Tips dan Trik Food Photography ala Christabelle Nanetta

Dibaca Normal: 4 menit aja
food photography ala christabelle nanetta

Tingginya minat profesi sebagai food photographer membuat semakin banyak orang yang ingin belajar soal memotret makanan. Food photography memang punya daya tarik tersendiri, karena seseorang bisa lapar mata hanya karena melihat foto makanan di poster atau layar gadget. Padahal foto makanan menggiurkan tersebut bukan sembarang foto loh, karena ada tips dan trik khusus untuk bisa menciptakan foto makanan. 

Slider
Slider
Slider
food photography ala christabelle nanetta

Christabelle Nanetta di Kuliner Kreativv 4.0

Salah satu food photographer Indonesia, Christabelle Nanetta, pernah membagikan tips dan trik food photography di acara Kuliner Kreativv 4.0 yang diselenggarakan pada Kamis, 12 Desember 2019 di Kantorkuu Citywalk Gajah Mada, Glodok, Kota Jakarta Barat. Mau tahu apa saja tips dan triknya? Yuk baca artikel ini sampai selesai!

Menata Presentasi Makanan yang Photogenic

food photography ala christabelle nanetta

(sumber: instagram.com/christabellenanetta)

Food plating adalah proses yang dilakukan untuk menata presentasi makanan guna meningkatkan kualitas tampilan sebuah hidangan agar orang yang melihatnya jadi ngiler. Ibarat melukis di piring, kamu dapat meningkatkan estetika hidangan lewat food plating sebelum akhirnya difoto. Christabelle Nanetta sempat membagikan beberapa tips yang bisa kamu lakukan saat menata presentasi makanan loh.

UPDATES

Slider

UPDATES

Slider

Pertama-tama pilih jenis makanan yang akan kamu potret dan kenali bagaimana bentuk, warna, dan teksturnya. Dari sana kamu akan menemukan sesuatu yang menarik untuk ditonjolkan di dalam foto. Setelah itu susun makanan di atas alas yang sudah kamu pilih dengan berbagai macam properti di sekelilingnya. Pilihlah properti yang memang cocok dengan tema yah. Selain properti, background foto juga harus sesuai sama jenis makanannya. Tak lupa berikan sentuhan warna yang appealing guna meningkatkan daya tarik foto, dengan begitu kamu mampu menciptakan presentasi makanan yang photogenic

Baca Juga
Lapar Mata Karena Lihat Foto Makanan? Ini Penyebabnya!

Membangun Narasi Visual dan Tekstual yang Menarik

Sebagai seorang food photographer, mengenali produk yang akan kamu potret merupakan hal wajib yang tidak boleh disepelekan. Sebelum mulai eksekusi foto, pertama-tama yang harus kamu lakukan adalah mencari tahu latar belakang produk atau jenis makanan tersebut. Tujuannya supaya kamu memiliki bekal pengetahuan yang baik seputar produk yang disampaikan. 

View this post on Instagram

Dimsum partyyyy dengan aneka dimsum dr distributor dimsum & seafood frozen @masmodimsumm 🔥 Buat penggemar dimsum2an, wajib teramat wajib cobain aneka dimsum disini! Super endeusssss👍💯 . . 💯Homemade 💯HALAL ❌PENGAWET Terima pesanan dlm jmlh bsr jg utk pesta ultah, pernikahan, meeting kantor, gathering, arisan, dsb ✅ Yukkk rayakan momen kebersamaan kalian supaya makin akrab dan erat dengan aneka dimsum disini ♡ Ga cuma dimsum tp mereka jg jual lumpia goreng yg super yummmms, aneka seafood frozen seperti salmon fillet, tuna fillet, dory fillet, sampai calamari ring jg ada 🐟🦑 Gurih legitnya pas, dagingnya empuk dan juicyyyyy 👍 . . Dimsum resto hadir di rumah kamu? Why not! Ga ada yg ga mungkin dengan @masmodimsumm 🥢🥢 nyetokkkk cusss buat kumpul2 keluarga weekend besok ❤ IG: @masmodimsumm WA: 0812.9790.9562 📍available at GOFOOD & GRABFOOD 📍available at TOKOPEDIA & SHOPEE ✅ agen & reseller welcome 💯 HALAL . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . #cnfoodgallery #masmodimsum #dimsum #jualdimsum #lumpiagoreng #dimsumhalal #siomaydimsum #dimsummix #dimsumudang #seafood #dimsumjamur #distributordimsum #dimsumjakarta #dimsumdepok #dimsumbekasi #dimsumtangerang #endorse #endorsement #jktfoodblogger #jktfooddestination #jktfoodbang #foodies #foodreview #kulinerjakarta #kulinerdepok #kulinertangerang #jktfood #salmon #tuna #calamari

A post shared by Nanetta || #CNfoodgallery (@christabellenanetta) on

Setelah berhasil mencari tahu latar belakang produk, sekarang waktunya untuk mengemas informasi tersebut menjadi lebih menarik. Caranya adalah dengan membangun narasi visual dan tekstual. Narasi visual dapat dibentuk melalui pemilihan produk, bentuk, warna, jumlah, susunan, angle kamera, sampai filter foto yang digunakan. Sedangkan narasi visual dapat dibentuk melalui caption yang kamu tulis secara lengkap dan informatif. Tips dari kami, pelajari teknik copywriting untuk bisa membuat caption yang menarik dan menjual.

Baca Juga
Tutorial VSCO untuk Food Photography yang Ciamik

Slider
Slider
Slider
Artikel Terkait
Fotografi

Visual Balance Fotografi, Rahasia Bikin Foto Makin Menakjubkan

Fotografi

5 Tripod Kamera Murah Terbaik Harga di Bawah 1 Juta

Fotografi

Inspirasi Background Keren untuk Toy Photography

Fotografi

Kuasai Teknik Lampu Fotografi Unik Ini untuk Hasil Jepretan Lebih Pro

Fotografi

Wajib Follow! Akun Instagram Seleb Indonesia yang Jago Fotografi

Fotografi

Hasilnya Ciamik! Ini Tips Foto Produk di Rumah dengan Hasil Terbaik

Quizzes

Slider
      TRENDING
#Trending
Next >>
ad1
close-link
ad1
close-link
ad1
close-link
ad1
close-link
ad1
close-link
ad1
close-link
ad1
close-link
ad1
close-link
ad1
close-link
ad1
close-link
ad1
close-link
ad1
close-link
ad1
close-link