leadersingle

Pentingnya Food Photography untuk Promosi Restoran 

Dibaca Normal: 4 menit aja
food photography untuk promosi restoran

Fenomena food porn seharusnya bisa dimanfaatkan sebagai salah satu strategi marketing restoran. Berikut alasan kenapa food photography penting sebagai alat untuk promosi restoran. Yuk simak informasinya!

Di lingkungan dengan tingkat persaingan yang tinggi, penting banget untuk selalu menarik perhatian pelanggan lewat keunikan dari bisnismu. Salah satu contohnya ketika kamu ingin membuka restoran di sebuah pusat perbelanjaan. Di sana tentu sudah banyak restoran yang menawarkan berbagai jenis makanan. Nah, sekarang tinggal bagaimana caranya kamu bisa bersaing dengan restoran ternama yang sudah punya banyak pelanggan tersebut. Salah satu cara promosi restoran yang tepat adalah lewat food photography ala-ala food porn

Rahasia di Balik Food Photography

Banyak yang menghubung-hubungkan food photography dengan hal yang berbau komersial, salah satunya untuk promosi restoran. Pada dasarnya, food photography adalah genre fotografi yang mengacu pada still life photography, di mana makanan dijadikan sebagai subjek utama foto. Semakin menarik visual sebuah makanan, semakin banyak pula orang yang tergiur untuk membeli produk makanan tersebut. Promosi restoran bisa dilakukan lewat banner, poster, atau desain web restoran. Tidak ada salahnya untuk menggunakan food photography dan kamu akan segera merasakan efek ajaibnya. 

UPDATES

Slider

UPDATES

Slider
food photography

Contoh foto food photography (sumber: pexels.com)

Bayangkan saja, orang-orang pasti tergiur ketika disuguhkan foto-foto makanan yang bikin ngiler. Alhasil, mereka jadi terkena visual hunger dan memutuskan untuk membeli makanan di restoranmu. Kedengarannya memang simpel, tapi sebenarnya ada banyak trik yang digunakan oleh fotografer dan perusahaan tersebut untuk mendapatkan hasil foto makanan yang menggiurkan. Bahkan tak jarang mereka sengaja memanipulasi foto makanan saat proses pemotretan berlangsung. Contohnya saat mereka ingin membuat foto burger yang menggiurkan.

Mereka mengoleskan minyak sayur di permukaan roti agar terlihat juicy dan menggunakan tusuk gigi agar tumpukan bahan dasar burger berdiri tegak. Kalau kamu kepo, trik mengejutkan di balik food photography ini sudah pernah kami bahas di artikel sebelumnya. 

Pentingnya Food Photography untuk Promosi Restoran

Apakah sekarang kamu mulai tertarik menggunakan seni foto makanan sebagai salah satu resep untuk marketing restoran? Kalau masih ragu, sekarang kami akan membagikan beberapa fungsi dari food photography yang penting kaitannya dengan promosi restoran. Berikut adalah fungsi-fungsinya!

1. Mempercantik buku menu restoran

promosi restoran 1

Menu restoran (sumber: pexels.com)

Fungsi foto makanan yang paling mendasar adalah untuk digunakan di dalam buku menu. Buku inilah yang nantinya akan dilihat oleh pelanggan ketika mereka mempertimbangkan menu yang akan mereka santap, hingga mata mereka tertuju pada satu menu yang menarik.

Kalau fotonya saja sudah bikin ngiler, tidak menutup kemungkinan kalau pelanggan jadi penasaran dan memutuskan untuk menyantap menu makanan tersebut. Ini membuktikan bahwa foto makanan yang ada di buku menu bakal mempengaruhi pilihan pelanggan. Sebenarnya tidak hanya mempercantik buku menu restoran, tetapi juga dapat digunakan untuk banner, poster, brosur, dan lain sebagainya untuk mempromosikan daganganmu.

