Fotografi

Ini Alasan Di Balik Tren Fotografi Analog Yang Kembali Populer

fotografi analog

Akhir-akhir ini fotografi analog kembali digemari generasi anak muda. Coba kamu tengok media sosial Instagram, pasti akan menjumpai hasil jepretan dari fotografi analog. Atau bisa juga search di kolom pencarian tentang tren satu ini, maka hasilnya pasti akan banyak sekali. Nah, yang jadi alasan, kenapa sih, teknik fotografi ini bisa kembali tren di era digital seperti sekarang? Jika kamu telisik lebih lanjut, ada banyak alasan kenapa kamu bisa kembali mencoba menggunakan teknik fotografi yang populer:

1. Beda dengan Kamera Digital, Kamera Analog Pakai Film Roll

kamera analog

sumber: needpix.com

Nggak seperti saat kamu jepret-jepret dengan kamera digital yang tak dibatasi jumlah foto, ada batas pengambilan foto kalau kamu pakai kamera analog. Batas itu cuma antara 24 hingga 36 gambar aja yang bisa dihasilkan. Nah, itulah kenapa, kamu harus berhati-hati dalam memotret dengan analog camera. Jadi sebelum jeprat-jepret, pastikan kamu sudah mempelajari gimana caranya memotret dengan kamera jenis ini, ya.

2. Kesabaranmu Bakal Sangat Dibutuhkan Saat Mengambil Gambar

memotren dengan kamera analog

sumber: pcdn.co

Jangan harap bisa mendapatkan foto yang keren kalau kamu baru terjun ke dunia analog photography. Berbeda ketika kamu menggunakan kamera digital, di mana hasil yang akan didapatkan pasti nggak diragukan sempurnanya. Karena ada fitur otomatis yang bisa kamu andalkan kalau memotret dengan kamera digital, jadi proses pengambilan gambar pun nggak bikin pusing. Nah, fitur canggih seperti itu nggak akan kamu dapatkan di kamera analog. So, kamulah yang harus lebih sabar dan juga jangan malas untuk sering-sering latihan demi mendapatkan hasil foto terbaik.

Baca Juga :   Istilah Kamera Analog yang Harus Kamu Ketahui

3. Lebih Mendalami Proses Pewarnaan dan Sudut Pengambilan Cahaya

teknik angle foto

sumber: portablebeasts.com

Tahu, kan, kalau pencahayaan dan pewarnaan suatu objek adalah faktor terpenting dari foto yang sempurna? Dan kedua hal itu nggak cuma bisa dilakukan dengan proses peng-edit-an di komputer saja, loh. Kamu bisa mendapatkan pencahayaan dan pewarnaan yang oke punya ketika mengambil gambar dengan kamera analog. Tapi untuk itu, kamu harus mengaturnya sedetail mungkin. Seberapa tajam hasil gambar yang kamu jepret juga bisa dihasilkan dari sini. Nggak heran, sebelum terjun langsung ke dunia analog, kamu harus mempelajar lebih dalam tentang teknik memotret dengan kamera analog.

About author

Related posts
Fotografi

Komposisi dan Pencahayaan Dibalik Foto Interior yang Menarik

Fotografi

Begini Caranya Fotografi Melatih Memori Kamu

Fotografi

Tips Membuat Video Pernikahan Sendiri Biar Lebih Hemat Bujet

Fotografi

Ayo Belajar Macro Photography!