Kelebihan dan Kekurangan Kamera Analog

Dibaca Normal: 5 menit aja
kamera analog

Zaman memang sudah berubah. Era modern kini sedang kita nikmati. Namun, ada beberapa kalangan yang masih menyukai produk vintage, salah satunya adalah kamera analog. Kamu salah satunya?

Jenis kamera dibagi menjadi dua jenis, yaitu kamera manual dan kamera digital. Banyak yang menggunakan kamera analog (manual) sebagai koleksi dan juga alat untuk menyimpan dan mengenang memori.

kamera analog 4

Kamera Analog (Sumber: pixabay.com)

Meskipun memerlukan waktu dan biaya lebih untuk mencetak hasil dari jepretan, namun kini kamera jenis ini kembali diminati oleh berbagai kalangan. Hasil foto yang terlihat vintage bisa membuat kita merasakan nuansa nostalgia bersama orang-orang terkasih, GenK.

Di tengah kepungan kamera digital, seperti kamera SLR, DSLR, dan kamera mirrorless, kamera analog punya penggemarnya sendiri loh. Tetapi, pastinya ada beberapa dari kalian yang belum mengetahui betul apa sebenarnya perbedaan dari kamera analog dan kamera digital pada masa kini. Juga, apa saja kelebihan dan kekurangan yang diberikan oleh kamera analog sehingga menarik perhatian banyak kalangan.

Sebaiknya, jika kamu memang ingin membeli kamera analog, kamu harus mengetahui betul apa saja kelebihan dan kekurangannya. Sehingga, kamu bisa lebih optimal dalam mempelajari dan menggunakan kamera itu sendiri.

Untuk itu, yuk simak kelebihan dan kekurangan kamera analog yang perlu kamu ketahui!

Baca Juga
Tutorial Menggunakan Aplikasi Edit Foto Ngeblur di Ponsel

Kelebihan Kamera Analog

1.Resolusi Besar

Mungkin banyak dari kalian yang belum mengetahui betul kelebihan yang satu ini. Padahal, GenK, resolusi besar yang dimiliki kamera analog merupakan keunggulan utama dibandingkan dengan kamera digital. Hal ini disebabkan karena kamera digital dibatasi dengan besaran pada resolusi foto pada kamera. Di saat foto dicetak melebihi pixel resolusi foto, maka foto akan pecah atau blur.

Hal ini tidak terjadi pada kamera analog, jenis kamera satu ini tidak mengenal batasan pada resolusi. Bahkan, kamu bisa saja mencetak hasil foto dari kamera analog sebesar ukuran lemari atau dinding rumah, lho!

2.Tidak Perlu Bantuan Daya Baterai

Kehabisan baterai saat memotret foto, kadang jadi kendala utama. Nah, dengan kamera analog kamu tak perlu memikirkan baterai habis di tengah jalan.

Kamera analog adalah kamera manual yang tidak memerlukan daya baterai seperti pada kamera digital. Baterai hanya digunakan untuk mengaktifkan exposure meter dan light meter. Sedangkan pada kamera digital, kamu memerlukan baterai untuk segala aktifitas pada kamera, baik itu untuk memotret atau merekam video.

3. Kamera yang Tahan Lama dan Tahan Banting

kamera analog 2

Kamera Analog (Sumber: beritakamera.com)

Selanjutnya, kelebihan ini juga merupakan perbedaan kamera analog dan digital yang cukup terlihat. Komponen elektronik pada kamera digital tergolong banyak dan cenderung sangat sensitif. Banyak kejadian dimana kamera digital mudah rusak karena terjatuh, tergores, atau pun sedikit terkena air. Namun berbeda dengan kamera analog. Komponen pada kamera analog tergolong kuat dan awet. Tahan akan banting dan juga tidak sensitif.

Baca Juga
Tutorial Cara Membuat Time Lapse Video untuk Pemula

4.Hasil Kamera Tanpa Noise

Noise biasa diartikan sebagai piksel yang tidak sesuai dengan semestinya atau tempatnya. Dalam dunia fotografi, digital noise seringkali mengganggu kejernihan pada gambar. Noise tersebut berupa bintik-bintik saat kamu menggunakan ISO yang tinggi.

Kamera digital yang dijual dengan harga murah biasanya menghasilkan gambar dengan noise, terlebih kamera ponsel. Nah, pada kamera analog kamu tidak akan menemukan noise pada hasil fotonya.

Namun, ada masalah lain yang hampir serupa seperti noise, GenK, yaitu grain, alias bintik-bintik akibat sensitifnya emulsi film yang membentuk sebuah gambar utuh setelah melalui proses cuci cetak.

Namun, grain pada kamera analog pun sering dianggap sebuah seni loh.

