Fotografi

Tambah Ilmu Fotografimu, Ini Perbedaan Kamera Full Frame vs APS-C!

kamera full frame APS-C

Kamu yang menyukai fotografi pasti perlu mengetahui berbagai tipe kamera karena ada banyak jenis kamera yang dibedakan menurut aspek-aspek tertentu. Nah, ada dua tipe kamera yang paling umum digunakan untuk memotret, yakni kamera full frame dan kamera APS-C. Antara kamera full frame vs APS-C terdapat perbedaan yang cukup signifikan. Mari kita mempelajarinya sama-sama.

Perbedaan Kamera Full Frame dan Kamera APS-C

Bisa jadi kamu sudah tahu perbedaan antara keduanya. Namun, tidak ada salahnya kita mengenalinya dengan lebih jelas. Yuk, simak penjelasannya!

Kamera Full Frame

Model kamera ini menggunakan istilah full frame karena menyesuaikan dengan jenis sensor pada kameranya. Sensor pada kamera ini berukuran 36 mm x 24 mm. Ukuran ini sama dengan ukuran film yang digunakan pada kamera model analog. Namun, masih ada kamera dengan format medium yang memiliki sensor lebih besar di atas full frame. Jadi, kamera tersebut memiliki cakupan foto yang lebih luas juga jika dibandingkan hasil fotografi dengan menggunakan full frame. Kamu bisa melihat perbedaan dari beberapa sensor kamera yang paling umum di bawah ini. Dari gambar ini, kamu dapat mengerti perbedaan yang terlihat antara kamera full frame dan APS-C yang memang nampak cukup jelas. Berbeda, kan?

full frame camera vs aps-c

sumber: studiobinder.com

Beberapa perbedaan sekaligus keunggulan kamera full frame jika dibandingkan dengan APS-C adalah sebagai berikut:

ISO

Dua kamera ini memiliki ISO yang perbedaan pengaruhnya sangat besar. Kamera APS-C cukup menggunakan ISO 1600 ke atas untuk menghasilkan foto yang terlihat noise. Akan tetapi, saat kamera full frame sudah menggunakan ISO 6400, tingkat noisenya masih bisa ditoleransi.

Baca Juga :   Jadi Masalah di Dunia Fotografi, Ini Cara Menghilangkan Noise pada Foto

Penggunaan Lensa

Banyak macam-macam lensa yang terdapat pada kamera sesuai jenis kameranya. Untuk kedua kamera ini, jenis lensa yang digunakan juga sangat berbeda. Kamera full frame tidak memiliki crop factor. Jadi, kalau kamu menggunakan lensa 18 mm, maka hasil fotomu juga menunjukkan tampilan 18 mm. Sementara, pada kamera APS-C, jika kamu menggunakan lensa 18 mm, maka itu akan menjadi 27mm, dengan efek crop factor 1,5 kali. Umumnya, seorang fotografer lebih memilih kamera full frame dengan cakupan yang memang lebih luas.

lensa full frame

sumber: amateurphotographer.co.uk

About author

Related posts
Fotografi

Begini Caranya Fotografi Melatih Memori Kamu

Fotografi

Tips Membuat Video Pernikahan Sendiri Biar Lebih Hemat Bujet

Fotografi

Ayo Belajar Macro Photography!

Fotografi

Tips Foto Keluarga Sendiri, Keren Tanpa Perlu ke Studio