Tips dan Trik Edit Foto Ala Korea yang Bisa Kamu Tiru

Dibaca Normal: 9 menit aja 😊
cara edit foto ala korea

Banyak foto artis korea yang keren dan estetis. Warnanya juga kece-kece loh. Kamu mau punya hasil foto seperti itu juga? Cobain edit foto ala Korea berikut ini, GenK. Mudah dan gak ribet.

Like.. like.. like..

Jari kamu terus menekan tombol like saat melihat foto-foto artis korea di beranda media sosialmu.

Tak dapat dimungkiri, gaya foto artis Korea memang punya ciri khas tersendiri. Mulai dari kamera ponselnya, pencahayaan, filter, dan semua komponen yang ada di dalam foto. Tentunya keren, estetis, dan Instagramable, GenK.

Edit Foto Ala Korea 1

Contoh foto ala seleb Korea (sumber: pinterest.com)

Di kalangan warganet, gaya foto seperti ini disebut dengan foto ala Korea. Karena identik dengan artis dan idol di Negeri Gingseng itu sendiri.

Kalau kamu, pernah tertarik untuk berfoto seperti mereka?

Sekarang bukan cuma angan-angan saja loh. Kamu juga bisa meracik foto seperti mereka.

Tidak punya banyak aplikasi edit foto di ponsel? Gak masalah.

Tinggal ikuti presets-nya, kemudian kamu modifikasi lagi deh sesuai kondisi pencahayaan dan warna asli foto yang kamu jepret. Ini juga bakal kami bahas lebih lanjut di poin berikutnya.

Yuk kita simak sama-sama, GenK!

Tips dan Trik Edit Foto ala Korea

Pernah gak sih kamu mengikuti preset edit foto di internet, tapi hasilnya malah zonk? Beda banget dengan ekspektasi awal.

Ketahuilah, GenK, bahwa setiap foto tidaklah sama. Mereka memiliki karakteristik masing-masing yang wajib banget kamu pahami. Semua tergantung lokasi dan waktu saat kamu memotret.

Nah, untuk meminimalisasi kegagalan edit foto, kami punya tips dan trik yang gak ribet nih, GenK. Langsung saja disimak.

1. Kamera ponsel yang memadai

Tips pertama adalah kamera ponsel yang memadai. Ini menjadi krusial. Misalnya kamu tidak memiliki ponsel dengan spesifikasi pixel kamera yang baik. Alhasil gambar yang kamu idam-idamkan pasti gagal di tengah jalan.

Sayang banget kan?

Padahal konsep sudah bagus, preset-nya pun sudah ada.

Edit Foto Ala Korea 2

Ilustrasi berswafoto (sumber: pexels.com)

Tapi tenang saja, GenK. Di era sekarang perkembangan kamera ponsel sudah semakin pesat. Selalu ada inovasi baru di setiap peluncuran produk. Sudah banyak kok perusahaan yang menjual ponsel murah dengan spesifikasi kamera yang tetap oke.

Foto pemandangan? Oke.

Berswafoto? Oke juga.

Kalau kamera ponsel sudah memadai, kamu akan lebih mudah deh mengedit foto ala korea. Yuk cus ke tips berikutnya!

2. Jangan menggunakan gambar yang pecah

Gambar yang pecah kerap terjadi saat kamu memotret. Apalagi kalau kamu memaksa lensa kamera untuk zoom in secara maksimal. Boro-boro objeknya kelihatan, yang ada hasil jepretanmu terlihat seperti susunan pixel.

Coba deh kamu perhatikan foto-foto yang diunggah seleb korea. Jarang banget ada gambar yang pecah. Semuanya serba mulus.

Mulai dari sekarang kamu wajib banget memperhatikan kualitas gambar hasil jepretanmu. Jangan sampai gambar yang pecah malah merusak estetika foto.

3. Pencahayaan yang bagus

Balik lagi ke dasar-dasar fotografi, pencahayaan adalah salah satu elemen penting saat memotret objek. Ini bisa banget kamu terapkan saat ingin membuat foto ala artis Korea.

Ada dua tipe lokasi yang paling menjadi favorit.

