Fotografi

Rahasia Mobile Photography pt. 1: Komponen Kamera

mobile photography

Mengambil foto dengan kamera HP memang paling praktis. Seiring berkembangnya zaman, teknologi fotografi yang digunakan pada perangkat ponsel genggam juga semakin maju. Para produsen HP terus menerus berinovasi untuk menciptakan kamera yang lebih powerful dan bisa bersaing dengan kamera biasa. Sementara dari dunia fotografi sendiri, berkarya dengan menggunakan perangkat smartphone memiliki tantangan dan keunikan tersendiri. Untuk menghasilkan kualitas foto yang baik, kamu harus belajar mengenai dasar-dasar mobile photography, dimulai dari mengenal seluk beluk kamera. Yuk disimak!

Teknologi Kamera Ponsel

mobile photography 6

Ilustrasi kamera HP (sumber: techradar.com)

Hal pertama yang perlu kamu ketahui tentang dasar mobile photography adalah alat yang akan menjadi senjata utamamu, yaitu kamera HP. Sejak kamera HP pertama kali dikenalkan di tahun akhir tahun 1990-an, teknologi ini terus bertumbuh dengan pesat hingga memasuki tahun 2019 ini. Hampir setiap HP yang sekarang dijual di pasar, pasti memiliki fitur kamera. 

Beberapa merek ponsel tertentu bahkan secara khusus membuat dan mengembangkan teknologi kamera teranyar sebagai nilai jual utama dari produk-produk mereka. Teknologi kamera telah dikembangkan untuk bisa mengambil foto berkualitas tinggi yang biasanya hanya dapat dilakukan dengan kamera profesional. 

Adanya fitur teknologi yang telah disematkan pada kamera ponsel yang biasa kita jumpai meliputi jumlah digit megapixels ganda, belasan, bahkan puluhan, dilengkapi fitur optical zoom, sensor red eye, dan kapasitas untuk merekam video dalam kualitas high definition (HD). Untuk mengetahui lebih lanjut mengenai fotografi smartphone, kamu harus memahami dulu berbagai komponen pada kamera HP. 

1. Lensa

mobile photography 1

Gambar lensa kamera HP (sumber: pomag.com)

Kamera ponsel terdiri dari dua komponen utama yaitu lensa dan sensor. Kedua komponen inilah yang berguna menerima dan memproses data yang kemudian digunakan oleh software untuk menampilkan gambar di layar monitor ponselmu. 

Dalam beberapa waktu belakangan, kamu pasti familiar dengan banyaknya brand yang meluncurkan HP dengan berbagai pilihan kamera yang ditanamkan pada ponselnya. Jadi HP sekarang bukan hanya memiliki satu kamera di depan dan belakang saja. 

Kamu bisa dengan mudah menemukan HP yang memboyong hingga dua kamera pada kedua sisinya. Bahkan ada juga yang menyematkan tiga sampai empat kamera sekaligus loh. Kebayang gak kamera sebanyak itu mau dibuat apa? Lensa kamera tersebut masing-masing memiliki fungsi yang spesifik untuk keperluan mobile photography. Beberapa jenis lensa kamera di antaranya:   

  • Ultra wide-angleuntuk menangkap view yang lebih luas, dengan lebar lensa hingga 16mm. 
  • Wide-angle/standarlensa kamera biasa dengan luas sekitar 27mm atau 28mm. 
  • Telephotoberfungsi untuk fokus objek yang jauh dengan lensa telephoto 2x (56mm) atau 3x (81mm) 
  • Monokrom – khusus mengambil foto monokrom 
  • Depth camera membuat background menjadi blur atau dikenal dengan istilah efek bokeh 
Baca Juga :   Mengenal 5 Jenis Lensa Kamera HP dan Fungsinya
About author

Related posts
Fotografi

Begini Caranya Fotografi Melatih Memori Kamu

Fotografi

Tips Membuat Video Pernikahan Sendiri Biar Lebih Hemat Bujet

Fotografi

Ayo Belajar Macro Photography!

Fotografi

Tips Foto Keluarga Sendiri, Keren Tanpa Perlu ke Studio

Leave a Reply

Your email address will not be published.