Fotografi

Yuk, Pelajari Teknik Fotografi Arsitektur untuk Hasil Foto Sempurna!

fotografi arsitektur

Di masa modern ini, seringkali keindahan arsitektur diabadikan melalui jepretan foto. Baik untuk foto majalah, akun media sosial, atau sekadar buat hobi. Banyak orang mulai tertarik mempelajari fotografi arsitektur. Keuntungannya jika kamu mempelajari teknik fotografi ini yaitu membuatmu lebih paham akan visual dari sebuah bangunan. Kamu pun akan semakin mengerti berbagai ‘bahasa’ arsitektur.

Oleh karena itu, untuk mendapatkan hasil foto yang keren, maka kamu perlu meningkatkan kualitas fotografimu. Triknya adalah dengan menciptakan foto yang bisa menyampaikan cerita melalui gambarnya. Ini berarti menggabungkan konteks, ruang dan waktu dengan seimbang. Berikut teknik fotografi yang bisa membuat foto arsitekturmu terlihat semakin keren.

Memotret dalam kondisi cuaca dan waktu berbeda dalam satu hari

fotografi bangunan

sumber: adsttc.com

Kebanyakan fotografer mencari waktu dalam sehari di mana pencahayaannya dramatis untuk memotret. Misalnya, ketika matahari terbenam sehingga bayangannya terlihat panjang dan banyak subjek pemandangan kelihatan berwarna cerah. Kamu juga bisa memotret di kondisi cuaca berbeda, misalnya saat berkabut di pagi hari dan ketika gelap saat malam.

Memprioritaskan pencahayaan yang bagus

pencahayaan foto

sumber: adsttc.com

Kapan saja kamu memotret, pencahayaan yang baik harus selalu menjadi prioritas. Sebab, pencahayaan arsitektur yang bagus membantu mempertegas ruang, struktur atau atmosfer tertentu, sehingga ini berperan besar dalam menonjolkan apa yang ingin kamu sampaikan melalui fotomu. Orang yang melihatnya juga memiliki pemahaman spesifik mengenai arsitektur di fotomu. Jika pencahayaan tidak memungkinkan untuk membidik detail bangunan, kamu bisa menggunakan trik shadow photography, lho. Trik ini bisa menunjang visual foto kamu juga.

Baca Juga :   Mengenal Macam-Macam Teknik Pencahayaan dalam Fotografi

Mencari angle foto yang unik

angle foto

sumber: adsttc.com

Bermain dengan perspektif seru dan bisa membantumu menciptakan foto yang bagus. Luangkan waktu sebentar untuk menemukan angle atau sudut yang unik sehingga bisa memperlihatkan keunikan arsitektur itu sendiri. Misalnya, potretlah bangunan kolam renang indoor dari tepat di pinggir tengah ruangan. Teknik foto ini menciptakan efek keindahan bangunan yang sangat bisa diapresiasi melalui foto.

About author

Related posts
Fotografi

Begini Caranya Fotografi Melatih Memori Kamu

Fotografi

Tips Membuat Video Pernikahan Sendiri Biar Lebih Hemat Bujet

Fotografi

Ayo Belajar Macro Photography!

Fotografi

Tips Foto Keluarga Sendiri, Keren Tanpa Perlu ke Studio