fbpx

Mengenal Macam-Macam Lensa Kamera, Anak Fotografi Wajib Baca

Dibaca Normal: 5 menit aja 😊
lensa kamera

Berbicara dunia fotografi, maka tak lepas dari yang namanya kamera. Gambar yang berkualitas dapat dihasilkan dari alat yang berkualitas pula. Nah, salah satu bagian yang punya kontribusi penting untuk membantu proses pengambilan gambar terbaik adalah lensa kamera, GenK.

Jika diibaratkan sebuah tubuh, maka badan kamera adalah otak dan lensa adalah matanya. Kalau fungsi badan kamera adalah untuk memproses gambar, maka lensa berguna untuk melihat dan menangkap setiap tampilan visual yang ada. 

Gabungan dari kedua komponen inilah yang kemudian menghasilkan foto-foto dari lingkungan dan subjek yang kamu inginkan. Untuk dapat memaksimalkan potensi yang dimiliki oleh kamera, pemilihan lensa yang tepat harus dipertimbangkan dengan matang, GenK. 

Dengan menggunakan lensa kamera yang tepat, kamu bisa mendapatkan hasil foto terbaik. Khusus untuk kamu yang tertarik atau memang sudah terjun ke dunia fotografi, berikut kami sajikan macam-macam lensa kamera yang bisa kamu pilih sesuai kebutuhan.  

Lensa Prime vs Zoom

Lensa kamera 1

Prime vs zoom lens (sumber: photographylife.com)

Sebelum mengenal berbagai jenis lensa kamera yang ada, kamu mesti tahu dulu pembagian lensa berdasarkan kemampuan zoom-nya, GenK. Dalam hal kemampuan pembesaran gambar, lensa dibagi menjadi jenis lensa prime atau fixed lens, dan lensa zoom

Lensa prime memiliki focal length tetap, yang berarti kamu tidak bisa melakukan fungsi pembesaran atau zoom saat mengambil foto. Jadi ketika kamu memilih lensa kamera berukuran 35mm, maka jangkauan shot yang bisa diambil cuma bisa dari satu perspektif itu saja, GenK. 

Kalau kamu ingin mengambil gambar dengan lebih dekat atau jauh misalnya, kamu perlu melakukannya secara manual dengan cara berpindah tergantung dari perspektif yang diinginkan. Prime lens bisa digunakan untuk berbagai keperluan fotografi, seperti portrait, wedding, street, landscape, dan lainnya. 

Sementara untuk lensa kamera zoom, seperti namanya, punya kemampuan untuk memperbesar gambar yang dapat ditentukan dari jangkauan focal length yang lebih luas. Kamu tidak perlu berlari sana-sini atau maju mundur cantik, untuk mendapatkan shot yang kamu mau. 

Cukup berdiri dari satu posisi, kamu tinggal memanfaatkan fungsi zooming yang tersedia, apalagi dengan bantuan fitur autofocus. Salah satu lensa zoom populer yang banyak jadi pilihan para fotografer adalah Canon 70-200mm, yang berarti kamu bisa melakukan zoom sejauh 70mm sampai 200mm. 

Baca Juga   Perkembangan Kamera Ponsel dari Waktu ke Waktu

Macam-Macam Lensa Kamera 

Setelah mengenal perbedaan antara lensa prime dan zoom, sekarang kamu bisa intip berbagai jenis lensa kamera yang banyak digunakan untuk berbagai kebutuhan fotografi. 

1. Ultra Wide Lens (7mm-24mm)

Lensa kamera 2

Foto landscape dengan ultra wide lens (sumber: photographylife.com)

Jenis lensa kamera yang juga dikenal dengan nama fisheye lens ini punya kemampuan untuk menangkap gambar dalam angle yang super lebar, hingga mencapai 180 derajat. FYI, nama fisheye diberikan karena bentuk lensanya yang menyerupai mata ikan yang agak menonjol keluar gitu, GenK. 

