Mengenal 5 Jenis Lensa Kamera HP dan Fungsinya

Dibaca Normal: 5 menit aja
lensa kamera hp

Mau memotret dengan ponsel tapi hasilnya malah ngeblur. Coba deh kenalan dengan 5 jenis lensa kamera HP berikut. Memotret dengan ponsel jadi tidak kalah dengan fotografer andal. Ayo baca penjelasannya di sini!

Lensa clip-on yang digunakan untuk smartphone memang sedang populer beberapa tahun belakangan. Kedatangan teknologi baru ini membawa angin segar untuk dunia fotografi, karena menghadirkan serangkaian pilihan hasil foto yang menarik untuk pengguna iOS dan Android.

lensa kamera hp 1

Contoh lensa tambahan (sumber: digitaltrends.com)

Dengan menggunakan lensa eksternal yang portabel seperti ini, kamu dapat memotret layaknya profesional. Wah terbayang gak tuh hasilnya, GenK?

Namun tak dapat dipungkiri bahwa ada harga ada rupa. Kamu perlu merogoh kocek untuk mendapatkannya. Jadi, jangan sampai uang yang sudah kamu keluarkan terbuang sia-sia karena salah pilih jenis dan merek.

Nah, ikutin nih bahasan perihal jenis-jenis lensa kamera HP. Silakan dibaca penjelasannya satu per satu, GenK.

Jenis-Jenis Lensa Kamera HP

Nah, buat kamu yang masih kurang puas dengan hasil jepretan kamera ponsel, tidak ada salahnya menggunakan lensa tambahan guna menunjang hasil foto yang apik. Yuk, cek dulu beberapa pilihan lensa kamera HP berikut ini!

1. Lensa Macro

lensa kamera hp 2

Lensa makro di ponsel (sumber: blackeyelens.com)

Kami mulai pembahasannya dari lensa macro. Sebelumnya kami sudah pernah membahas tentang macro photography untuk kamera DSLR, tapi bagaimana jadinya kalau ingin memotret macro dengan ponsel?

Pada dasarnya, lensa macro adalah lensa yang digunakan untuk memotret objek dengan jarak yang sangat dekat supaya mendapatkan detail fokus yang tinggi tanpa harus menggunakan alat pembesar pada objek utama foto.

Lensa yang satu ini sangat cocok untuk mengambil objek yang berukuran kecil, contohnya seperti serangga yang hinggap di dedaunan. Hal ini dikarenakan lensa macro memiliki rasio 1:1 yang menyebabkan besar gambar saat memotret akan sama dengan ukuran objek yang asli.

Dengan menggunakan lensa macro dalam bentuk clip-on tentunya akan lebih praktis, GenK. Karena kamu bisa menghasilkan gambar yang detail tanpa perlu takut ngeblur seperti saat menggunakan lensa bawaan dari ponselmu.

Baca Juga
Mengenal Macam-Macam Lensa Kamera, Anak Fotografi Wajib Baca

2. Lensa Wide

lensa kamera hp 3

Lensa wide di ponsel (sumber: shopmoment.com)

Suka memotret panorama alam? Coba gunakan lensa wide. Untungnya, sekarang kamu bisa menggunakan lensa ini di ponsel genggam milikmu, GenK. Jadi kamu tidak perlu ribet untuk gonta-ganti lensa ketika hunting foto. Cukup jepit lensa ini di sudut ponsel dan voila! Gak pakai lama, kamu bisa langsung memotret lanskap dengan hasil yang cetar.

Eh, tunggu dulu. Tahukah kamu apa itu lensa wide?

Persis seperti namanya, lensa wide adalah lensa yang digunakan untuk mencakup pengambilan gambar dengan jangkauan sudut yang luas. Sehingga lensa ini memungkinkan kamu untuk memotret suatu area yang luas dalam satu bingkai foto.

Landscape photography merupakan jenis fotografi yang acap kali menggunakan lensa wide sebagai tools keramat sang fotografer saat memotret. Mereka menggunakan lensa ini karena ingin menangkap begitu banyak informasi dalam sekali jepret.

Akan tetapi diperlukan keahlian khusus atau photographer sense untuk menciptakan foto lanskap yang apik. Realitanya, ketika kamu menggunakan lensa ini, gambar jadi cenderung penuh dan terkesan sibuk sehingga subjek inti malah kehilangan makna. 儭

3. Lensa Telephoto

lensa tele hp 4

Lensa tele di ponsel (sumber: dhgate.com)

Zoom dan terus zoom.

Teknik ini tidak akan efektif jika nyatanya objek foto berada terlalu jauh dari lokasi lensa ponselmu. Alhasil, gambarnya malah jadi blur. Bete banget gak sih? Mungkin kamu harus mencoba jenis lensa kamera HP yang satu ini, dia adalah lensa telephoto.

