Fotografi

Yuk Belajar Teknik Fotografi Mainan

teknik fotografi mainan

Mengambil foto mainan yang terlihat nyata dan menarik perhatian membutuhkan teknik fotografi khusus yang berbeda dari jenis fotografi lainnya. Berikut kami bagikan rahasia teknik toy photography yang banyak digunakan para profesional.

Tren membangun sebuah adegan dengan mainan atau lebih dikenal dengan istilah toy photography mulai banyak dilirik oleh khalayak ramai dalam beberapa tahun belakangan. Walaupun masih terbilang baru, jenis fotografi yang satu ini memiliki banyak penggemar yang tertarik untuk menjajal kreativitas dengan koleksi mainan yang mereka miliki. 

Setelah sebelumnya kami sudah membahas mengenai apa itu toy photography, di artikel ini, kamu bisa menemukan teknik fotografi untuk menghasilkan foto mainan kece dan memukau. Selamat menyimak! 

1. Maksimalkan Penggunaan Cahaya

Teknik fotografi 1

Foto mainan di luar ruangan (sumber: canon.com.hk)

Teknik fotografi paling dasar yang wajib diperhatikan di dunia toy photography adalah elemen cahaya. Sumber cahaya apakah yang paling bagus untuk toy photography? Cahaya alami yang dihasilkan oleh matahari adalah sumber yang umum ditemukan. 

Untuk mendapatkan hasil foto yang terlihat natural, manfaatkanlah cahaya matahari yang berasal dari jendela sebagai side atau back light. Usahakanlah untuk tidak menggunakan sinar matahari langsung untuk menghindari terciptanya bayangan pada mainanmu. Tempatkan mainanmu atau background studio toy photography kamu di dekat jendela agar mempermudah masuknya sinar matahari. Buat yang masih ragu untuk menggunakan sinar matahari, pakailah sumber cahaya buatan (artificial light) dari lampu meja atau senter. 

Kelebihan dari penggunaan artificial light adalah kontrol yang kamu miliki untuk mengatur intensitas cahaya pada foto. Tempelkan kertas ke lampu meja untuk membiaskan sinar agar hasilnya terlihat lebih lembut. Kamu juga bisa memakai reflektor, baik yang terbuat dari kertas putih atau kertas foil langsung berlawanan arah dari sumber cahaya untuk menambahkan fill light pada area bayangan agar detail mainan bisa terlihat jelas.  

2. Gunakan Flash Kamera Terpisah untuk Memperkuat Kesan Metalik

Foto mainan beraksen metalik (sumber: canon.com.hk)

Dari berbagai macam variasi mainan yang dapat kamu gunakan untuk toy photography, mulai dari boneka, mobil-mobilan, LEGO, hingga action figures, beberapa di antaranya punya ciri khas yang unik pada beberapa jenis karakter tertentu. Ciri khas unik ini salah satunya ada pada mainan yang terbuat dari bahan metal atau memakai pakaian maupun aksesoris yang memiliki aksen metalik dari besi, kuningan, emas, atau silver.

Contohnya pada karakter mainan yang menggunakan armor atau senjata khusus seperti Saint Seiya atau Iron Man  dan berbagai jenis robot lainnya. Serta macam-macam kendaraan mainan seperti mobil, motor, hingga pesawat. Teknik fotografi yang bisa kamu lakukan untuk mendapatkan efek metalik yang memukau dari jenis mainan di atas adalah dengan menggunakan aksesoris berupa flash terpisah.

Bahan metal yang digunakan pada mainan akan memantulkan cahaya dari flash dan memberikan efek metalik yang super kece. Kamu bisa memakai flash terpisah untuk memberikan efek cahaya pada bagian depan atau samping mainan. 