Ultra wide lens punya kegunaan spesifik untuk kebutuhan seperti fotografi landscape atau architecture karena kemampuannya untuk menangkap gambar panoramic view. Gambar yang dihasilkan dapat dengan mudah dikenali dengan tampilannya yang sedikit cembung. 

2. Wide Angle Lens (24mm-35mm)

Lensa kamera 3

Foto dengan wide angle lens (sumber: lifewire.com)

Berikutnya ada lensa yang juga menawarkan sudut pandang yang lebar layaknya fisheye. Perbedaan keduanya terdapat pada jangkauan view wide angle lens yang tidak selebar lensa ultra wide, namun masih tetap bisa mengambil gambar yang lebih luas dibanding lensa biasa. 

Lensa yang satu ini juga dapat dimanfaatkan untuk menangkap objek foto yang banyak dalam satu frame seperti pada architecture photography atau saat mengambil foto grup yang ramai. Wide angle lens juga bisa jadi aksesoris tambahan yang cocok dibawa untuk keperluan travel photography

3. Standard Lens (35mm-100mm)

Lensa kamera 4

Foto dengan standard lens (sumber: bhphotovideo.com)

Lensa standar yang umum ditemukan pada kamera memiliki focal length dengan ukuran bervariasi mulai dari 35mm, 50mm, 85mm, dan 100mm.

Penggunaan lensa kamera standar dapat memberikan hasil gambar yang cukup akurat seperti yang kamu lihat menggunakan mata tepat di depanmu. 

Nah, karena lensa standar punya focal length yang tetap (prime lens), kamu perlu menyesuaikan posisimu ketika ingin mengambil foto untuk mendapatkan shot yang kamu inginkan, GenK.

Baca Juga   Tips dan Trik Edit Foto Ala Korea yang Bisa Kamu Tiru

4. Short Telephoto Lens (70mm-135mm)

Lensa kamera 5

Hasil foto short telephoto lens (sumber: digital-photography-school.com)

Lanjut ke tipe lensa berikutnya yang paling cocok untuk menghasilkan gambar portrait paripurna. Berbekal focal length antara 70-135mm, kamu bisa mendapatkan foto dengan objek yang terlihat lebih menonjol bahkan dengan background yang blur sekalipun. Mau mengambil foto candid ala model juga pas banget dengan lensa ini, GenK. 

5. Telephoto Lens (135mm-300mm)

Lensa kamera 6

Telephoto lens untuk wildlife photography (sumber: the-digital-picture.com)

Lensa telephoto punya spesialisasi pengambilan gambar jarak jauh yang sesuai untuk keperluan wildlife photography atau sport photography di mana objek foto tidak dapat dihampiri terlalu dekat. Misalnya saat ingin menangkap tampilan singa yang sedang kelaparan di tengah sabana. 

Namun, kelemahan utama dari lensa ini adalah pada penggunaannya yang tidak praktis dikarenakan beratnya yang bisa membuat seketika pegal saat mengambil gambar. Maka dari itu, telephoto lens biasa dipakai dengan bantuan tripod supaya hasil fotonya tetap stabil, GenK. 

6. Super Telephoto Lens (>300mm)

Lensa kamera 7

Kamera dengan super telephoto lens (sumber: borrowlenses.com)

Versi upgrade dari lensa telephoto ini punya kemampuan menangkap gambar dari jarak yang lebih jauh, GenK. Dengan memboyong focal length yang super besar, kamu dapat mengabadikan keindahan bintang dan benda-benda langit lainnya di malam hari menggunakan kamera ini loh

Tangkap indah galaksi Bimasakti di malam hari atau cantiknya burung yang terbang di penghujung sore dengan memanfaatkan super telephoto lens. Sama seperti jenis lensa kamera sebelumnya, kamu perlu usaha ekstra untuk membawa super telephoto lens karena beratnya yang bisa mencapai 1-2 kilogram, GenK. Wah, bisa jadi gym dadakan deh

Baca Juga   5 Tips untuk Menguasai Panning Photography dengan Mudah

7. Macro Lens (50mm-200mm)

Lensa kamera 8

Hasil foto macro lens (sumber: bwallpapers.com)

Buat para pecinta dunia fotografi alam yang gemar mengambil gambar objek berukuran super kecil, seperti serangga atau tumbuhan, macro lens merupakan pilihan terbaik yang akan membantumu mengambil foto paripurna dari benda-benda mungil di lingkungan sekitar. 