5. Warna Pada Foto Vivid

Kamera analog merupakan jenis kamera yang memberikan berbagai keunikan, salah satunya adalah warna vivid. Arti dari vivid sendiri adalah warna yang mencolok atau sangat cerah sehingga foto vivid dianggap sebagai hasil foto yang sangat eye catching. Ini terjadi karena roll film kamera analog mampu menangkap sinar pada objek secara apa adanya.

6. Bobot Lebih Ringan

Untuk kamu yang mau traveling, kamera analog cocok untuk kamu bawa karena bobotnya sangatlah ringan. Hal ini dikarenakan sedikitnya komponen-komponen kamera yang digunakan. Beda banget dengan kamera digital, GenK.

Baca Juga
8 Tips Fotografi di HP Biar Gak Kalah dengan Kamera Profesional

7. Dapat Lebih Melatih Insting dalam Mengambil Foto

Memotret dengan kamera digital membuat kamu lebih bebas dalam mengambil foto di mana pun, kapan pun dan dalam kondisi seperti apa pun. Hal ini berbeda dengan kamera analog yang buat kamu harus lebih hati-hati dalam mengambil gambar.

Jangan khawatir, GenK. Percobaan secara terus menerus tentunya dapat melatih instingmu untuk mendapatkan hasil pencahayaan yang sempurna. Memang, jika kamu salah dalam mengambil gambar, kamu tidak bisa menghapusnya seperti pada kamera digital. Tapi, anggap saja ini tantangan yang harus kamu taklukan!

Kekurangan Kamera Analog

1. Fitur yang Serba Manual

Dengan sifatnya yang manual, buat kamu harus menghafal fitur-fitur yang ada pada kamera analog. Kamu harus paham bagaimana cara mengatur kameramu. Kamu juga harus menghafal semua komponen yang ada.

Hal ini diperlukan untuk mendapatkan hasil jepretan yang sempurna. Karena, saat kamu lupa akan salah satu fiturnya dan jepretanmu jelek, kamu tidak bisa menghapus gambar yang sudah kamu ambil. Roll film juga bisa terbuang sia-sia jika kamu salah dalam mengatur pencahayaan, misalnya.

2. Menggunakan Roll Film yang Langka dengan Harga Cukup Mahal

kamera analog 1

Roll Film (Sumber: hai.grid.id)

Kamera analog memang pastinya identik dengan roll film. Terlihat unik, namun banyak sekali yang kesulitan dalam mencari roll film kamera analog di masa modern ini. Hal ini tentu karena kini semua sudah beralih ke era digital.

Selain itu, harga pada roll film kamera analog pun juga tidak tergolong murah. Maklum, GenK, produknya sudah langka.

Baca Juga
Cara Mengedit Foto ala Polaroid

3. Hasil Foto Harus Dicetak

kamera analog 3

Hasil foto (Sumber: dailysocial.id)

Dengan kamera digital masa kini, untuk mendapatkan hasil foto, kamu bisa saja langsung transfer hasil foto pada kamera ke smartphone atau laptop menggunakan kabel data atau jaringan Wi-fi. Namun berbeda dengan kamera analog. Untuk mendapatkan hasil fotonya, kamu harus mencetaknya terlebih dahulu dan pastinya memerlukan biaya tambahan dan juga waktu.

Kini kamu sudah tau dong, GenK, apa saja kelebihan dan kekurangan kamera analog? Juga, sekilas kamu sudah mengetahui juga perbedaan kamera analog dan kamera digital. Kamera analog terbaik biasanya juga bisa kamu lihat dari merek kameranya dan juga fitur yang ditawarkan pada kamera tersebut.

Jika kamu suka dengan hasil vintage dan ingin mengenang masa-masa jadul, kamu bisa menggunakan hasil kamera analog sebagai pajangan di kamar.


Gimana? Apakah kamu tertarik untuk membeli kamera analog? Atau kamu tetap setia dengan kamera digital yang menawarkan berbagai fitur yang mudah digunakan? Pastinya semua bisa kamu pilih sesuai dengan kebutuhan! Yang penting, jangan lupa pelajari 6 hal ini kalau kamu mau jadi fotografer andal!

Polling

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Artikel Terkait
Fotografi

5 Rekomendasi Merek Kamera Polaroid yang Bagus

Fotografi

Mengenal 11 Jenis Aturan Komposisi dalam Fotografi

Fotografi

Gak Cuma Golden Hour, Ternyata Ada Blue Hour Photography, GenK!

Fotografi

Memahami Dasar Exposure Triangle dalam Fotografi

            Thank u, next!     
Mau inspirasi mengalir deras dan kreativitas anti mandek? Dapetin kurasi konten berkualitas dan undangan eksklusif ke acara-acara seru kreativv ID!
close-link