Mau Jadi Fotografer Andal? Pelajari Dulu 6 Hal Ini!

Dibaca Normal: 5 menit aja
tips jadi fotografer

Hobi memang kadang bisa kita jadikan sebagai salah satu mata pencaharian, GenK. Salah satunya adalah hobi fotografi. Banyak loh fotografer profesional yang mengawali karier dari hobi. Hasilnya, kini mereka bisa meraup untung dari kegiatan yang mereka senangi.

Sebenarnya, memang akan lebih nyaman jika kita menggeluti sebuah bidang yang sesuai dengan keinginan dan ketertarikan kita. Kamu pasti sering dengar ungkapan, Akan lebih menyenangkan jika kita bekerja di bidang yang sesuai dengan passion kita sendiri. Jika kamu menekuni passion kamu, pastinya tidak akan terasa ada beban atau paksaan.

Nah, untuk kamu yang memang memiliki hobi fotografi, tak ada salahnya kamu mengarahkan hobi tersebut ke arah yang lebih serius. Bahkan bisa kamu jadikan sebagai mata pencaharian utama. Untuk kamu yang sedang mencari cara menjadi fotografer andal, ada beberapa hal yang harus kamu pelajari dan perhatikan terlebih dahulu. Mau tau, GenK? Simak penjelasan berikut!

1. Mencari Berbagai Referensi dan Belajar Hal Baru

Mau Jadi Fotografer Andal? Pelajari Dulu 6 Hal Ini! 6

Referensi fotografi (Sumber: hoxtonminipress.com)

Jangan pernah berhenti untuk mencari berbagai informasi dan referensi mengenai fotografi, jika memang kamu menyukai dan ingin serius menggeluti bidang ini. Kamu bisa mencarinya lewat buku, internet, dan juga berkenalan dengan beberapa fotografer di luar sana. Banyak yang beranggapan bahwa jika ingin menjadi fotografer andal, kamu harus mengambil pendidikan fotografi. Namun, kenyataannya tidak selalu harus demikian.

Banyak dari fotografer kelas atas berawal hanya dari sekedar hobi dan mencobanya secara otodidak. Berani mencoba, giat mencari informasi, dan tekun mengasah kemampuan merupakan cara jitu yang bisa kamu terapkan.

Cobalah berkenalan juga dengan orang-orang yang memiliki ketertarikan yang sama. Biasanya, kamu juga akan mendapatkan berbagai masukan dan informasi yang bahkan tidak ada di buku loh! Dengan demikian, pastinya kamu bisa menemukan dan belajar hal baru untuk memperdalam skill kamu. Coba aja!

Baca Juga
Tips Ngobrol Asik Agar Menghasilkan Ide Kreatif

2. Kenali Kamera yang Dimiliki

Mau Jadi Fotografer Andal? Pelajari Dulu 6 Hal Ini! 1

Kenali Kamera yang dimiliki (Sumber: prelo.co.id)

Untuk menjadi fotografer profesional, bukan hanya keterampilan dan kreativitas yang diperlukan. Namun, ada hal lainnya yang penting untuk kamu perhatikan, yaitu mengenal lebih dalam kamera yang kamu miliki.

Setiap fotografer andal, pastinya memiliki ikatan kuat pada kamera yang digunakan dikarenakan kamera memiliki peranan penting untuk menghasilkan gambar yang sempurna. Untuk itu, kami sarankan, sebelum memutuskan untuk membeli kamera pertama kalinya, kamu harus mempelajari terlebih dahulu cara pengaturan kamera dan juga ciri dari kamera yang akan kamu beli. Contohnya, kamu bisa memulainya dengan belajar bagaimana cara mengganti lensa tanpa harus melihat.

Seorang fotografer profesional tidak meraba-raba saat ingin mengganti lensa, GenK!

Setelah itu, kamu bisa memulai untuk mengambil gambar dengan pengaturan kamera yang bervariasi. Cobalah menghasilkan gambar yang sempurna, unik, dan menarik. Dengan terus berlatih mengambil gambar dalam berbagai pengaturan, kamu akan terbiasa untuk memotret dalam berbagai situasi.

3. Belajar Cara Mengedit Hasil Foto

Mau Jadi Fotografer Andal? Pelajari Dulu 6 Hal Ini! 2

Software Edit foto (Sumber: malavida.com)

Tidak hanya sebatas bagaimana cara memotret dan hasilkan foto yang jernih dan tajam, kamu juga perlu belajar bagaimana cara mengedit foto yang sudah kamu ambil. Banyak sekali software atau perangkat lunak yang bisa kamu gunakan.

Untuk awal, kamu bisa menggunakan Adobe Photoshop dalam mengedit segala foto yang sudah kamu dapatkan. Jika kamu kurang cocok dengan fitur yang ada pada Adobe Photoshop, kamu juga bisa gunakan Lightroom untuk mengeditnya. Mulai dari ambience foto tersebut, terang atau gelapnya foto, dan lain sebagainya.

