Rekomendasi Tips & Kamera Vlog Buat Kamu yang Mau jadi Vlogger

Dibaca Normal: 7 menit aja
kamera vlog

Mau punya penghasilan tambahan dengan cara yang menyenangkan, GenK? Coba deh bikin vlog sendiri! Kami punya tipsnya, termasuk tips memilih kamera vlog.

Dulu memang zamannya menjadi blogger, tapi kini kamu bisa jadi vlogger! Sebenarnya banyak kemiripan dari blog dan vlog, hanya saja media yang digunakan sangat berbeda. Untuk blog, medianya adalah artikel, sedangkan vlog menggunakan media video untuk menjelaskan konten.

Banyak sekali tema atau jenis dari vlog itu sendiri, ada beauty vlogger, lifestyle vlogger, traveling vlogger, food vlogger, dan masih banyak lagi. Variasi ini tidak lepas dari semakin berkembangnya zaman, GenK. Di era serba online ini, vlogger sudah menjadi sumber informasi utama bagi kalangan muda. Mulai dari review berbagai macam produk, review berbagai macam tempat wisata dan restoran, hingga video biografi seseorang.

Menjadi vlogger sering jadi pilihan karena dinilai dapat memberikan penghasilan yang menjanjikan. Hanya saja, menjadi vlogger pun tak bisa sembarangan. Mulai dari konten yang dipilih, tema vlog, dan juga jenis kamera yang dipilih. Untuk itu, jika kamu berniat menjadi vlogger ternama, artikel ini pas buatmu!

Tips Jadi Vlogger Handal

Menjadi vlogger tidak bisa asal-asalan, GenK, supaya penonton tertarik dan selalu menunggu update-an video terbaru kamu. Nah, makanya, simak beberapa tips mudah untuk mengawali karir-mu sebagai vlogger!

1. Pelajari dulu dasarnya

Setiap memulai hal baru, pastinya kamu harus mempelajarinya terlebih dahulu. Begitu pun dalam memulai sebuah vlog. Kamu harus mempelajari teknik dasar mengambil gambar serta cara mengarahkan kamera. Setelah itu, kamu bisa mulai mencari tahu apa saja yang diperlukan, mulai dari kameranya, alat bantunya seperti tripod, dan apakah cahaya yang kamu gunakan sudah cukup atau belum.

Sebelum mulai merekam, ada baiknya kamu tes terlebih dahulu apakah cahaya dan fokus pada kamera sudah cukup jelas untuk menyampaikan pesan dengan baik. Kamu juga bisa mencari berbagai inspirasi menjadi vlogger dengan melihat dan menonton video dari vlogger-vlogger ternama.

2. Memiliki perlengkapan dasar

Sudah tau kan apa saja yang harus jadi pertimbangan saat memulai menjadi vlogger?

Setelah semua mantap kamu tentukan, pastinya kamu memerlukan berbagai perlengkapan dasar dong, GenK. Jangan lupa untuk buat daftar agar kamu bisa mengurutkan dari yang paling dibutuhkan ya!

kamera vlog 1

Kamera (Sumber: unsplash.com)

Pertama, pastinya kamu memerlukan sebuah kamera, baik itu kamera pada smartphone, kamera profesional, atau kamera digital biasa. Semua bisa kamu sesuaikan dengan kebutuhan dan juga budget yang dimiliki. Jangan memaksakan diri membeli barang yang mahal!

Setelah itu, kamu bisa mempertimbangkan untuk membeli lampu sebagai cahaya tambahan yang digunakan saat merekam video. Hal ini cukup penting karena dapat membuat wajahmu terlihat lebih jelas di kamera. Setelah itu, kamu juga bisa mempertimbangkan untuk mencari microphone yang baik untuk membuat suaramu jelas. Mungkin kamu bisa memilih mic clip kecil yang bisa kamu taruh di kerah.

Jika perlengkapan dasar sudah kamu miliki, maka kamu sudah siap untuk mulai!

Baca Juga
Berkreasi di Ponsel dengan Aplikasi Edit Foto Serbaguna Ini

3.Berlatih secara rutin di depan kaca dan di depan umum

Selalu ingat untuk rutin berlatih terlebih dahulu ya, GenK. Coba berlatihlah di depan cermin untuk melihat apakah cara penyampaianmu sudah jelas atau belum. Dengan berlatih rutin di depan cermin, kamu akan mengetahui sendiri apa saja kekurangan yang ada dan bisa kamu perbaiki disaat merekam videonya.

kamera vlog 8

Berlatih secara rutin (Sumber: unsplash.com)

Setelah itu, kamu juga bisa mulai untuk melatih berbicara di depan umum agar tidak grogi saat berada di depan kamera. Setelah dua hal tersebut berhasil kamu latih, kamu sudah bisa memulai coba merekam videomu mengunggahnya ke media sosial.

