fbpx

Merekam Kisah Manusia lewat Fotografi Human Interest

Dibaca Normal: 5 menit aja 😊
Fotografi Human Interest

Memotret adalah hal yang menyenangkan bagi sebagian orang. Tak jarang mereka rela terjun langsung ke lapangan demi mendapatkan gambar yang diinginkan. Pada dasarnya, foto memiliki subjek dan objek yang menjadi komponen utama. Jika kamu tertarik menjadikan manusia sebagai subjek utama, aliran fotografi human interest bisa kamu pelajari lebih dalam, GenK.

Nah, kalau kamu tertarik, kami punya pembahasan singkat seputar aliran fotografi yang satu ini. Yuk simak aja langsung!

Apa Itu Fotografi Human Interest?

Aliran fotografi ini acap kali disamakan dengan aliran lain, seperti street photography dan culture photography. Penyebabnya adalah aliran fotografi tersebut sama-sama menjadikan manusia sebagai subjek utama foto. Padahal mereka berbeda satu sama lain loh.

Human interest adalah sebuah aliran fotografi yang menekankan pada manusia sebagai objek utama untuk menggambarkan sebuah cerita yang menimbulkan rasa simpati dan empati.

Melalui aliran ini, fotografer bisa melibatkan rasa dan keresahan pribadi yang kemudian divisualisasi dengan menarik. Komponen utama aliran ini adalah manusia yang kemudian diperkuat dengan latar tempat sehingga terciptalah sebuah kisah tersendiri.

Para fotografer yang menekuni genre ini menghadirkan manusia dari berbagai macam profesi, jenis kelamin, busana, dan masih banyak elemen lainnya. Lalu semua elemen ini diperkuat dengan momen yang pas sehingga mampu menciptakan sebuah karya foto yang istimewa.

Ciri-Ciri Fotografi Human Interest

Pada dasarnya tidak ada aturan yang benar-benar mengikat soal aliran ini. Intinya, cerita yang ingin disampaikan dari setiap momen harus bisa tersampaikan. Walaupun tidak memiliki aturan mengikat, akan lebih baik kalau kamu mengetahui ciri-ciri secara umum yang berkaitan dengan fotografi ini. Yuk dibaca, GenK!

Manusia sebagai subjek utama

Ciri yang pertama adalah manusia sebagai subjek utama. Ciri ini bisa menjadi pembeda dengan aliran foto lainnya. Sekali lagi, GenK, fotografer harus mampu menghasilkan gambar yang bisa bercerita. Maka dari itu manusia perlu didukung situasi dan segala unsur yang ada di lingkungan potret.

Alami

Alami menjadi ciri yang berikutnya. Maksud alami di sini adalah menampilkan manusia di dalam kehidupan sehari-hari dengan kondisi momen natural alias tidak direncanakan terlebih dahulu. Tujuannya agar reaksi dan ekspresi subjek tidak kaku dan terkesan dibuat-buat. Makanya, kamu perlu menjaga suasana dan memastikan subjek tidak menyadari adanya kamera yang mengarah kepadanya.

Menimbulkan rasa simpati dan empati

Ekspresi, gestur, dan reaksi yang tertangkap kamera kemudian menimbulkan  rasa dan empati dari audiens. Emosi dari orang-orang yang melihat merupakan satu poin penting dari fotografi human interest. Apakah kamu pernah merasakan emosi seperti itu saat melihat karya foto bergenre ini, GenK?

Tips dan Trik Fotografi Human Interest

Kepopuleran aliran ini memang tidak terbantahkan. Tidak hanya dari segi banyaknya fotografer yang menghasilkan karya foto, tetapi juga dari segi banyaknya penggemar aliran ini. Membuat foto dengan aliran ini memang tidak mudah, karena kamu perlu selalu peka dengan momen yang tentunya bisa datang kapan saja. Sebenarnya tips penting untuk aliran ini bukan bersifat teknis, melainkan mengenai instingtif. Maksudnya, yang penting diperhatikan adalah menggali kepekaanmu terhadap manusia agar menghasilkan foto yang istimewa. Nah, inilah beberapa tips dan trik yang bisa kamu terapkan, khususnya untuk para pemula!

1. Memahami dengan benar apa itu fotografi human interest

Eksplorasi_Dunia_lewat_Fotografi_Human_Interest_1

Sumber: unsplash.com

Sebelum benar-benar terjun ke aliran fotografi ini, kamu perlu memahaminya lebih dalam. Kamu bisa membaca banyak sumber yang menjelaskan mengenai seluk-beluk aliran ini. Dengan demikian kamu bisa semakin mengerti apa yang membedakan aliran ini dengan aliran foto yang lain.

2. Perbanyak referensi

Fotografi Human Interest Tips dari kreativv ID

Sumber: pexels.com

Sambil mendalami alirannya, kamu bisa mencari-cari hasil karya foto aliran ini. Kamu bisa mencarinya dari segala macam platform media sosial. Gunakan tagar #humaninterest untuk mempermudah pencarian gambar. Semakin banyak referensi, maka semakin berkembang pula cakupan ide dan kreativitas kamu, GenK.

3. Eksplorasi tempat-tempat baru

Fotografi Human Interest Tips dari kreativv ID 2

Sumber: pexels.com

Jalan-jalan ke tempat baru akan menghadirkan kisah-kisah baru juga tentunya. Carilah keunikan tersendiri dari setiap tempat. Catat di buku atau ponselmu. Atau bisa langsung kamu rekam sendiri dengan kamera. Semakin banyak mengeksplorasi tempat-tempat baru, maka semakin mudah pula kamu menemukan cerita tersembunyi di baliknya. Dari tempat tersebut, kamu bisa mendapat teman baru loh. Pokoknya, jangan takut berbicara dengan orang setempat. Siapa tahu dari obrolan singkat terdapat makna yang bisa kamu ambil, GenK.

