Perkembangan Kamera Ponsel dari Waktu ke Waktu

Dibaca Normal: 5 menit aja

Seberapa sering, sih, kamu menggunakan kamera ponsel kamu? Dari mulai mengabadikan foto hewan peliharaan, mengunggah Instastory terbaru hingga mengirim bukti transfer ke online shop, sulit rasanya melepaskan kamera ponsel dari kegiatan berkomunikasi sehari-hari ya!

Tapi tahukah kamu, bagaimana perkembangan kamera ponsel sebelum memiliki kualitas foto seperti ponsel kamu sekarang ini? Yuk kita cari tahu, GenK!

Kamera digital dan ponsel merupakan dua teknologi yang lahir di waktu yang berdekatan. Tercatat bahwa kamera digital ditemukan oleh Steven Sasson pada tahun 1975, sementara ponsel itu sendiri ditemukan oleh Martin Cooper pada tahun 1973. Tapi orang-orang di zaman itu harus sabar hingga memasuki milenium baru dimana kedua teknologi tersebut akhirnya bisa bersatu.

Tahun 2000

Ponsel pertama yang punya kamera diproduksi oleh Samsung dengan nama SCH-V200, dirilis di Korea Selatan pada Juni 2000. Menggunakan model flip phone, SCH-V200 ini memiliki layar LCD sebesar 1,5 inci dan kamera digital dengan resolusi 350.000 piksel atau 0,35-megapiksel. Jadi, ponsel ini mampu mengambil 20 foto.

Walaupun bisa mengambil gambar, dengan kamera SCH-V200 kamu tidak bisa menampilkan hasil foto kamu langsung di layar ponsel. Mengapa, GenK? Karena sebetulnya ponsel dan kamera pada SCH-V200 merupakan dua komponen yang tidak saling berhubungan. Kamu harus menghubungkan terlebih dahulu ponsel ini ke komputer supaya bisa melihat hasil fotonya.

Masih di tahun yang sama, pada bulan November, Sharp meluncurkan ponsel berkamera dengan seri J-SH04. Ponsel ini dirilis di Jepang oleh perusahaan J-Phone yang sekarang menjadi SoftBank Mobile. J-SH04 punya kamera dengan resolusi 110.000-piksel atau 0,11-megapiksel. Soal resolusinya J-SH04 mungkin kalah dari Samsung SCH-V200 yang dirilis empat bulan sebelumnya, namun berbeda dengan SH-V200, kamera dan ponsel di HP Sharp ini sudah terhubung.

Pada J-SH04, kamu bukan hanya bisa melihat hasil foto kamu di layar ponsel, melainkan juga mengirimkan foto langsung lewat ponsel kamu tanpa harus menghubungkannya ke komputer terlebih dulu. Inilah yang membuat banyak orang percaya bahwa J-SH04 adalah ponsel dengan kamera pertama di dunia.

Tahun 2002

Pada tahun 2002, ponsel kamera akhirnya mulai masuk ke Amerika Serikat dengan Sanyo SCP-5300. Masih mengusung model flip phone, SCP-5300 ini punya kamera dengan resolusi 0,3 megapiksel yang mampu mengambil gambar dengan ukuran 640×480 piksel.

Tak cuma itu, GenK, Kamera ponsel ini juga dilengkapi dengan lampu flash, white balance, timer, digital zoom dan beberapa efek filter semacam sepia, hitam-putih dan juga negatif. Pada waktu peluncurannya, ponsel ini dihargai $400. Harga ini termasuk mahal di masa itu, GenK!

Baca Juga
Ini Dia Cara Membuat GIF Menarik di Ponsel!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Artikel Terkait
Fotografi

Tutorial Cara Membuat Ink Photography Versi Low Budget

Fotografi

Tips dan Trik Eksperimen Tinta lewat Ink Photography

Fotografi

5 Rekomendasi Merek Kamera Polaroid yang Bagus

Fotografi

Mengenal 11 Jenis Aturan Komposisi dalam Fotografi

            Thank u, next!     
Mau inspirasi mengalir deras dan kreativitas anti mandek? Dapetin kurasi konten berkualitas dan undangan eksklusif ke acara-acara seru kreativv ID!
close-link