4. Jangan lupa, tentukan tema!

Nah, ada baiknya kamu menentukan juga tema vlog yang akan kamu buat. Sesuaikan dengan keahlian dan kesukaanmu. Apakah kamu suka dengan produk-produk kecantikan, fashion, makanan, atau hanya ingin menunjukkan aktivitas keseharianmu?

Dengan menentukan tema vlog, kamu akan lebih fokus untuk membahas dan membuat konten video, sehingga penonton pun tidak bingung tentang pembahasan yang ada pada videomu. Akan lebih baik juga jika tema yang kamu pilih disesuaikan dengan hobi yang kamu miliki.

5. Pilih target penonton

Selain memilih tema, memilih target atau segmen dari penonton video juga sangat penting. Hal tersebut menentukan topik juga gaya bahasa yang akan kamu gunakan. Jenis pemilihan kata juga bisa kamu sesuaikan dengan target penonton yang kamu sasar.

Baca Juga
Begini Nih Perkembangan Kamera Polaroid!

Kamu bisa menentukan target penonton berdasarkan usia, geografi, gaya hidup, kelas sosial, dan lain sebagainya. Dengan menentukan segmen tersebut, pastinya videomu akan lebih fokus pada setiap pembahasannya.

6. Belajarlah cara mengedit video sendiri secara sederhana

kamera vlog 7

Aplikasi edit video (Sumber: larryjordan.com)

Tak perlu neko-neko, kamu bisa edit videomu sendiri dengan cara yang sederhana dan mudah kok, GenK. Banyak berbagai pilihan software untuk mengedit video, kamu bisa memilihnya sesuai dengan kemampuan dan selera video yang ingin kamu tampilkan.

Sebaiknya, jangan gunakan tampilan video yang terlalu ramai dan membingungkan. Fokuslah pada konten yang akan kamu sampaikan kepada masyarakat agar pesan yang tersampaikan juga jelas. Jika memilih lagu, jangan lupa untuk menyesuaikan volumenya dengan suaramu. Jangan sampai volume lagi malah lebih kencang dibandingkan suaramu sendiri.

Daftar Kamera Mirrorless Terbaik untuk Para Vlogger

Bukan cuma tips jadi vlogger saja yang harus kamu perhatikan dalam memulai untuk membuat vlog, pemilihan kamera juga penting lho untuk kamu perhatikan! Jika kamu memiliki budget lebih, apa salahnya membeli kamera yang terbaik? Nah, untuk itu, kami berikan daftar kamera mirrorles untuk vlog terbaik yang bisa kamu jadikan pilihan, GenK!

1. Fujifilm XA-3

kamera vlog 2

Fujifilm XA-3 (Sumber: infofotografi.com)

Kamera ini bisa dikatakan sebagai kamera vlog terbaik dan sering jadi pilihan utama para vlogger. Fujifilm XA-3 merupakan kamera mirrorless baru keluaran dari Fujifilm. Kamera ini memiliki teknologi layar sentuh yang berukuran 3 inci. Layar pada Fujifilm XA-3 bisa kamu lipat sehingga mempermudah kamu untuk mengambil video dan foto selfie.

Kamera satu ini dibekali dengan lensa FUJINON XC 16-50 f/3,5 – 5,6 IOS II yang dipercaya memiliki kemampuan foto terbaik di kelasnya. Kamera ini bisa menangkap gambar dan video yang fokus pada benda berjarak kurang lebih 7 cm. Ditambah lagi, Fujifilm XA-3 ini juga dilengkapi dengan sensor canggih, yaitu APS – C beresolusi 24,2 MP!.

2. Sony A5100

kamera vlog 3

Sony A5100 (Sumber: miyamondo.com.my)

Nah, kamera berikutnya adalah Sony Alpha A5100. Dilengkapi dengan lensa kit 16 – 50 mm, tentunya kamera ini membuat jepretan jadi lebih fokus dan jernih. Ditambah lagi, kamera vlog ini juga dilengkapi dengan sensor APS-C Exmor CMOS yang kualitasnya tak diragukan lagi. Resolusinya pun besar, 24 MP.