Edit Foto Ala Korea 3

Contoh foto di dalam ruangan (sumber: yooaupdates.tumblr.com)

Pertama di indoor, tapi tidak asal pilih tempat loh. Mereka gemar berswafoto di dekat jendela. Alasannya karena ada sinar matahari masuk dari sela-sela gorden. Sehingga sorot cahaya tidak terlalu keras dan hasil foto menjadi estetis.

Selain itu, cahaya tipis ini bisa membuat gambar jadi cerah. Apalagi fotonya pagi-pagi. Kece banget!

Edit Foto Ala Korea 4

Contoh foto di luar ruangan (sumber: twitter.com/BTS_twt)

Kedua adalah di outdoor. Saat menghabiskan waktu berlibur ke tempat wisata tertentu, para seleb gemar membagikan keseruan mereka dengan mengunggah foto di media sosial.

Foto-foto outdoor-nya kece banget deh!

Warna langit yang cerah sebagai latar foto yang dipadukan dengan filter pastel bakalan terlihat soft dan manis.

Oh iya, pastikan juga foto di indoor tidak underexposure dan foto di outdoor tidak overexposure.

Aplikasi Edit Foto ala Korea

Setelah kualitas kamera, penggunaan aplikasi edit foto adalah yang terpenting.

Kamu tentu tidak asing lagi dengan berbagai aplikasi foto yang tersedia di iOS maupun Android. Ada banyak banget deh. Mereka menawarkan mulai dari filter sederhana sampai filter unik yang nyentrik.

Terus apa saja aplikasi yang dipakai artis Korea?

Pas banget nih, GenK, kalau kamu penasaran, karena di sini kami akan membagikan nama aplikasi edit foto ala Korea yang sedang menjadi tren akhir-akhir ini. Tentunya bisa kamu unduh di ponsel. Yuk disimak!

1. SNOW

SNOW adalah aplikasi video, foto, dan edit foto yang lagi populer banget di Korea Selatan. Sering digadang-gadang sebagai Snapchat versi Korea. Dirilis oleh SNOW, Inc. pada 3 November 2015. Hingga saat ini sudah diunduh oleh lebih dari 50.000.000 pengguna.

Edit Foto Ala Korea 5

Aplikasi SNOW (sumber: smartphoneapps.com)

Dengan aplikasi ini kamu bisa memilih beragam filter lembut khas Korea.

Mau filter warna peach? Ada.

Filter warna sunkissed pun ada, GenK.

Selain filter, stiker-stiker keren dan lucu bisa kamu pakai. Desainnya selalu diperbaharui setiap harinya. Ada bentuk tulisan, make-up, series, frame, fashion, vlog, film, emoji, fun, party, dan masih banyak lagi. Jadi gak bakal bosen deh.

2. Foodie

Selanjutnya adalah aplikasi Foodie. Yap, sesuai namanya, aplikasi Foodie bisa kamu gunakan untuk memotret makanan. Hasil foto hidangan makanan dan minuman pun jadi terlihat lebih menggiurkan. Cocok buat kamu yang gemar food photography.

Edit Foto Ala Korea 6

Aplikasi Foodie (sumber: linecorp.com)

Sesuai slogannya, “Live life according to your tastes”.

Aplikasi kamera Foodie bisa menjadi pendamping bagi kamu yang pecinta makanan modern. Di sini kamu bisa menemukan cara yang cepat dan menyenangkan untuk menyimpan memori kesempurnaan hidangan yang kamu santop.

Gak bakal rugi deh kalau kamu mengunduh Foodie. Aplikasi yang dirilis oleh SNOW, Inc. pada 1 Februari 2016 ini dilengkapi dengan puluhan filter. Seperti Tropical, BBQ, Crispy, Sweet, dan masih banyak lagi. Warnanya yang cenderung hangat dan pastel membuat aplikasi ini digemari oleh seleb Korea.

Selain itu juga ada pengaturan sederhana, seperti blur, timer, dan lain-lain.

3. Gudak Cam

Gudak cam adalah sebuah aplikasi foto yang dirilis oleh Screw Bar Inc. pada 21 Desember 2017. Sudah diunduh lebih dari 10.000 pengguna. Akan tetapi kamu perlu berlangganan setiap bulannya untuk menikmati fitur yang ada di dalamnya.

