash

Bagian ini berfungsi untuk mengetahui apakah flash kamera sudah siap atau belum yang ditandai dengan adanya kedipan lampu berwarna merah.  

disposable camera 3

Bagian Disposable Camera (sumber: ardiankusuma.com)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Artikel Terkait
Fotografi

Tutorial Cara Membuat Ink Photography Versi Low Budget

Fotografi

Tips dan Trik Food Photography ala Christabelle Nanetta

Fotografi

Ingin Memotret Urban Decay Photography? Yuk Simak Tipsnya!

Fotografi

8 Tips Fotografi di HP Biar Gak Kalah dengan Kamera Profesional

Fotografi

5 Tips Fashion Fotografi dengan HP untuk Tampil Lebih Memukau

Fotografi

5 Tips untuk Menguasai Panning Photography dengan Mudah

Quizzes

Slider
      TRENDING
#CoronaVirus
Next >>