Fotografi

Belajar Dasar-Dasar Three Point Lighting untuk Fotografi

three point lighting

Supaya bisa menghasilkan foto yang apik dan sedap dipandang mata, ada baiknya mempelajari dasar-dasar fotografi sejak dini. Salah satunya adalah three point lighting. Wah apaan tuh? Simak informasi selengkapnya yuk!

Tidak ada kata terlambat untuk belajar fotografi. Hanya saja kamu memerlukan beberapa saat untuk dapat memahami teknik dasarnya. Salah satu teknik dasar fotografi yang perlu kamu kuasai adalah three point lighting, karena berkat teknik ini dijamin kamu akan lebih peka terhadap cahaya yang masuk ke dalam lensa. Gak percaya?

Pada artikel sebelumnya kami sudah membahas tentang teknik pencahayaan fotografi, sekarang saatnya belajar three point lighting. Yuk simak informasinya, GenK! 💁‍♂️

Apa Itu Three Point Lighting?

Pada dasarnya, three point lighting adalah sebuah metode atau teknik pencahayaan di mana kamu menggunakan satu set pencahayaan. Pencahayaan tersebut terdiri dari 3 sumber cahaya yang datang dari arah yang berbeda-beda.

Three Point Lighting 1

Infografis Three Point Lighting

Teknik ini berfungsi untuk menerangi objek ketika sedang dipotret. Umumnya diterapkan ketika kamu foto di dalam studio, GenK.

Sebenarnya aturan three point lighting tidaklah saklek dan juga bukan standar yang semerta-merta wajib kamu ikuti. Namun, teknik ini merupakan sebuah panduan tentang bagaimana pengaturan cahaya dan di mana saja posisi yang tepat. 

Dapat dibuktikan dari hasil fotonya yang membantumu saat pemotretan, karena dapat menciptakan mood yang berbeda setiap pengaturan cahayanya. Dasar-dasar teknik pencahayaan seperti ini sudah kami bahas di artikel sebelumnya. 😄

Apa Saja Kelengkapan Three Point Lighting?

Sesuai nama three point lighting, teknik ini punya tiga sumber cahaya, yaitu key light, fill light, dan back light. Tentu saja kamu memerlukan ketiganya. Namun, ada beberapa keadaan yang dapat kamu siasati saat pengaplikasian teknik ini, yaitu:

  1. Jika kamu hanya memiliki 1 buah lighting, gunakan sebagai key light.
  2. Namun, jika kamu hanya memiliki 2 buah lighting, gunakan salah satu sebagai key light dan satu lagi sebagai fill light.

Penjelasan di atas membuktikan bahwa teknik ini memang tidak mengikat. Nah, supaya makin andal, masing-masing pencahayaan dari three point lighting tersebut akan kami kupas satu per satu di poin berikutnya. So, jangan sampai kelewatan informasinya, GenK!

Baca Juga :   Mengenal 11 Jenis Aturan Komposisi dalam Fotografi

1. Key Light: Si Pencahayaan Utama

three point lighting 2

Memotret dengan cahaya key light (sumber: digital-photography-school.com)

Three point lighting yang pertama adalah key light. Merupakan pencahayaan utama yang paling terang untuk menerangi objek apapun yang sedang kamu potret. Biasanya key light diletakkan di depan objek, namun sebaiknya geser sedikit ke bagian samping untuk menciptakan dimensi yang lebih terasa. 

Ketahuilah bahwa setiap posisi yang kamu pilih untuk meletakkan key light akan berpengaruh pada mood foto secara keseluruhan, GenK. Maka dari itu, perencanaan soal setting posisi three point lighting menjadi sangat penting sebelum memulai pemotretan. 📸

Supaya hasil fotomu semakin menakjubkan, kami menyarankan kamu untuk menggunakan rangkaian set lighting yang berikutnya, yaitu fill light.

2. Fill Light: Membangun Mood Foto

three point lighting 3

Efek gelap dari fill light (sumber: foto.co.id)

Nah, berikutnya ada fill light yang menjadi sumber cahaya kedua. Lampu fill light memiliki pencahayaan yang lebih redup dibanding key light. Hal ini terjadi karena sesuai fungsinya yaitu untuk menahan bayangan yang terlalu kentara akibat sorot cahaya dari key light. Pokoknya sangat bagus untuk mengontrol kontras saat pemotretan berlangsung. 👌

Fill light juga berfungsi untuk memperkuat dimensi objek dan membantu objek agar terlihat lebih hidup. Kamu dapat menambah tingkat cahaya, maupun menguranginya untuk memberikan mood yang berbeda-beda. Apakah kamu sedang memotret karakter antagonis? Atau mungkin seseorang yang sedang bersedih hati? Hal ini perlu menjadi pertimbangan.

Cahaya yang terlalu terang dari fill light menyebabkan gambar datar, sedangkan cahaya yang terlalu gelap membuat gambar menjadi underexposure. Sehingga kamu mesti seimbang dalam penggunaannya, GenK.

Baca Juga :   Memahami Dasar Exposure Triangle dalam Fotografi 

3. Back Light: Memisahkan Objek dengan Background

three point lighting 4

Contoh back light (sumber: unsplash.com)

Ini dia sumber cahaya yang ketiga dan yang terakhir di three point lighting, yaitu back light. Lampu ini biasanya diletakkan di belakang objek. Namun kamu juga dapat meletakkannya di atas, sehingga sorot cahaya benar-benar seperti matahari. 🌞

Eits, meski dari atas, tapi tetap ingat posisinya wajib di bagian belakang objek, GenK. Posisi lampu seperti ini akan menghasilkan efek rim light.

Rim light adalah keadaan di mana latar foto gelap tetapi tetap mendapat cahaya yang redup di sekitar objek. 

Keadaan rim light dapat terjadi karena arah datang cahaya menyorot pada sudut ¼ dari posisi objek. Nah, rim light biasanya digunakan untuk golden hour photography yang pernah kami tulis sebelumnya.

Balik lagi soal back light, lampu ini berfungsi untuk membuat pemisah antara objek dengan latar foto, sehingga objek terlihat nyata dan tidak menghilang bagai ditelan backdrop. Oh iya, sekadar informasi nih, back light berbeda dengan background light, karena background light hanya menerangi latar belakang foto bukan karakter utamanya. 


Teknik three point lighting tidak hanya diterapkan untuk fotografi, tapi juga untuk pembuatan film, acara televisi, dan lain sebagainya yang berhubungan dengan kamera. Jika sudah menguasai teknik ini, mau memotret di mana pun akan lebih mudah, misalnya untuk cara membuat toy photography, GenK. 👍

Polling

About author

Related posts
Fotografi

Begini Caranya Fotografi Melatih Memori Kamu

Fotografi

Tips Membuat Video Pernikahan Sendiri Biar Lebih Hemat Bujet

Fotografi

Ayo Belajar Macro Photography!

Fotografi

Tips Foto Keluarga Sendiri, Keren Tanpa Perlu ke Studio

Leave a Reply

Your email address will not be published.