Edit Foto Ala Korea 7

Aplikasi Gudak Cam (sumber: tekno.kompas.com)

Gudak Cam berharap gaya usang dapat membangkitkan gairah foto jadul bagi penggemarnya. Rasakan sensasi emosional yang berbeda saat menggunakan aplikasi ini. Ada beragam filter yang bisa kamu gunakan selain black and white yang merupakan filter utama.

Nah, aplikasi ini cocok buat kamu yang kangen sama kamera analog. Tanpa perlu membeli barang fisik kamera, sekarang kamu bisa menikmati fiturnya di ponsel. Mengedit di mana saja dan kapan saja tak jadi masalah.

4. Kuji Cam

Aplikasi edit foto ala Korea yang berikutnya adalah Kuji Cam. Dirilis oleh GinnyPix pada 30 Desember 2017. Hingga saat ini sudah diunduh lebih dari 10.000.000 pengguna.

Edit Foto Ala Korea 8

Aplikasi Kuji Cam (sumber: apkmonk.com)

Ada lebih dari 180 filter dengan pengaturan lainnya untuk meracik gambar sesuai keinginanmu.

Dengan aplikasi ini kamu dapat mengganti warna, memberi efek dust, memberi tulisan tanggal foto, efek 3D, dan masih banyak lagi.

Akan tetapi ada fitur yang baru bisa kamu akses kalau sudah berlangganan. Sehingga kamu perlu merogoh kocek setiap bulannya. Walaupun begitu, Kuji Cam memang worth it banget deh buat diunduh.

5. VSCO

Kalau soal color grading, VSCO memang jagonya deh!

Aplikasi edit foto yang dirilis oleh VSCO pada 3 Desember 2013 ini sudah diunduh lebih dari 50.0000.000 pengguna. Aplikasi ini bisa diunduh di perangkat iOS maupun Android, sehingga siapa pun bisa menikmati fiturnya.

Edit Foto Ala Korea 9

Aplikasi VSCO (sumber: iphonephotographyschool.com)

Ada ratusan filter yang bisa kamu gunakan. Mulai dari gaya terang, mendung, manis, sampai hypebeast semuanya ada.

Selain itu, VSCO juga menyediakan fitur pengaturan basic foto, seperti exposure, contrast, saturation, fade, dan lain-lain.

Apakah kamu sudah punya aplikasi kece ini di ponselmu, GenK?

6. Adobe Lightroom

Selanjutnya ada Adobe Lightroom, si aplikasi foto yang super duper lengkap. Merupakan editor foto grafis, kuat, dan intuitif. Memudahkan kamu untuk membuat foto-foto indah sambil membantu kamu menjadi fotografer yang lebih baik.

Edit Foto Ala Korea 10

Aplikasi Adobe Lightroom (sumber: petapixel.com)

Kalau dulu untuk menggunakan Adobe Lightroom mesti di PC atau laptop, sekarang bisa kamu gunakan di ponsel. Praktis banget kan?

Ada fitur presets, curves, color mixer, clarity, texture, dan masih banyak lagi.

Tertarik untuk menggunakannya?

Yuk unduh sekarang dan buat foto ala seleb Korea.

Cara Edit Foto ala Korea

Kalau tadi sudah membahas nama-nama aplikasinya, sekarang saatnya mempraktikkan deh! Kami punya presets foto ala Korea yang bisa kamu gunakan saat meracik komposisi warna. Yuk simak!

1. Taeyeon SNSD

Inspirasi foto ala seleb Korea yang akan kami jelaskan pertama adalah Taeyeon SNSD. Selain aktif sebagai grup, Taeyeon juga merambah sebagai solois sejak beberapa tahun yang lalu. Lagu-lagu yang dirilis oleh penyanyi kelahiran tahun 1989 ini selalu menjadi hit.

Ia juga kerap aktif di media sosial Instagram untuk berbagi kisah sehari-hari bersama penggemar.

Mungkin kamu adalah salah satu penggemarnya, GenK?

Kalau iya, pasti kamu pernah melihat foto yang satu ini dong?