Telephoto lens atau lensa tele adalah jenis lensa kamera yang memang dirancang untuk mengambil foto subjek pada jarak yang jauh karena memiliki focal length yang mumpuni. Biasanya focal length ditulis dalam satuan mm, seperti 24 mm, 50 mm, dan 70 mm. Semakin pendek jaraknya, luas gambar yang dijangkau akan semakin luas.

Ketika menonton pertandingan sepak bola, segerombolan fotografer berjejer di pinggir lapangan. Mereka menggunakan lensa tele guna mendapatkan foto yang detail meskipun diambil dari jarak jauh. Dengan lensa ini, kamu bisa menghasilkan perspektif alami tanpa distorsi.

Untuk kasus lensa tele HP, bentuknya sangatlah unik, karena hampir menyerupai bentuk originalnya, GenK. Tips dari kami, gunakan tripod jika kamu ingin memotret dengan lensa ini agar berat antara ponsel dan lensa jadi seimbang.

Tak ada salahnya untuk mengoleksi jenis lensa kamera HP yang satu ini. Apalagi kalau kamu punya hobi di fotografi human interest seperti yang sudah pernah kami bahas di artikel sebelumnya. Bisa langsung berangkatke lokasi hanya dengan berbekal smartphone milikmu deh, GenK.

Baca Juga
Dasar-Dasar Mobile Photography pt. 1: Komponen Kamera

4. Lensa Fisheye

lensa kamera hp 5

Lensa fisheye di ponsel (sumber: amazon.com)

Secara harfiah fisheye berarti mata ikan, tapi pengertian ini tak sepenuhnya salah kok. Sesuai dengan namanya, lensa fisheye adalah lensa yang membuat gambar menjadi cembung melingkar layaknya pandangan mata ikan.

Jenis lensa HP ini akan menangkap dengan sudut yang lebar hingga 180 derajat. Namun ada pula beberapa produsen yang menjual hingga 220 derajat loh. Karena sudutnya yang ekstrim tersebut, lensa ini memiliki kedalaman bidang yang sangat besar (depth of field).

Tampilan foto yang dihasilkan akan tampak fokus dan tajam dari arah depan ke belakang sehingga distorsi yang signifikan pun tidak dapat dihindari.

Meskipun terjadi distorsi di bagian ujung-ujung foto, hal tersebut justru menciptakan efek artistik, di mana seakan-akan objek sedang berada di dalam gelembung. Makanya tak jarang beberapa orang malah sengaja menggunakan lensa ini karena bentuknya yang unik.

Lensa ini begitu populer beberapa tahun belakangan. Dari sekian banyak jenis dan harga yang ditawarkan di pasaran, kamu bisa mengantongi satu buah lensa fisheye dengan harga yang terjangkau loh. Barang ini bisa dengan mudah kamu temukan di toko jual beli online.

5. Lensa 360 Derajat

lensa kamera hp 6

Lensa 360 derajat di ponsel (sumber: theverge.com)

Belakangan ini banyak beredar video 360 derajat yang bisa kamu akses di aplikasi YouTube. Video itu dibuat dengan lensa ini. Cara kerja lensa ini cukup menarik, GenK, kamu dapat merekam ke segala sudut ruangan dalam sekali jepret untuk foto atau record untuk video.

Lensa kamera HP yang satu ini mungkin masih asing di telingamu karena belum banyak beredar di pasaran. Kalau dibandingkan dengan jenis lensa HP yang sudah kami sebutkan sebelumnya, lensa ini memiliki cara kerja yang lebih rumit. Ada yang cukup disematkan di ujung ponsel dan ada pula yang harus disambungkan dengan port USB.

Nah, seandainya kamu tertarik menjadi kontributor untuk Google Street View, kamu bisa mengabadikan keindahan jalanan dan pemandangan setempat dengan menggunakan kamera 360 derajat.

Kemudian tak lupa juga untuk membagikan hasil fotomu di semua medsos yang kamu miliki, seperti Facebook, Instagram, dan YouTube. Dijamin foto atau videomu akan dihujani likes dari pengguna lainnya. Cobain deh!


Kelima jenis lensa kamera HP di atas dapat dijadikan sebagai referensimu untuk menciptakan karya foto yang memukau. Hanya dengan menggunakan ponsel pribadi, kamu juga bisa membuat foto layaknya profesional. Yuk hunting foto lagi!

Polling

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Artikel Terkait
Fotografi

5 Rekomendasi Merek Kamera Polaroid yang Bagus

Fotografi

Mengenal 11 Jenis Aturan Komposisi dalam Fotografi

Fotografi

Gak Cuma Golden Hour, Ternyata Ada Blue Hour Photography, GenK!

Fotografi

Memahami Dasar Exposure Triangle dalam Fotografi

            Thank u, next!     
Mau inspirasi mengalir deras dan kreativitas anti mandek? Dapetin kurasi konten berkualitas dan undangan eksklusif ke acara-acara seru kreativv ID!
close-link