Ingat, GenK, fotografer andal tidak hanya mampu mengambil angle foto yang tepat, melainkan juga bisa menjadikan hasil foto lebih sempurna dan menarik dengan sentuhan editan yang sederhana.

Baca Juga
3 Cara Belajar Efektif lewat Gambar yang Bikin Kamu Semangat!

4.Sesuaikan dan Dalami Karakter

Keahlian dalam fotografi memang sangat beragam. Karakter dari hasil foto pun juga bisa dibedakan. Kamu bisa memulai dengan mencoba untuk mengambil gambar pada setiap jenis fotografi yang kamu suka, sebelum kamu menentukan bidang atau karakter mana yang sesuai denganmu. Contohnya, foto pernikahan, pemandangan, furnitur, olahraga, still life photography, dan lain-lain.

Mau Jadi Fotografer Andal? Pelajari Dulu 6 Hal Ini! 3

Foto pernikahan (Sumber: jessicajones.co.nz)

Jika kamu sudah berhasil mencobanya, maka kamu bisa langsung mencari tahu bidang mana yang jadi keahlianmu saat memotret. Gunakanlah keahlian tersebut sebagai cara untuk memperoleh keuntungan atau sebagai mata pencaharianmu.

5. Buatlah Portofolio yang Menarik

Nah, jika kamu ingin mulai untuk bergerak ke ranah profesional, kamu perlu memiliki portofolio!

Agar jasa pemotretan yang kamu miliki dapat digunakan oleh banyak orang dan bukan hanya sekadar para kerabat dan orang yang kamu kenal, kamu perlu memperlihatkan karya yang sudah kamu buat.

Kamu bisa menampilkan karya-karya atau hasil jepretan terbaikmu di dalam bentuk portofolio yang dibalut dengan desain yang rapi, jelas, dan menarik.

Mau Jadi Fotografer Andal? Pelajari Dulu 6 Hal Ini! 5

Portofolio (Sumber: zetizen.jawapos.com)

Kamu bisa mencantumkan hasil foto yang menurutmu paling bagus dengan tema yang berbeda-beda. Anggaplah kamu kuat di bidang fotografi pemandangan, kamu bisa mencantumkan foto nuansa pemandangan gunung, pemandangan hutan, taman bermain, dan lain sebagainya. Sehingga variasi foto yang ada pada portofolio sangatlah beragam.

Pastikan juga untuk mencantumkan sebanyak mungkin hasil karyamu. Jangan cuma 5 atau 10 ya, GenK!

6. Sesuaikan dengan Budget Agar Lebih Efisien

Mau Jadi Fotografer Andal? Pelajari Dulu 6 Hal Ini! 4

Sesuaikan Budget (Sumber: city-press.news24.com)

Hal berikutnya adalah jangan pernah lupa untuk selalu sesuaikan keinginan dengan kemampuanmu. Memang betul kata orang, semakin mahal harga dari kamera dan aksesorisnya, maka akan menampilkan hasil yang lebih sempurna.

Baca Juga
8 Hal Yang Bisa Kamu Lakukan Untuk Menghilangkan Stress

Namun, apa artinya kamera mahal tanpa keahlian memotret yang baik? Sesuaikanlah budget yang kamu miliki dengan kamera dan aksesoris lainnya. Jangan memaksakan, karena itu justru akan memberatkan hatimu di saat membeli dan menggunakannya.

Jika kamu beli kamera sesuai budget, kamu juga bisa lebih nyaman saat menggunakannya. Tak ada beban sedikitpun. Terutama untuk pemula, usahakan kamu membeli segala kebutuhan fotografi dengan harga yang terjangkau lebih dahulu. Selain itu, karena kamu masih belajar, ada baiknya kamu gunakan kamera yang semi manual.


Sekarang kamu sudah tahu dong hal apa saja yang perlu diperhatikan agar menjadi fotografer andal? Latihlah terus kemampuanmu supaya hasil yang kamu berikan juga bisa lebih sempurna dan memuaskan. Nah, gimana, GenK? Kapan berani memulai?

Polling

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Artikel Terkait
Fotografi

5 Rekomendasi Merek Kamera Polaroid yang Bagus

Fotografi

Mengenal 11 Jenis Aturan Komposisi dalam Fotografi

Fotografi

Gak Cuma Golden Hour, Ternyata Ada Blue Hour Photography, GenK!

Fotografi

Memahami Dasar Exposure Triangle dalam Fotografi

            Thank u, next!     
Mau inspirasi mengalir deras dan kreativitas anti mandek? Dapetin kurasi konten berkualitas dan undangan eksklusif ke acara-acara seru kreativv ID!
close-link