Baca Juga :   Inspirasi Background Keren untuk Toy Photography

3.  Sesuaikan Aperture untuk Depth of Field yang Lebih Dalam 

Teknik fotografi 3

Foto action figure (sumber: canon.com.hk)

Teknik fotografi spesifik yang tidak boleh tertinggal dalam toy photography adalah pengaturan aperture yang sesuai untuk mengambil detail berukuran kecil pada mainan. Hal ini merupakan tanda kalau kamu membutuhkan magnification yang lebih tinggi dalam proses pemotretan. Namun imbas dari penggunaan magnification yang lebih tinggi adalah pada depth of field (DoF) yang lebih rendah. 

Untuk mempertahankan kesan realistis pada mainan, gunakanlah aperture berukuran lebih kecil semisal f/8 atau di atasnya untuk memperdalam DoF dan mempertahankan detail dari berbagai bagian mainan dengan jelas. 

4. Potret Fitur Postur dan Ekspresi 

Teknik fotografi 4

Foto mainan dengan ekspresi realistis (sumber: canon.com.hk)

Selain penggunaan flash sebagai treatment khusus untuk mendapatkan aksen metalik pada beberapa mainan, kamu juga mesti memperhatikan detail lain yang kerap ditonjolkan dalam toy photography, postur dan ekspresi. Loh, memangnya mainan bisa punya ekspresi apa? 

Pada jenis-jenis mainan tertentu seperti action figures karakter manusia, kamu bisa mendapati raut wajah yang dibentuk sedemikian detail menyerupai mimik wajah asli di dunia nyata. Mulai dari guratan di wajah, bentuk mata, mulut, hidung, dan bibir, semuanya bisa memberikan kesan ekspresi yang sangat terasa layaknya sedang melihat emosi pada orang sebenarnya. 

Aspek ini membutuhkan treatment khusus dari segi teknik dan komposisi fotografi agar mendapatkan hasil foto yang maksimal. Kamu dapat mencoba berbagai jenis framing seperti close-up, half-length, atau full-length dalam proses pemotretan mainan action figures manusia. 

Close-up shot bisa digunakan untuk mengambil gambar figur karakter dengan ekspresi wajah yang realistis. Untuk mainan yang persendiannya dapat digerakan, kamu bisa berkreasi dengan mencoba variasi postur berbeda, misalnya memegang pistol atau pedang agar terlihat lebih dinamis. 

Baca Juga :   Mengenal Seni Menghidupkan Mainan Lewat Toy Photography

5. Memilih Angle yang Tepat 

 (sumber: toyphotographers.com)

Foto mobil-mobilan (sumber: toyphotographers.com)

Postur mainan sudah paripurna, waktunya menyempurnakan komposisi fotografi dengan pemilihan angle terbaik. Beda sudut, beda juga kesan dan efek yang diciptakan dari sebuah foto. Apalagi berbicara tentang toy photography yang mengutamakan detail pada setiap sudutnya. Maka dari itu pemilihan angle yang tepat tidak boleh disepelekan. 

Angle yang tepat akan memberikan kesan yang menarik, serta membantumu untuk menyampaikan cerita dari karyamu dengan lebih mudah. Dengan demikian, ketika orang melihat karyamu, mereka dapat langsung menangkap makna dari cerita yang ingin kamu sampaikan, jadi mirip seperti pepatah “Pictures that speak for itself”

Setelah selesai menguasai teknik fotografi di atas, kamu bisa langsung praktik dengan menggunakan mainan yang kamu miliki. Kalau masih ragu dengan kemampuanmu, kami punya rekomendasi kursus belajar fotografi online yang bisa kamu ikuti secara gratis loh. Hore! 

Polling 

About author

Related posts
Fotografi

Edit Foto ala Ulzzang Pakai 6 Aplikasi Ini Bikin Kamu Makin Hits!

Fotografi

Memahami Dasar Exposure Triangle dalam Fotografi 

Fotografi

Tutorial Cara Membuat Ink Photography Versi Low Budget

Fotografi

Tips Ink Photography dan Trik Eksperimen Lewat Tinta

Leave a Reply

Your email address will not be published.