Baca Juga
Perkembangan Kamera Ponsel dari Waktu ke Waktu

Tak kalah menariknya, Sony A5100 ini dilengkapi dengan prosesor BIONZ X yang dapat memproses hasil jepretan lebih cepat. Memiliki layar berfitur touchscreen sebesar 3 inci yang bisa kamu lipat hingga 180 derajat, kamera ini sangat mempermudahmu dalam proses pembuatan vlog.

Selain itu, kamera mirrorless untuk vlog satu ini juga memiliki resolusi full HD yang sangat jernih, sehingga kamu tak perlu ragu lagi akan hasil akhirnya. Di kamera ini juga terdapat berbagai fitur menarik, GenK, yaitu Wi-fi, HDMI, USB Port, dan juga NFC. Tidak ketinggalan, harganya terjangkau, serta ukurannya tidak terlalu besar. Nyaman di kantong dan di tanganmu, GenK!

3. Canon EOS M10

kamera vlog 4

Canon EOS M10 (Sumber: engadget.com)

Siapa yang tak kenal kamera Canon? Kamera vlog satu ini sering jadi incaran para vlogger demi meningkatkan kualitas dari video mereka. Jenis kamera mirrorless satu ini memiliki teknologi CMPS AF II yang dibalut dengan kemampuan autofocus yang sangat mempermudah kamu merekam video. Pasti mempermudah kamu untuk mengambil video secara akurat meskipun dalam kecepatan yang tinggi.

Lensa pada kamera Canon EOS M10 ini memiliki resolusi sebesar 18 MP + sensor CMOS, serta ditambah dengan ISO 100 – 12800 sampai dengan 25600. Tidak kalah dengan merk kamera mirrorless lainnya, kamera mirrorless Canon satu ini memiliki fitur layar sentuh pada LCD dan bisa diputar hingga 180 derajat. Dengan adanya fitur tersebut, tentunya mempermudahmu dalam pengambilan video vlogging dan selfie.

4. Olympus PEN E-PL8

kamera vlog 5

Olympus PEN E-PL8 (Sumber: dpreview.com)

Mungkin banyak dari kalian yang kurang mengenal kelebihan dari kamera Olympus ini. Namun, satu hal yang pasti, Olympus juga memiliki kamera mirrorless yang handal dalam pembuatan vlog.

Bukan hanya sekedar fiturnya yang canggih, kamera satu ini memiliki desain body yang stylish dan juga berasal dari material premium berkualitas. Menghadirkan lensa dengan sensor 16 MP + Image Stabilization. Adanya prosesor TruPicVII mendorong kamera ini dapat memberikan hasil video dan foto dengan kualitas warna yang tak diragukan dan sangat tajam.

Baca Juga
Trik Mengejutkan di Balik Food Photography

Kamera Olympus PEN E-PL8 memiliki layar touchscreen yang pastinya menambah kemudahan pengambilan foto. Ditambah lagi adanya fitur otomatis untuk pengambilan selfie saat layar diputar ke bawah.

5. Nikon 1 J5

kamera vlog 6

Nikon 1 J5 (Sumber: bhphotovideo.com)

Sejak dulu, Nikon sudah dikenal andal dalam masalah pengambilan gambar. Memang ditujukan untuk kebutuhan selfie dan vlog, Nikon 1 J5 ini memiliki layar lipat penuh yang dapat dilipat mencapai 180 derajat. Selain itu, kamera Nikon ini memiliki sensor 20m8 Mpix dan dapat merekam video berkualitas 4K. Untuk kamu yang mencari kamera berukuran mungil, kamera Mirrorless Nikon satu ini sangat cocok untukmu!


Sudah paham betul belum cara jadi vlogger yang benar dan kamera vlog apa saja yang baik untuk digunakan? Jangan lupa untuk selalu sesuaikan dengan kebutuhan ya, GenK!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Artikel Terkait
Fotografi

5 Rekomendasi Merek Kamera Polaroid yang Bagus

Fotografi

Mengenal 11 Jenis Aturan Komposisi dalam Fotografi

Fotografi

Gak Cuma Golden Hour, Ternyata Ada Blue Hour Photography, GenK!

Fotografi

Memahami Dasar Exposure Triangle dalam Fotografi

            Thank u, next!     
Mau inspirasi mengalir deras dan kreativitas anti mandek? Dapetin kurasi konten berkualitas dan undangan eksklusif ke acara-acara seru kreativv ID!
close-link