Edit Foto Ala Korea 11

Contoh foto ala artis Korea oleh Taeyeon SNSD (sumber: instagram.com/taeyeon_ss)

Foto tersebut pernah diunggah oleh Taeyeon di akun Instagram pribadinya. Keren banget kan?

Kuji Cam adalah aplikasi edit foto ala Korea yang dapat kamu gunakan jika ingin membuat foto seperti Taeyeon. Ini dia presets-nya, GenK!

  • Filter: W4
  • Light: KJ02
  • Dust: +27
  • Brightness: +10
  • Contrast: +10
  • Temperature: +5
  • Saturation: +10
  • Highlights: +25
  • Shadows: +25
  • Vignette: +10

2.  Somi

Seleb Korea selanjutnya yang bisa menjadi inspirasimu untuk mengedit adalah Somi. Selain memiliki paras yang cantik, Somi juga memiliki segudang bakat, seperti menyanyi, menari, dan model.

Edit Foto Ala Korea 13

Contoh foto ala artis Korea oleh Somi (sumber: instagram.com/somsomi0309)

Foto di atas pernah diunggah oleh penyanyi kelahiran tahun 2001 itu di akun Instagram pribadinya. Gaya yang swag dan youthful adalah ciri khas fotonya di Instagram.

Tertarik untuk bergaya seperti Somi?

Sebenarnya kamu bisa menggunakan Gudak Cam atau Kuji Cam untuk menghasilkan foto seperti itu. Akan tetapi kami mau menyuguhkan alternatif lain nih, GenK, yaitu lewat PicsArt dan VSCO.

Yuk intip racikan filter-nya!

PicsArt

  • Filter 1: PLRD (Noise: +13, Blur: +14, Fade: 0)
  • Filter 2: Glitch (Horizontal: +8, Vertical: +4, Fade: +40)
  • Highlights: +6

VSCO

  • Filter: K3 (+1.1)
  • Vignette: +1.0
  • Fade: +1.2

3. Suzy

Berikutnya adalah Suzy, mantan aktris naungan agensi JYP ini kini tengah fokus untuk melanjutkan karier sebagai pemain drama korea. Parasnya yang cantik dan suaranya yang merdu membuat siapa saja kepincut dengan gadis kelahiran tahun 1994 ini.

Ia kerap membagikan foto-foto kesehariannya di akun Instagram pribadinya. Gaya kasual adalah favoritnya.

Kalau kamu perhatikan, Suzy jarang sekali menggunakan filter yang nyentrik. Ia lebih suka mengunggah foto dengan filter sederhana yang bikin kamu salfok dengan kecantikannya.

Edit Foto Ala Korea 15

Contoh foto ala artis Korea oleh Suzy (sumber: instagram.com/skuukzy)

Salah satunya adalah foto Suzy yang duduk berpose sambil memamerkan tas koleksinya. Cantik banget kan?

Kamu juga bisa bergaya seperti Suzy loh. Kami punya presets-nya yang bisa kamu aplikasikan sendiri di foto jepretanmu.

Cukup gunakan VSCO dan semuanya bisa teratasi.

Ini dia racikannya, GenK.

  • Filter: A1 (+6.7)
  • Saturation: +1.0
  • Highlights: +0.5
  • Temperature: -0.9
  • Skintone: -1.0

4. Jungkook BTS

Jeon Jungkook adalah anggota termuda dari boyband BTS ini juga gemar membagikan foto dan video di akun Twitter yang ia pegang bersama member lainnya loh.

Belakangan ini, Jungkook sering mengunggah foto untuk menyapa para penggemarnya. Wah seru banget ya!

Edit Foto Ala Korea 17

Contoh foto ala artis Korea oleh Jungkook BTS (sumber: twitter.com/BTS_twt)

Salah satunya adalah foto ini, di mana Jungkook sedang berswafoto mengenakan baju hitam polos. Dieksekusi dengan filter semi peach yang diberi fade sebagai sentuhan terakhir. Cukup dengan menggunakan aplikasi VSCO.

Ingin bergaya seperti Jungkook?

Yuk ikuti racikan fotonya di bawah ini!