4. Perbanyak membaca dan menonton berita

Fotografi Human Interest Tips dari kreativv ID 3

Sumber: pexels.com

Pada dasarnya, dengan membaca dan menonton berita, kamu bisa menambah pengetahuan seputar peristiwa apa yang sedang terjadi hari ini. Berbagai tema sosial di dalam masyarakat bisa meningkatkan kepekaan dan kejelian kamu terhadap situasi dan lingkungan sekitar. Contohnya adalah pedagang jamu gendong yang susah payah berkeliling dari rumah ke rumah namun tidak laku-laku karena berkurangnya penikmat jamu gendong. Dari kejadian ini bisa divisualisasikan menjadi potret human interest yang istimewa.  

5. Latihan mencari momen

Fotografi Human Interest dari kreativv ID 0

Sumber: pexels.com

Untuk seorang fotografer human interest, pintar mencari momen merupakan hal yang wajib dimiliki. Langsung siapkan kamera dan potret. Ambil banyak gambar agar banyak pilihan. Pilih gambar yang memiliki momen pas. Di dalam momen tersebut harus ada emosi dan interaksi yang membangun sebuah cerita. Dari cerita tersebut kemudian muncul rasa simpati dan empati dari siapa pun yang melihat.

6. Usahakan tidak mengganggu orang lain ya

Fotografi Human Interest dari kreativv ID 5

Sumber: pexels.com

Tidak semua orang mau difoto, apalagi dengan orang yang tidak dikenal. Ini merupakan catatan penting saat eksplorasi langsung ke lapangan. Ada baiknya kamu meminta izin terlebih dahulu dengan orang tersebut, tapi bukan berarti settingan loh. Jika ingin tetap mempertahankan kealamian dan kenaturalan setiap elemen foto, kamu bisa menggunakan lensa tele (lensa jarak jauh. Lensa tele mampu memberikan fokus pada suatu objek sehingga cocok digunakan untuk fotografi human interest. Karena bisa memotret jarak jauh, subjek yang akan kamu foto tidak akan merasa terganggu. Kalau terganggu, bisa-bisa mereka mengubah ekspresi dan tindakan sehingga foto tidak alami lagi.

7. Gagal? Coba lagi!

Fotografi Human Interest Panduan Lengkap kreativv ID

Sumber: pexels.com

Sebagai pemula, wajar apabila kamu mengalami kegagalan. Yang penting adalah bagaimana cara kamu menghadapi kegagalan tersebut. Jika hasil jepretan pertama tidak bagus, coba lagi di jepretan berikutnya. Lalu jika hasilnya masih sama, mungkin kamu perlu banyak belajar lagi. Mana tahu di masa depan, kamu bisa menjadi fotografer handal, GenK. Semangat!


Penjelasan singkat seputar fotografi human interest di atas semoga bisa membantu kamu untuk mengenal lebih dalam tentang aliran ini. Sebenarnya tidak ada teknik salah atau benar saat kamu berkelana untuk memotret, yang terpenting kamu memiliki kepekaan terhadap lingkungan sekitar. Jika kamu tertarik, ayo ambil kamera, pergi ke tempat baru, dan potret semua momen menarik yang ada di sana. Bangun ceritamu sendiri dengan memvisualisasikannya ke dalam sebuah foto. Selamat mengeksplorasi dunia dan bertemu dengan orang-orang baru, GenK!

Polling

Tulis Komentar

Artikel Terkait
Fotografi

7 Kursus Online Buat Belajar Fotografi dari Pemula Sampai Pro

Fotografi

Mengabadikan Keindahan Galaksi dengan Cara Foto Milky Way

Fotografi

Mengenal 5 Jenis Lensa Kamera HP dan Fungsinya

Fotografi

5 Situs untuk Download Gambar Gratis Tanpa Copyright

Fotografi

Dasar-Dasar Mobile Photography pt. 2: Komposisi Fotografi

Fotografi

8 Tips Fotografi di HP Biar Gak Kalah dengan Kamera Profesional

Fotografi

Dasar-Dasar Mobile Photography pt. 1: Komponen Kamera

Fotografi

Cara Mengedit Foto ala Polaroid

Fotografi

6 Tips Cara Selfie Sempurna

Fotografi

Buat Fotomu Jadi Istimewa lewat Fotografi Golden Hour 

Fotografi

Tips dan Trik Edit Foto Ala Korea yang Bisa Kamu Tiru

Fotografi

Begini Caranya Fotografi Melatih Memori Kamu

Fotografi

Istilah Kamera Analog yang Harus Kamu Ketahui

Fotografi

6 Kamera Digital yang Cocok Dibawa Travelling

Fotografi

Kelebihan dan Kekurangan Kamera Analog

Fotografi

6 Cara Membuat Alat-Alat Lighting Foto Sederhana

Fotografi

Mengubah Bayangan Menjadi Karya lewat Shadow Art

Fotografi

Mau Jadi Fotografer Andal? Pelajari Dulu 6 Hal Ini!

Fotografi

10 Kamera Mirrorless Terbaik Harga 5 Juta-an

Fotografi

Ayo Belajar Macro Photography!

            Artikel Selanjutnya     
kid logo
Mau inspirasi ngalir deras,
kreativitas anti mandek?
Dapetin newsletter gratis dan undangan eksklusif ke acara-acara kreativv ID!

 
close-link