Tips dan Trik Eksperimen Tinta lewat Ink Photography

Dibaca Normal: 4 menit aja
tips ink photography

Di dalam dunia fotografi ada yang namanya water photography, visual yang dihasilkan pun begitu memukau. Salah satu jenis dari water photography adalah ink photography. Seni fotografi ini menggunakan cairan tinta sebagai objek utamanya ini benar-benar luar biasa unik! Mungkin kamu akan bertanya-tanya apa faedahnya memotret tinta? Jenis fotografi yang satu ini memiliki keistimewaan karena belum banyak orang Indonesia yang menekuni fotografi jenis ini sehingga kamu bisa menonjol. 

Apabila tertarik, mendingan simak artikel berikut ini yang akan membahas seputar ink photography beserta tips dan triknya, karena inilah saatnya kamu berkarya. Tapi sebelum itu kita simak pengertiannya terlebih dahulu, yuk!

Apa Itu Ink Photography?

Ink photography adalah sebuah jenis fotografi yang menjadikan tinta sebagai objek utama. Proses pemotretan dilakukan dengan cara menggabungkan cairan tinta ke dalam air yang ada di dalam akuarium. Kemudian difoto dengan mempertimbangkan setting kamera dan momentum. 

UPDATES

Slider

Jenis fotografi ini dapat dieksekusi menjadi foto dan video loh, tinggal sesuaikan saja dengan media andalanmu, karina masing-masing media akan menghasilkan impresi yang berbeda-beda pula. Saat ini sudah banyak kok fotografer dan videografer yang mengunggah video tentang ink photography di YouTube, lumayan banget untuk dijadikan sebagai referensi untuk berkarya. 

Tips dan Trik Membuat Ink Photography

Seandainya kamu tertarik dengan jenis fotografi tinta, tidak ada salahnya untuk coba mempelajari lebih dalam atau kalau perlu, kamu juga dapat mulai mencoba untuk membuatnya sendiri. Namun sebelum mempraktikkannya, ada beberapa hal penting yang harus diperhatikan saat membuat ink photography. Tidak perlu bingung, karena kami akan membagikan tips sederhana yang dapat kamu terapkan. Ini dia poin-poinnya.

1. Set foto yang memadai

tips ink photography

Contoh set foto sederhana untuk ink photography (sumber: diyphotography.net)

Tips ink photography yang pertama adalah set foto yang memadai. Tidak mesti menyewa studio kok, karena kamu bisa membuat set foto sederhana di rumah. Alat-alat yang digunakan juga tergolong sederhana, seperti kamera dan tripod. Supaya hasilnya makin kece, kamu juga bisa menambahkan alat lain untuk mematangkan pencahayaan, seperti menggunakan flash eksternal dan lighting LED kecil. Pokoknya tidak perlu mahal, yang penting hasil fotonya memukau. Jika tidak punya peralatan pencahayaan yang memadai, kamu bisa membuat alat-alat lighting sederhana sendiri yang pastinya praktis dan murah.

Baca Juga
4 Tips Foto Produk untuk Hasil Profesional yang Pasti Menjual

2. Tentukan ukuran akuarium 

tips ink photography

Memasukkan tinta ke dalam aquarium (sumber: dpreview.com)

Tidak hanya seni aquascape yang membutuhkan akuarium, tapi ink photography juga membutuhkannya loh. Warna kaca akuarium yang bening memudahkan kamu saat memotret bentuk tinta yang super keren. Akuarium ini juga digunakan untuk menampung air bening yang nantinya akan diberi suntikkan cairan tinta.

Pertama-tama tentukan ukuran akuarium. Besar dan kecil ukuran bisa kamu pilih sesuai kebutuhan foto. Nantinya, ukuran ini akan berpengaruh pada jumlah takaran cairan tinta yang akan disuntik ke dalamnya. Misalnya kamu menggunakan akuarium besar, berarti tinta yang digunakan mesti lebih banyak untuk menimbulkan efek gumpalan seperti awan. Selain di akuarium, kamu juga bisa memanfaatkan gelas atau toples bening.

Quizzes

Slider
Artikel Terkait
Fotografi

Dasar-Dasar Mobile Photography pt. 1: Komponen Kamera

Fotografi

5 Akun Instagram Toy Photography Ini Punya Karya yang Menginspirasi

Fotografi

Buat Fotomu Jadi Istimewa lewat Fotografi Golden Hour 

Fotografi

Mengenal Fashion Photography dan Jenis-Jenisnya

            Thank u, next!     
Mau inspirasi mengalir deras dan kreativitas anti mandek? Dapetin kurasi konten berkualitas dan undangan eksklusif ke acara-acara seru kreativv ID!
close-link
Silahkan isi form terlebih dahulu untuk mengunduh Media Kit
Asset Media Kit
close-link