Fotografi

Tips Rain Photography Agar Fotomu Makin Nyata

rain-photography

Rain photography itu menghasilkan foto yang berseni dan dramatis. Namun, jenis fotografi ini memang demanding banget. Makanya, banyak fotografer yang lebih suka menunggu cuaca cerah sampai mereka bisa memotret. Soalnya, memotret saat hujan itu memerlukan peralatan dan pengaturan khusus, perlu mengelola komposisi foto dalam kondisi sulit, serta harus bisa menyampaikan pesan yang puitis melalui fotonya. Yuk, pelajari lebih lanjut!

Tips Setting Paling Penting dalam Rain Photography

Pertama-tama, siapkan dulu semua peralatan yang diperlukan, yaitu kamera, jas hujan dan tripod. Pilih kamera yang bisa memotret dengan baik dalam kondisi minim cahaya. Kamu bisa pakai DSLR atau kamera mirrorless. Kemudian, siapkan minimal dua jas hujan, satu untukmu sendiri dan satunya buat kameramu. Terakhir siapkan tripod yang mampu mengurangi risiko gambar terlihat buram dan kamera bergoyang. Apalagi, kalau kamu memotret saat malam, maka tripod wajib kamu bawa. Sekarang, perhatikan pengaturan penting untuk kameranya.

1. ISO Medium ke Tinggi

tips rain photography pakai ISO medium ke tinggi

Sumber: pexels.com

Rain photography membutuhkan angka ISO tinggi untuk menyiasati kondisi minim cahaya. Makanya kamu perlu pengaturan ISO medium ke tinggi agar terbantu saat memotret. Pengaturan ISO tinggi dapat menjaga shutter speed yang cepat dan mampu menangkap tetes hujan di kamera. Jadi, fotomu akan terlihat semakin nyata karena terlihat butiran air hujan di sana.

2. Shutter Speed yang Tinggi

Shutter Speed yang Tinggi

Sumber: pexels.com

Sama seperti subjek lainnya yang bergerak, hujan juga memerlukan kecepatan shutter speed yang tinggi. Terutama, kalau kamu fokus untuk memotret cipratan air, maka kameramu harus bisa menjepretnya dengan amat sangat cepat. Kalau kamu ingin memotret tetesan air yang jatuh, maka kamu bisa menggunakan kecepatan shutter lebih rendah. Namun,  jangan terlalu rendah juga karena kamu bisa kehilangan titik fokus.

3. Aperture Besar

tips rain photography aperture besar

Sumber: pexels.com

Aperture besar memudahkan lebih banyak cahaya masuk ke dalam kamera, di mana ini penting jika kamu ingin menjaga kecepatan shutter agar tetap tinggi. Kamu juga bisa mencoba pengaturan aperture kecil jika ingin membuat hujannya terlihat lebih indah. Mulailah dengan f/8 dan ubah-ubah sampai kamu temukan keseimbangan antara shutter speed dan depth objeknya.

Baca Juga :   Fine Art Photography: Ciptakan Karya Seni di Level Lebih Tinggi

About author

Related posts
Fotografi

Begini Caranya Fotografi Melatih Memori Kamu

Fotografi

Tips Membuat Video Pernikahan Sendiri Biar Lebih Hemat Bujet

Fotografi

Ayo Belajar Macro Photography!

Fotografi

Tips Foto Keluarga Sendiri, Keren Tanpa Perlu ke Studio