Baca Juga
Tutorial VSCO untuk Food Photography yang Ciamik

2. Memperkuat branding restoran

Fungsi dari food photography untuk promosi makanan yang berikutnya adalah untuk memperkuat branding restoranmu.

foto sushi

Foto makanan restoran A (sumber: receptfavoriter.se)

 

foto sushi 2

Gambar makanan restoran B (sumber: pexels.com)

Sekarang kami tes, setelah melihat kedua foto makanan di atas, manakah yang lebih membuatmu tertarik? Bila kamu benar-benar memilih salah satunya, itu berarti food photography benar-benar mempengaruhimu saat membeli makanan, padahal menu makanan keduanya sama saja loh. 

Membangun identitas dan citra perusahaan itu punya tantangannya tersendiri yang bakal dihadapi kamu sebagai pemilik restoran. Apalagi kalau kamu harus bersaing dengan ratusan bahkan ribuan restoran di luar sana.

Food photography adalah jawaban yang tepat. Lewat food photography kamu dapat menciptakan pembeda antara restoranmu dengan restoran pesaingmu deh.

3. Membangun kepercayaan konsumen

promosi restoran 2

Ilustrasi antusiasme pelanggan (sumber: pexels.com)

Jika citra restoranmu sudah bagus, kamu akan lebih mudah untuk membangun kepercayaan konsumen. Dari sini proses promosi restoran pun akan lebih mudah berjalan. Maka dari itu jangan pernah menggunakan foto palsu atas produkmu loh. 

Misalnya kamu menjual mie ayam, tapi kamu malah mengunduh foto semangkuk mie ayam dari Google untuk dipasang di dalam buku menu restoran. Meski terkesan kurang penting, Ini benar-benar akan memberikan nilai minus untuk restoranmu.

Kalau terkendala budget, kamu dapat memotret makanan dengan ponselmu kok. Akan tetapi kamu tetap tidak boleh asal saat memotretnya. Ada tips dan trik food photography yang bisa kamu lakukan seperti yang sudah kami tulis di artikel sebelumnya. Lengkap banget, karena kami membahas mulai dari peralatan kamera, komposisi, dan komponen foto makanan.

Baca Juga
Rahasia di Balik Suksesnya Restoran All You Can Eat

4. Meningkatkan penjualan 

promosi restoran 3

Ilustrasi meningkatnya penjualan (sumber: pexels.com)

Nah, kalau pelanggan sudah percaya dengan kualitas restoranmu, penjualan pun akan semakin meningkat. Apalagi kalau pelanggan menyukai menu kombo yang kamu tawarkan dan ada kemungkinan merekaa memesan lebih dari satu hidangan, otomatis pemasukan akan semakin tinggi.

Resep promosi restoran ini tidak hanya berlaku di TKP, tetapi juga orang-orang yang memesan lewat online, seperti di situs web milikmu dan di fitur pesan antar makanan ojek online. Calon pelanggan pun tidak akan ragu untuk membuat pesanan dan mengeklik banyak jenis makanan dari restoranmu. 

Wah kalau begini terus sih kamu bakal cepat untung. Food photography benar-benar tidak boleh dipandang sebelah mata, karena kenyataannya mereka dapat mempermudah kamu ketika melakukan promosi restoran secara langsung maupun via online.

Polling

Quizzes

Slider

Quizzes

Slider

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Artikel Terkait
Fotografi

Tutorial Cara Menghilangkan Objek di Photoshop

Fotografi

Begini Caranya Fotografi Melatih Memori Kamu

Fotografi

Begini Nih Perkembangan Kamera Polaroid!

Fotografi

10 Kamera Mirrorless Terbaik Harga 5 Juta-an

Fotografi

6 Cara Membuat Alat-Alat Lighting Foto Sederhana

Fotografi

Tutorial VSCO untuk Food Photography yang Ciamik

      TRENDING
#CoronaVirus
Next >>