Dengan rentang focal length antara 50mm sampai 200mm, macro lens dapat menangkap tampilan objek berukuran kecil dan tetap mempertahankan kualitas foto yang super tajam, GenK. Alhasil, visual objek akan tampak berukuran life-size layaknya benda di dunia nyata. 

Sesuaikan jenis lensa kamera dengan kebutuhan fotografi yang akan kamu ambil agar hasil foto yang kamu mau bisa jadi lebih maksimal dan pastinya tidak bikin kantongmu menjerit. Nah, kalau mobile photography adalah hobimu, jangan lupa intip jenis lensa kamera untuk HP di artikel kami sebelumnya.  

Polling

Tentang Penulis

Wahyu Ramadhan adalah alumnus dari jurusan Bahasa Prancis, Universitas Gadjah Mada. Saat ini ia bekerja sebagai Content Writer di Kreativv ID. Hobi menulisnya berkembang sejak ia duduk di bangku SMA hingga sekarang. Dengan menulis, ia dapat belajar banyak hal baru dan berbagi ilmu yang dimilikinya dengan orang banyak. Pemuda yang menyukai warna merah ini senang membaca buku dan belajar hal baru dengan ditemani segelas susu atau jus jambu.

Tulis Komentar

Artikel Terkait
Fotografi

5 Tips untuk Menguasai Panning Photography dengan Mudah

Fotografi

Inspirasi Background Keren untuk Toy Photography

Fotografi

Membangun Cerita lewat Gambar dengan Photo Story

Fotografi

4 Rekomendasi Action Cam Murah Terbaik yang Gak Bikin Kantong Jebol

Fotografi

5 Tips Travel Photography untuk Pemula

Fotografi

Mengenal Macam-Macam Teknik Pencahayaan dalam Fotografi

Fotografi

Mengenal Type of Shot Kamera, yang Ingin Belajar Film Wajib Baca

Fotografi

Ingin Bisnis Laris Manis? Yuk Intip Cara Foto Produk Pakaian Berikut!

Fotografi

Mengenal Fashion Photography dan Jenis-Jenisnya

Fotografi

5 Tips Fashion Fotografi dengan HP untuk Tampil Lebih Memukau

Fotografi

Memanfaatkan Cahaya Minim dengan Low Light Photography

Fotografi

Tutorial VSCO untuk Food Photography yang Ciamik

Fotografi

Pentingnya Food Photography untuk Promosi Restoran 

Fotografi

Memotret Keindahan Bayangan lewat Shadow Photography

Fotografi

Yuk, Pelajari Teknik Fotografi Mainan

Fotografi

Mengenal Seni Menghidupkan Mainan Lewat Toy Photography

Fotografi

Tutorial Cara Menghilangkan Objek di Photoshop

Fotografi

5 Tips Membuat Portofolio Fotografi Profesional

Fotografi

Food Photography Tips - Part 2. Komposisi dan Komponen Foto

Fotografi

Food Photography Tips - Part 1. Perlengkapan Kamera

            Artikel Selanjutnya     
kid logo
Mau inspirasi ngalir deras,
kreativitas anti mandek?
Dapetin newsletter gratis dan undangan eksklusif ke acara-acara kreativv ID!

 
close-link
kid logo
EARLY BIRD
Daftar dengan mengisi form di bawah ini

 
close-link