Begini Nih Perkembangan Kamera Polaroid!

Dibaca Normal: 5 menit aja

Saat kamu travelling ke sebuah tempat, baik untuk wisata atau sekedar kunjungan biasa, pasti kamu ingin mengabadikan keindahan dari tempat yang kamu datangi kan? Nah, kalau kamu bosan memotret dengan ponsel sudah biasa, ada satu jenis kamera yang bisa kamu coba loh, yaitu kamera polaroid. Kamera ini bisa menjadi barang yang dapat kamu bawa dengan mudah saat travelling. Ukurannya yang kecil membuatnya fleksibel dan tidak makan tempat.

Dengan polaroid, kamu bisa mencetak langsung hasil jepretan foto saat itu juga. Hasil fotonya juga memiliki ciri khas yang kece banget! Yuk, kenalan lebih jauh sama kamera jenis ini.

Apa Itu Kamera Polaroid?

Kamera polaroid adalah kamera yang bisa digunakanan untuk memotret foto secara instan. Instan di sini maksudnya kamu dapat langsung mencetak dan memegang hasil fisik jepretan foto. Sebenarnya polaroid bukan murni jenis kamera, melainkan nama merek kamera instan bernama Polaroid.

Jadi, pada awalnya kamera ini diproduksi oleh Polaroid Corporation yang merupakan perusahaan penghasil produk optik, kamera, dan lain-lain. Perusahaan yang berasal dari Amerika Serikat ini didirikan pada tahun 1937 oleh Edwin Land dan George Wheelwright. Wah ternyata sudah lama banget perusahaannya, GenK!

Saat itu kamera tipe ini belum dapat dicetak instan, melainkan filmnya harus dicuci terlebih dahulu. Namun selaras dengan perkembangan zaman, akhirnya muncul produksi kamera Polaroid baru yang dapat memotret dan mencetak secara instan. Sayang, ternyata bisnis perusahaannya sendiri tidak berjalan mulus. Perusahaan mereka terpaksa bangkrut, GenK.

Pada 31 Juli 2002, Polaroid dibeli oleh perusahan One Equity Partners, tapi lagi-lagi harus mengalami kebangrutan. Kemudian, pada tahun 2005, Polaroid dibeli lagi oleh perusahaan Petters Group Worldwide. Sejak saat itu nama Polaroid digunakan untuk memproduksi dan menjual produk televisi, DVD player, memory card, dan kamera portabel instan yang diberi nama PoGo.

Setelah melalui keputusan hukum, pada tahun 2009 Polaroid berpindah tangan ke sebuah perusahaan bernama PLR IP Holdings, LLC. Mereka menjadikan Polaroid sebagai brand yang memproduksi dan menjual produk yang berhubungan dengan kamera instan. Contoh produknya adalah Fuji Instax, printer portabel, dan beberapa kamera digital lainnya.

Baca Juga
Perkembangan Kamera Ponsel dari Waktu ke Waktu

Jenis-Jenis Kamera Polaroid

Kamera polaroid sudah melewati perkembangan di setiap eranya. Dimulai dari generasi pertama, sampai kamera instan yang sekarang bisa kamu temukan dengan mudah di berbagai gerai kamera hingga toko jual beli barang online.

Apa aja sih jenis-jenis kamera Polaroid? Yuk kita lihat sama-sama, GenK!

Polaroid: Land Camera Model 95

Kamera Polaroid

Polaroid Land Camera Model 95 (sumber: camera-wiki.org)

Land Camera merupakan nama kamera Polaroid generasi pertama yang diproduksi pada tahun 1947. Nama Land diambil langsung dari nama Edward Land. Kamera ini diperkenalkan pertama kali kepada dunia pada 21 Februari 1947 melalui sebuah acara bernama Optical Society of America yang diadakan di New York. Model pertama yang tersedia secara komersial adalah Model 95. Kamera model ini menghasilkan cetakan foto berwarna sepia. Akhirnya pada 26 November 1948, kamera model ini mulai dijual ke publik.

Polaroid: Land Camera Model 100

Kamera Polaroid

Polaroid Land Camera Model 100 (sumber: wikipedia.org)

Sebagai kamera Polaroid generasi kedua, muncul model baru yang disebut dengan Model 100. Kamera ini menggunakan 100 seri pack film. Saat menggunakan kamera ini, fotografer harus mengeluarkan film dari kamera terlebih dahulu. Pada awalnya bentuk pack film ditawarkan dalam bentuk persegi panjang yang memuat 100 series, lalu akhirnya ditawarkan dalam bentuk persegi panjang yang berisi 80 series.

Polaroid: Land Camera SX-70

Kamera Polaroid

Polaroid Land Camera SX-70 (sumber: camera-wiki.org)

Polaroid jenis SX-70 merupakan kamera Polaroid generasi ketiga. Diproduksi oleh Polaroid Corporation dari sekitar tahun 1972 sampai 1981. Kamera ini menggunakan film dengan bentuk persegi yang di dalamnya sudah terkandung semua komponen film. Kamera ini sudah memiliki pengembangan eksposur secara otomatis setiap kamu melakukan jepretan gambar.