  • Filter: AL3 (+12.0)
  • Exposure: -0.3
  • Contrasti: +0.6
  • Saturation: +0.5
  • Highlights: +5.4
  • Tint: +2.2
  • Fade: +8.4

5. Red Velvet

Inspirasi edit foto ala korea yang terakhir kami pilih dari Red Velvet. Foto ini diambil saat merayakan ulang tahun salah satu membernya yang bernama Seulgi beberapa tahun yang lalu.

Edit Foto Ala Korea 19

Contoh foto ala artis Korea oleh Red Velvet (sumber: instagram.com/redvelvet_smtown)

Girlband beranggotakan 5 perempuan cantik ini kerap menyapa penggemarnya lewat Instagram. Apakah kamu salah satu follower-nya?

Jika kamu tertarik membuat foto seperti contoh di atas, kamu punya racikan filter-nya nih. Namanya gaya peach.

Daripada cuma penasaran, mending langsung dipraktikkin, GenK. Yuk kita coba sama-sama di Adobe Lightroom!

  • Exposure: -0.38EV
  • Contrast: -3
  • Highlights: +17
  • Shadows: +20
  • Whites: +51
  • Blacks: +12
  • Temperature: -7
  • Tint: +26

  • Vibrance: +29

  • Saturation: +10


Nah, itu dia tips dan trik edit foto ala Korea biar kamu makin hit. Perbanyak referensi foto misal dengan melihat-lihat contoh visual ala Korea dari Pinterest. Ini dilakukan untuk melatih kamu agar makin andal meracik filter. Pokoknya jangan takut untuk mengutak-atik aplikasinya deh.

Polling

Tentang Penulis

Wahyu Ramadhan adalah alumnus dari jurusan Bahasa Prancis, Universitas Gadjah Mada. Saat ini ia bekerja sebagai Content Writer di Kreativv ID. Hobi menulisnya berkembang sejak ia duduk di bangku SMA hingga sekarang. Dengan menulis, ia dapat belajar banyak hal baru dan berbagi ilmu yang dimilikinya dengan orang banyak. Pemuda yang menyukai warna merah ini senang membaca buku dan belajar hal baru dengan ditemani segelas susu atau jus jambu.

Tulis Komentar

Artikel Terkait
Fotografi

Gak Cuma Golden Hour, Ternyata Ada Blue Hour Photography, GenK!

Fotografi

Memahami Dasar Exposure Triangle dalam Fotografi 

Fotografi

Mengenal Apa Itu Vignette dan Serba-Serbi di Dalamnya

Fotografi

Mengabadikan Cantiknya Lintasan Cahaya lewat Bulb Photography

Fotografi

Tutorial Menggunakan Aplikasi Edit Foto Ngeblur di Ponsel

Fotografi

Tutorial Snapseed untuk Foto Instagram Lebih Estetik

Fotografi

5 Tripod Kamera Murah Terbaik Harga di Bawah 1 Juta

Fotografi

Membangun Cerita lewat Gambar dengan Photostory - Part 2. Tips & Trik

Fotografi

Belajar Dasar-Dasar Three Point Lighting untuk Fotografi

Fotografi

7 Tips Mudah Cara Membuat Foto Siluet untuk Pemula

Fotografi

5 Tips untuk Menguasai Panning Photography dengan Mudah

Fotografi

Inspirasi Background Keren untuk Toy Photography

Fotografi

Membangun Cerita lewat Gambar dengan Photo Story - Part 1. Pengertian

Fotografi

4 Rekomendasi Action Cam Murah Terbaik yang Gak Bikin Kantong Jebol

Fotografi

Mengenal Macam-Macam Lensa Kamera, Anak Fotografi Wajib Baca

Fotografi

5 Tips Travel Photography untuk Pemula

Fotografi

Mengenal Macam-Macam Teknik Pencahayaan dalam Fotografi

Fotografi

Mengenal Type of Shot Kamera, yang Ingin Belajar Film Wajib Baca

Fotografi

Ingin Bisnis Laris Manis? Yuk Intip Cara Foto Produk Pakaian Berikut!

Fotografi

Mengenal Fashion Photography dan Jenis-Jenisnya

            Artikel Selanjutnya