Jenis-Jenis Kamera Instan Lainnya

Seiring dengan perkembangan zaman, kamera instan lainnya mulai bermunculan, GenK. Kamera ini dibuat dari beragam nama perusahaan di dunia. Kamera ini sudah berbentuk digital dan hasilnya dapat dicetak instan. Apa aja sih kameranya?

Kodak: EK dan Kodamatic

Kamera Polaroid

Kamera Kodak EK100 (sumber: wikipedia.org)

Kamera dengan seri EK dan Kodamatic merupakan kamera instan yang diproduksi oleh Kodak. Kamera ini memiliki sedikit kemiripan dengan kamera SX-70 yang sudah diproduksi oleh Polaroid. Oleh karena itu Polaroid mengajukan gugatan pada Kodak atas pelanggaran paten. Kamu masih bisa menemukan kamera instan Kodak di situs lelang atau situs jual beli online.

Baca Juga
Still Life Photography: Sihir Penghidup Benda Mati

Fujifilm

Kamera Polaroid

Kamera Fujifilm Instax (sumber: pixabay.com)

Pada akhir tahun 1990-an, Fujifilm memproduksi seri kamera baru bernama Instax. Ukuran kamera Instax tersedia dalam ukuran yang lebih kecil, yaitu Instax Mini. Kamera ini sangat digemari oleh kawula muda. Bentuknya yang lucu dan warna yang bervariasi dijamin membuat kamu tidak tahan untuk segera membelinya. Kamera ini bisa kamu beli di toko kamera atau di toko jual beli barang online dengan harga yang beragam.

Pack Film Kamera Polaroid atau Kamera Instan

Kamera Polaroid

Film Polaroid (sumber: pixabay.com)

Apabila kamu ingin mencetak hasil jepretan dengan Polaroid atau kamera instan lainnya, kamu memerlukan pack film. Setiap memotret gambar memerlukan satu lembar film. Maka dari itu kamu harus terus refill isi pack film agar bisa memotret lagi, GenK.

Pack film ini masih diminati loh, walaupun kini sudah ada begitu banyak kamera instan yang bisa memotret tanpa mencetak langsung, alias foto disimpan terlebih dahulu di dalam micro sd card. Pack film bisa kamu beli langsung di toko kamera atau di toko jual beli online. Untuk menggunakannya, kamu harus memilih ukuran film yang sesuai dengan merek dan jenis kamera instan kamu. Setiap ukuran dijual dengan harga yang berbeda-beda pula.

Setiap produk tentu memiliki kelebihan dan kekurangan, termasuk kamera Polaroid atau kamera instan lainnya. Sebelum memutuskan untuk membeli, ada baiknya kamu memahami terlebih dahulu kualitas produk tersebut. Daripada penasaran, ini dia kekurangan dan kelebihan dari kamera jenis ini:

Kelebihan Kamera Polaroid atau Kamera Instan

  • Praktis untuk dibawa

Ukurannya yang kecil sangat praktis dibawa kemana saja. Apalagi untuk kamu yang doyan travelling dan menjelajah setiap sudut daerah. Dengan kamera instan, kamu tidak akan kehilangan momen saat travelling, GenK.

  • Dapat dicetak dengan mudah

Dengan kamera instan, kamu tidak perlu pergi ke tempat cuci foto, karena setiap jepretan foto kamu bisa langsung dicetak dari kameranya langsung.

  • Cocok digunakan untuk pemula

Cara pengoperasian kamera instan tergolong mudah dan simpel. Kamu bisa mempelajarinya di internet, baik secara tertulis dan video. Di YouTube sendiri kamu bisa menemukan beragam tutorial memotret dengan kamera instan.

Kekurangan Kamera Polaroid atau Kamera Instan

  • Harus refill film

Untuk satu kali jepretan foto, kamera instan memerlukan satu lembar film. Maka dari itu kamu harus terus memperhatikan sisa pack film yang ada dan mengisinya apabila habis. Padahal satu pack film dijual dengan harga yang tidak murah.

Baca Juga
Membuat Diorama Super Keren lewat Miniature Photography

  • Ukuran foto terbatas

Setiap jepretan gambar yang kamu ambil, langsung dicetak saat itu juga mengikuti ukuran film. Sehingga kamu tidak bisa menentukan ukuran foto. Untuk mengakalinya, pilihlah film yang dengan ukuran yang sesuai dengan kebutuhan kamu.


Nah, sekarang kamu sudah tahu perjalanan panjang kamera Polaroid sejak awal diproduksi sampai berkembang menjadi aneka kamera instan masa kini. Apa kamu tertarik untuk mengoleksi salah satu? Tidak ada salahnya menjelajah dunia bersama kamera ini, GenK. Hasilnya unik dan menarik loh. Selamat mencoba!

Tulis Komentar

Artikel Terkait
Fotografi

Mengenal 11 Jenis Aturan Komposisi dalam Fotografi

Fotografi

Gak Cuma Golden Hour, Ternyata Ada Blue Hour Photography, GenK!

Fotografi

Memahami Dasar Exposure Triangle dalam Fotografi

Fotografi

Mengenal Apa Itu Vignette dan Serba-Serbi di Dalamnya

            Thank u, next!